Sukses

Karya Ilustrator Indonesia, Poster Lollapalooza 2023 Sarat Makna

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengumumkan line-up pertama mereka, Lollapalooza 2023 mengungkap poster resmi mereka yang ternyata karya ilustrator Indonesia, Kendra Ahimsa. Informasi ini disampaikan pihak penyelenggara salah satu festival musik terbesar di dunia itu melalui akun media sosial mereka.

Di Twitter, baru-baru ini, pihaknya menulis, "Memperkenalkan poster Lollapalooza 2023. Dirancang oleh ilustrator Indonesia @Ardneks." Karya itu pun sarat makna, memberi anggukan khusus pada Chicago sebagai tempat terselenggaranya acara musik tersebut.

"Poster tahun ini memberi penghormatan pada kota asal kami Chicago, dengan referensi terhadap landmark, seperti The Bean dan Buckingham Fountain, melalui serangkaian warna cerah dan berani," ungkap pihaknya lagi.

Di akun Instagram-nya, Kendra juga mengungkap kesan terlibat di rangkaian event musik kenamaan yang akan terselenggara di Grant Park, Chicago, Amerika Serikat (AS) pada 3--6 Agustus 2023. Ia menulis, "Tumbuh dewasa, saya ingat menonton klip band favorit saya tampil langsung dari video yang saya unduh melalui limewire."

"Salah satunya adalah set Pixies dari Lollapalooza 2005," imbuhnya. "Tidak percaya saya membuat poster penyelenggaraan @lollapalooza tahun ini."

"Tema ini memberi penghormatan pada kota asal mereka di Chicago. Mulai dari hot dog, kacang, city flag, navy pier ferris wheel, buckingham fountain, hingga siluet banteng dari chicago bulls. Terima kasih @kanderson11 atas arahan dan kesempatannya. Poster akan tersedia sebagai cetakan layar edisi bertanda tangan bersama versi offset," tandasnya.

Liputan6.com sudah meminta komentar lebih lanjut dari Kendra.

2 dari 4 halaman

TXT Catat Sejarah di Lollapalooza 2023

Sebagaimana telah disinggung, lineup untuk Lollapalooza 2023 telah diumumkan. Billie Eilish, Kendrick Lamar, Red Hot Chili Peppers, Lana Del Rey, The 1975, Odesza, Karol G, dan TOMORROW X TOGETHER (TXT) dijadwalkan sebagai penampil utama, dikutip dari CNN, Sabtu (25/3/2023).

TXT, yang tahun lalu hadir sebagai penampil, kembali sebagai artis K-pop pertama yang jadi headliner Lollapalooza. Penampilan bersejarah TXT akan mengikuti tonggak sejarah BLACKPINK sebagai grup K-pop pertama yang jadi headliner festival musik Coachella di Indio, California, beberapa waktu lalu.

Artis Korea Selatan lain yang akan hadir sebagai penampil, yakni NewJeans, The Rose, DPR LIVE, dan DPR IAN. Sementara, NIKI juga masuk dalam daftar penampil. Total, ada lebih dari 170 band yang akan menggebrak sembilan panggung berbeda selama empat hari festival.

Lollapalooza dimulai tahun 1991, insiasi Jane's Addiction dan pentolan Porno for Pyros, Perry Farrell. Acara ini dimulai sebagai festival tur sebelum menemukan rumah permanen di Chicago, hingga sekarang terselenggara juga di beberapa lokasi lain: Paris, Chile, dan Argentina.

3 dari 4 halaman

Momen-Momen Lollapalooza 2022

Di penyelenggaraan tahun lalu, Trill Mag merangkum beberapa momen menarik Lollapalooza 2022. Melansir situs webnya, publikasi itu menulis, "Dengan lebih dari 385 ribu penonton, dan ratusan ribu lain yang menonton streaming langsung di Hulu, festival tahun ini dipenuhi penampilan luar biasa dari artis dari semua genre berbeda."

Di antaranya, menurut mereka, berikut beberapa momen Lollapalooza 2022 yang mencolok dan jadi sensasi di dunia maya.

1. J-Hope BTS

Jadi salah satu aksi yang paling dinantikan selama festival berlangsung selama empat hari, J-Hope BTS menutup Minggu malam dengan penampilan bersejarah, jadi artis Korea Selatan pertama yang jadi headliner festival musik besar AS.

Basis penggemar BTS, ARMY, berkumpul di seluruh dunia untuk menonton apa yang mereka nyatakan sebagai HOBIPALOOZA, dengan sekitar 105 ribu penggemar di Chicago dan jutaan lain menonton streaming langsung.

Para penggemar ikut bernyanyi bersama saat J-Hope membawakan lagu-lagu dari album terbarunya Jack in The Box, beberapa lagu lama dari mixtape 2018 "Hope World," dan beberapa cover BTS seperti, BTS Cypher pt.1 dan hit global mereka Dynamite.

Ia menutup pertunjukan dengan menyambut kolaborator Becky G di atas panggung untuk menyanyikan lagu mereka Chicken Noodle Soup.

4 dari 4 halaman

2. Metallica

Penggemar lama dan baru berkumpul menyaksikan Metallica kembali ke panggung Lollapalooza untuk pertama kali sejak 1996. Band heavy metal ini membawakan set selama dua jam yang diisi lagu klasik seperti Enter Sandman, Nothing Else Matters, dan Whiskey In The Jar.

Mereka mengakhiri malam dengan penampilan epik dan energik dari Master of Puppets, sambil memberi penghormatan pada karakter Stranger Things, Eddie Munson, karena lagu tersebut mendapatkan popularitas sejak ditampilkan di final season 4 serial tersebut.

3. Måneskin

Grup rock Italia Måneskin membuat kesan pertama luar biasa selama debut Lollapalooza mereka pada Minggu sore. Menampilkan lagu-lagu hits mereka yang paling populer, seperti Beggin', I Wanna Be Your Slave, dan MAMMAMIA, Måneskin memastikan penonton terhibur dan bernyanyi keras selama keseluruhan set mereka yang berdurasi satu jam.

Sementara, tiket Lollapalooza 2023 mulai dijual pada 23 Maret 2023, di situs resmi festival. Tiket juga tersedia di situs penjualan kembali, seperti StubHub dan Vivid Seats, yang terakhir menawarkan diskon 20 dolar AS untuk pembelian di atas 200 dolar AS dengan kode SC2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.