Sukses

Jeremy Scott Tanggalkan Jabatan Direktur Kreatif Moschino Setelah 1 Dekade

Jeremy Scott menjadi desainer ketiga penerus label Moschino yang terkenal dengan desain nyentrik dan kritis.

Liputan6.com, Jakarta - Jeremy Scott memutuskan untuk meninggalkan rumah mode Italia Moschino setelah 10 tahun menjabat sebagai direktur kreatif. Kabar itu dibagikan via akun Instagram rumah mode tersebut pada Senin, 20 Maret 2023, oleh Massimo Ferretti, Kepala Eksekutif Aeffe selaku perusahaan induk Moschino.

"Saya beruntung memiliki kesempatan untuk bekerja dengan kekuatan kreatif, yaitu Jeremy Scott. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas komitmennya selama 10 tahun untuk rumah warisan Franco Moschino dan mengantarkan visi yang berbeda dan menyenangkan yang akan selamanya menjadi bagian dari sejarah Moschino," bunyi pernyataan itu, dikutip dari NY Post, Selasa (21/3/2023).

Scott (47) yang dikenal dengan karya-karyanya yang terinspirasi budaya pop, juga menyampaikan kepergiannya dalam sebuah pernyataan yang dibagikan ke Instagram. "Sepuluh tahun terakhir di Moschino telah menjadi perayaan kreativitas dan imajinasi yang luar biasa. Saya sangat bangga dengan warisan yang saya tinggalkan," tulis sang desainer.

Scott pun berterima kasih kepada Ferretti, serta para penggemar, karena telah menerima koleksinya. "Saya sangat senang membuat desain yang akan hidup selamanya," tambahnya dalam sebuah unggahan di halaman Instagram pribadinya.

"Saya berterima kasih atas semua cinta dan dukungan yang saya terima selama dekade terakhir." Dia juga mengatakan bahwa kini dipenuhi dengan "kegembiraan dan antisipasi" tentang apa yang akan terjadi di masa depan, dan bersemangat untuk berbagi usaha masa depannya.

Scott bergabung dengan Moschino pada 2013 dengan menggantikan Rossella Jardini. Pada 2014, ia meluncurkan koleksi debutnya sebagai direktur kreatif yang digambarkannya sebagai 'babak fundamental dalam warisan brand' oleh rumah mode.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Desainer Ketiga Penerus Label Moschino

Mengutip CNN, Scott adalah desainer ketiga yang memimpin Moschino, melanjutkan warisan Franco Moschino selaku pendiri label tersebut pada 1983. Koleksi pakaian siap pakai miliknya dipengaruhi oleh pop art, camp, dan ironi lucu. Setelah kematiannya pada 1994, kendali label pergi ke Rossella Jardini, yang memimpin rumah mode selama sekitar dua dekade - memperbarui gaya eksentrik Moschino pada 2000-an dan mendandani ikon pop termasuk Madonna dan Lady Gaga - sebelum Scott bergabung pada 2013.

Debut Scott yang heboh untuk Moschino pada 2014 berfokus pada konsumerisme Amerika, menganyam merek McDonald's, Hershey's, dan Budweiser, bersama dengan wajah Spongebob Squarepants, menjadi potongan-potongan yang ditampilkan di catwalk. Dari koleksi ini dan koleksi awal lainnya, konsep ulang Scott terhadap aksesori Moschino sebagai barang bermerek sehari-hari - mulai dari tas tangan Happy Meal hingga sarung telepon botol semprot pembersih - menjadi hit tersendiri.

Selama masa jabatannya, Scott dikenal dengan produksi teatrikal, gaya over-the-top, dan gaya bermain zeitgeist yang disajikan di runway, melalui penampilan seperti rok pannier mini yang terinspirasi Marie Antoinette, motif boneka kertas, dan gaun malam yang menggabungkan kolam renang tiup. Dia juga berkolaboras dengan H&M yang mengundang antrean panjang dan harga jual kembali yang menggiurkan.

Scott juga sempat berkolaborasi dengan Mattel pada koleksi kapsul Barbie yang sangat dicari dan dengan The Sims untuk membuat lini pakaian virtual. Koleksi Moschino terakhirnya ditampilkan di Milan Fashion Week pada Februari 2023. Desainnya lebih lembut daripada musim lalu, namun tetap nyentrik dengan model yang mengenakan setelan rok, rajutan, perhiasan emas chunky, dan mohawk setinggi langit.

3 dari 4 halaman

Langganan Bintang-Bintang Hollywood Kelas A

Scott dikenal dengan pengalamannya mendandani sejumlah selebritas kelas A saat memimpin Moschino. Namun, desainnya dianggap tak bisa mengimbangi situasi saat drama dibutuhkan, misalnya pertunjukan paruh waktu Super Bowl saat bertanggung jawab mendandani Katy Perry pada 2015 ataupun karpet merah Met Gala.

Scott juga sempat mendandani Cardi B dengan gaun bertatahkan mutiara halus dan hiasan kepala pada 2018, mendandani Perry sebagai lampu gantung pada 2019, dan mengirim Megan Thee Stallion sebuah gaun bulu dan baju besi bertema mitologis pada 2022. Awal bulan ini, dia mendandani Angela Bassett dan Tessa Thompson, di antara bintang-bintang lainnya, untuk pesta setelah Oscar dan Vanity Fair.

Ketika pembatasan pandemi memaksa desainer menjauh dari runway selama beberapa tahun terakhir, Moschino membuat gebrakan kreatif dengan menggantinya memproduksi film pendek berkualitas tinggi. Salah satunya menampilkan pertunjukan marionette kecil dengan penampilan musim semi/musim panas 2021 yang nyata (diperkecil) — serta penonton boneka seperti Anna Wintour — dan sketsa unggulan lainnya diperankan secara bergilir oleh bintang-bintang seperti Dita von Teese, Precious Lee, dan Hailey Bieber.

 

 

4 dari 4 halaman

Siapa Pengganti Jeremy Scott di Moschino?

Sementara itu, mengutip Page Six, kritikus juga mencatat bahwa desain rancangan Scott yang berani memicu perdebatan tentang "peran mode dalam sejarah seni, konsumerisme, dan komentar sosial". Beberapa penampilan yang paling menarik perhatian dari perjalanan 10 tahunnya termasuk lampu gantung Katy Perry di Met Gala 2019, parit yang tertutup uang Kim Kardashian, gaun VMA 2019 yang terinspirasi oleh Jessica Rabbit dari Lizzo, dan penghargaan VMA Moon Person yang didesain ulang oleh MTV pada 2014.

Penggemar selebriti dengan cepat mengomentari unggahan perpisahan tersebut, berterima kasih kepada Scott atas hasil kreatifnya.

"Menantikan bab berikutnya!" tulis Naomi Campbell.

"Kami mencintaimu Jeremy," ucap Bella Hadid.

"Anda telah mengubah merek dan saya tidak sabar menunggu bab berikutnya! Jeremy forever x," tulis Rita Ora. Hingga kini, pengganti Scott belum diumumkan.

Scott juga memiliki label miliknya sendiri meski dia belum mempresentasikan koleksi baru secara independen sejak 2019. Scott belum mengumumkan langkah selanjutnya. "Saya pikir penting bagi orang-orang untuk bersenang-senang ketika mereka datang ke acara saya," katanya kepada CNN pada 2016. "Itu yang diharapkan orang dari saya."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.