Sukses

Gaya Kasual Menteri LHK Siti Nurbaya Pakai Hoodie dari Rumah Mode Spanyol, Berapa Harganya?

Sekilas hoodie yang dikenakan Menteri LHK Siti Nurbaya terlihat biasa saja, tapi ternyata di bagian depan dan belakangnya ada tulisan ‘Balenciaga Fashion Instistue’ yang cukup besar.

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan para pejabat Indonesia belakangan ini banyak menjadi sorotan publik terutama setelah kasus mantan pejabat pajak Rafael Alun Trisambodo. Gaya berpakaian para menteri pun tak luput dari pantauan, termasuk Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar.

Sebagai menteri yang lebih banyak bertugas di ruang terbuka dan dekat dengan alam, Menteri LHK Siti Nurbaya kerap tampil santai dan kasual. Ia sering memakai kaus atau hoodie dan sneakers saat sedang bertugas di berbagai tempat. Sesekali., Menteri LHK selama dua periode mengenakan kemeja di acara yang bersifat lebih formal.

Salah satu gaya pakaian Siti Nurbaya yang menarik perhatian juga terlihat saat mengikuti acara “Gerakan Nasional Compost Day, Kompos Satu Negeri”. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023 yang mengambil tema “Tuntas Kelola Sampah untuk Kesejahteraan Masyarakat”.

Kegiatan itu dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Minggu, 26 Februari 2023 dengan menghadirkan stan kompos serta demo kompos.

"Melalui momentum Hari Peduli Sampah Nasional 2023, saya ingin mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk melakukan kegiatan pengomposan yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia," kata Menteri LHK saat menyampaikan sambutan pada Hari Kompos di Lapangan Banteng.

Dalam kesempatan itu, Siti Nurbaya terlhat memakai hoodie warna putih dan celana panjang serta sneakers warna hitam. Sekilas hoodie yang dikenakannya terlihat biasa saja, tapi ternyata di bagian depan dan belakangnya ada tulisan ‘Balenciaga Fashion Instistue’ yang cukup besar dengan lambing rumah mode asal Spanyol itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Harga Hoodie

Setelah ditelusuri hoodie yang dipakai Siti Nurbaya di laman Farfetch,, Fashion Institute Oversize Hoodie itu dibanderol sebesar 1,255 dolar AS atau sekitar Rp18 juta. Namun di laman flannels.com, hoodie yang juga tersedia dalam warna hitam itu dibanderol lebih murah yaitu 750 poundsterling atau sekitar Rp14 juta. Bahkan saat ini sedan gada potongan harga menjadi 529 poundsterling atau sekitar Rp9 juta.

Tak hanya Menter LHK, penampilan istri Presiden Joko Widodo, Iriana Jokowi, juga tak lepas dari sorotan. Salah satunya saat mendampingi Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Bali pada Senin (13/3/2023).

Bersama Gubernur Bali I Wayan Koster, Jokowi dan Iriana menuju Pura Agung Besakih di Kabupaten Karangasem untuk meninjau sekaligus meresmikan fasilitas di kawasan suci itu. Penampilan Iriana Joko Widodo sepertinya kembali jadi sorotan.

Apa yang dikenakan ibu tiga anak ini bisa selalu menarik perhatian banyak orang. Ia terlihat mengenakan atasan gaun tangan panjang warna merah muda dan putih serta hijab warna ungu serta masker warna putih.

 

3 dari 4 halaman

Sepatu Iriana Jokowi

Iriana melengkapi penampilannya dengan sneakers cokelat muda dan bawahan kain etnik dengan warna dasar cokelat. Sementara, Jokowi mengenakan beskap putih dan kain etnik berwarna senada dengan sang istri.

Ia melengkapi penampilannya dengan udeng (ikat kepala khas Bali) dan sepatu sandal warna hitam. Yang menarik, sepatu yang dikenakan Iriana bukan sneakers biasa karena setelah ditelurusi merupakan keluaran brand mode mewah dari Inggris, Burberry. 

 

Sneakers dengan warna dasar cokelat dengan garis warna merah, hitam dan putih merupakan tipe House Check Low-Top Sneakers. Dilihat dari laman Farfetch, harga sepatu itu adalah 539 dolar AS atau sekitar Rp8 juta.

Sepatu tersebut ternyata juga pernah terlihat dikenakan Iriana beberapa bulan lalu, tepatnya saat liburan Imlek pada Januari lalu. Di akun Instagramnya, Jokowi tampak mengunjungi Solo Safari di Surakarta, Jawa Tengah. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga didampingi oleh anak menantunya, Gibran Rakabuming dan Selvi Ananda, serta dua cucunya, Jan Ethes dan La Lembah Manah.

4 dari 4 halaman

Sepatu Menteri Luar Negeri

Saat mengunjungi destinasi wisata terbaru di kota Solo tersebut, penampilan keluarga Jokowi yang santai dan tampak sederhana pun menjadi sorotan. Mereka mengenakan atasan polos, celana panjang, dan sneakers untuk kenyamanan bergerak.

 

Meski begitu, sneakers yang dikenakan Iriana Jokowi membuat salah fokus. Walaupun penampilannya terlihat simpel, ia mengenakan salah satu koleksi branded dari merek mewah Burberry.

Sepatu tersebut merupakan seri House Check Cotton and Leather Sneakers yang dibuat di Italia, menampilkan desain khas Burberry dengan katun tenun Inggris berwarna cokelat. Sepatu itu kemungkinan besar juga dikenakannya saat melakukan kunjungan kerja ke Bali untuk mendampingi sang suami.

Beda lagi dengan penampilan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang kerap menarik perhatian. Ia beberapa kali jadi sorotan karena menggunakan sepatu dengan warna yang berbeda.

Salah satunya saat mendampingi Presiden Jokowi melepas bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi di Turki dan Suriah, Selasa (21/2/2023). Di dalam foto yang diambil awak media, Retno Marsudi terlihat memakai sepatu dengan warna berbeda (hitam dan putih). Warna sepatu itu senada dengan pakaian yang dikenakannya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.