Sukses

Snoop Dogg Rilis Brand Kopi Indonesia, Dijual di Amerika Serikat

Rapper Snoop Dogg bersama pengusaha kopi Indonesia Michael Riady meluncurkan produk kopi Indonesia yang dinamakan INDOxyz dengan kemasan berwarna kuning menyala.

Liputan6.com, Jakarta - Rapper ternama Snoop Dogg tak hanya dikenal berkarya di dunia musik, tetapi juga melebarkan sayap sebagai pebisnis. Bisnis terbaru Snoop Dogg adalah merilis bisnis kopi Indonesia bernama INDOxyz.

Dikutip dari laman resmi INDOxyz, Selasa (14/3/2023), Snoop Dogg tak sendiri menjalankan bisnis kopi Indonesia ini. Pelantun "Young, Wild & Free" tersebut bermitra dengan pengusaha kopi Indonesia Michael Riady selaku co-founder INDOxyz.

Dalam keterangan pada laman brand ini, dijelaskan Snoop Dogg diperkenalkan dengan kopi lokal oleh Michael Riady ketika rapper Amerika Serikat itu berkunjung ke Tanah Air. Hanya dengan satu tegukan kopi, Snoop Dogg sukses terpikat dengan kopi Indonesia.

"Dengan lebih dari 1,5 juta petani individu di 17.000 pulau, Indonesia identik dengan kopi sejak masa penjajahan Belanda di akhir tahun 1600-an. Indonesia menghasilkan kopi dengan rentang rasa dan profil yang berani dan cukup halus untuk menggairahkan semua peminum kopi," demikian bunyi keterangan itu.

Pada kolom "about us" juga ditulis bahwa Indonesia sebagai negara penghasil kopi paling beragam di dunia. Belanda membawa tanaman kopi ke Indonesia untuk dibudidayakan dan diekspor kembali ke Eropa selama periode perdagangan rempah-rempah.

Jawa menjadi pulau Indonesia pertama yang menanam kopi dan perlahan menyebar ke pulau Sumatra di sebelah barat dan Toraja di sebelah timur. Kini, Indonesia adalah produsen kopi terbesar keempat di dunia berdasarkan output dan varietas kopi paling beragam di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apa Saja Produk dan Berapa Harganya?

Ada pula profil kopi Sumatra Gayo yang disertakan dengan menyebut daerah Gayo terkenal sebagai penghasil kopi Arabika berkualitas tinggi ditanam di cekungan pegunungan yang indah di sekitar Danau Tawar dan kota Takengon. Metode pengolahan khas yang digunakan disebut "Wet Hulling" atau "Giling Basah" dalam bahasa Indonesia.

Pengolahan unik dan khas inilah yang menghasilkan biji kopi dan intensitas yang terkenal itu. Kopi Gayo Sumatra ditanam pada ketinggian 1.000 hingga 1.400 meter di atas permukaan laut dan dinilai sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Tersedia dua produk yang dijual brand kopi INDOxyz. Pertama, single origin Sumatra Gayo organic whole bean coffee yang dijual seharga 17,99 dolar AS atau sekitar Rp276 ribu.

Dalam kolom detail, produk ini memiliki tipe kopi Arabika yang yang dipanen sekitar Maret--Juli, Oktober--Januari. Produk bahkan sudah tersertifikasi US Department of Agriculture (USDA) Organic. Produk kedua, Organic Cold Brew yang dijual seharga 5.99 dolar AS atau setara Rp92 ribu. Minuman ini dikemas dalam kemasan kuning khas brand ini.

 
3 dari 4 halaman

Kedekatan Snoop Dogg dengan Kopi

Detail dari produk ini tersertifikasi organik dan non-GMO (genetically modified organism), tanpa gula, tanpa pengawet, tanpa pewarna. Bahan kopi ini dipanggang di Los Angeles dan diproduksi di Amerika Serikat.

Melalui siaran pers yang dibagikan melalui laman resmi pada 10 Maret 2023, Snoop Dogg menjelaskan kedekatannya dengan kopi telah berjalan sejak lama. "Banyak malam panjang di studio membuat hits demi hits, kopi memberikan bahan bakar yang membuat kami terus maju," kata Snoop, yang bermitra dengan pembuat kopi Indonesia, Michael Riady untuk peluncuran.

Snoop Dogg menyebut bahwa peluncuran ini ia bermitra dengan Michael. Sang partner yang memperkenalkan dirinya pada kopi Indonesia dengan rasa terbaik.

"Indo akan mengubah industri, saya dapat menjanjikan itu kepada Anda," tambah rapper itu.

Biji kopi tersebut akan bersumber dari Indonesia dan tersedia dalam pilihan cold brew kalengan serta biji kopi yang ditanam oleh petani kolektif di Pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi di Indonesia. Per siaran pers, biji kopi hijau sengaja dipilih dan kemudian dikirim ke Los Angeles, California.

4 dari 4 halaman

Detail di Balik Brand Kopi Indonesia Garapan Snoop Dogg

Dikutip dari Daily Coffee News, Riady, yang keluarganya telah menanam kopi di Indonesia selama lima generasi, sebelumnya mendirikan perusahaan bernama Tentera Surf & Coffee Roasters. Ini adalah sebuah perusahaan pemanggangan kopi spesialti seluruh Indonesia yang serba organik pada 2017.

Branding untuk perusahaan tersebut menggabungkan kecintaan Riady pada selancar dan gaya hidup aktif dengan hubungannya yang mendalam dengan kopi. Dengan terhambatnya pertumbuhan selama pandemi COVID-19, Riady mencari arah baru dan mitra baru untuk menghidupkan kembali bisnis.

Riady mendapatkan kopi dari berbagai petani di pulau Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi. Biji kopi dikirim ke Los Angeles tempat Riady memanggang di pemanggang Loring S15 milik Tentera, yang merupakan perusahaan induk INDOxyz.

Kopi utuh dan pra-giling dikemas dan minuman dingin RTD dikalengkan dalam kemasan kuning cerah untuk produk INDOxyz yang disetujui Snoop. Produk ini lalu dipasarkan oleh Snoop sebagai bahan bakar untuk materi iklan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.