Sukses

Pengakuan Ibu Abby Choi di Balik Kehidupan Mewah Putrinya Sebelum Jadi Korban Mutilasi

Abby Choi dibunuh secara brutal pada Jumat, 24 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelidikan polisi secara bertahap telah mengungkap catatan kelam seputar mantan mertua sosialita Hong Kong, Abby Choi, korban mutilasi yang kepalanya ditemukan di dalam panci. Namun, sedikit yang diketahui tentang keluarganya sendiri, terutama orangtua Abby.

Melansir Strait Times, Selasa (28/2/2023), Abby merupakan anak tertua dari tiga bersaudara yang semuanya perempuan. Ia dilaporkan lahir dan dibesarkan di Hong Kong, dengan urusan bisnis keluarganya di China daratan memberinya "gaya hidup yang nyaman."

Menyusul penangkapan mantan suaminya, Alex Kwong, dan keluarganya sehubungan pembunuhan Abby, ibunya telah kembali ke Hong Kong untuk merawat cucu-cucunya, kata media setempat. Abby memiliki dua anak dengan mantan suaminya sebelum mereka bercerai pada tanggal yang dirahasiakan.

Ia juga memiliki dua anak lagi dengan pasangannya, Tam Chuk Kwan, yang dengannya ia mengadakan pesta pernikahan pada 2016, namun tidak pernah didaftarkan secara resmi. Sebelum pembunuhan, ibunda Abby, yang tidak disebutkan namanya, tapi dipanggil "Fifth Sister" di akun media sosial Douyin-nya, secara teratur membagikan potongan-potongan kehidupannya, termasuk video putrinya dan dirinya sendiri.

Ada juga unggahan yang mengisyaratkan preferensi ibu Abby Choi untuk barang-barang mewah, sebagaimana putrinya. Satu video menunjukkan tumpukan barang branded, termasuk tas Hermes Birkin, mantel bulu, botol cognac Louis XIII, dan ponsel Vertu bertatahkan ruby, bersama cuplikan potret pernikahannya sendiri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Abby Choi di Mata Ibunya

Sedikit yang diketahui tentang ayah Abby Choi. Ibunya belum membagikan foto pria tersebut di akun Douyin-nya. Ia hanya sering muncul sendirian di unggahan videonya atau di pembukaan acara-acara tertentu. Sebaliknya, ia telah berbagi foto besannya, ayah Tam yang merupakan pendiri jaringan restoran TamJai Yunnan Mixian, dan foto kakek Abby.

Di balik kehidupan mewah Abby, ia menyebutnya sebagai "anak yang baik hati" dalam video yang memperlihatkan putrinya berkeliling di sirkuit mode Eropa, termasuk menghadiri peragaan busana di Paris. Ia memuji putrinya dalam keterangan video perayaan ulang tahun terakhir Abby, di mana ia mencatat kehadiran istri penyanyi Aaron Kwok, Moka Fang.

Ia menggambarkan Abby sebagai putri berbakti yang luar biasa, mengatakan bahwa "membesarkan anak-anak yang mengagumkan adalah berkah bagi orangtua." Ibu Abby pun menyukai Tam, menggambarkannya sebagai menantu laki-laki yang "sangat berbakti" dan selalu siap dengan "ribuan kata perhatian" setiap kali mereka bertemu.

Ibu Abby pun memuji mertuanya, mengungkap rasa terima kasihnya pada orangtua Tam dalam satu unggahan karena mereka memperlakukan anak perempuannya bak seorang putri.

3 dari 4 halaman

Belum Berkomentar

Sementara ibu Abby belum berbicara di tengah cobaan berat kasus putrinya yang dimainkan di pengadilan dan media Hong Kong, ia menyukai komentar warganet yang mengungkap belasungkawa mereka di video Douyin miliknya. Dilaporkan sebelumnya, Abby dibunuh secara brutal pada Jumat, 24 Februari 2023.

Mantan suami Abby dan ayahnya telah didakwa membunuh perempuan berusia 28 tahun itu dengan cara dimutilasi. Dikutip dari The Sun, 27 Februari 2023, hal tersebut terungkap ketika polisi menemukan jenazah Abby yang hilang setelah beberapa bagian tubuhnya ditinggalkan di lemari es di sebuah flat yang disewa mantan ayah mertuanya.

Polisi meyakini Abby telah diserang dalam kendaraan tujuh tempat duduk dan digambarkan ditarik menjauh dari tempat kejadian karena petugas menemukan cipratan darah di dalamnya. Pada Jumat, dua kaki di lemari es, serta kartu identitas korban, kartu kredit, dan barang-barang lain ditemukan di tempat yang digambarkan polisi sebagai sebuah rumah yang gunakan sebagai tempat penjagalan.

Rumah di desa Lung Mei, sebuah desa tepi pantai sekitar setengah jam perjalanan dari pusat kota Hong Kong, dilengkapi gergaji listrik dan penggiling daging yang digunakan untuk memotong daging manusia, kata polisi. Pada Minggu, 26 Februari 2023, otoritas setempat menemukan lebih banyak bagian tubuh, termasuk kepala dan beberapa tulang rusuk dalam panci sup yang diambil dari rumahnya, lapor SCMP.

4 dari 4 halaman

Penangkapan Mantan Suami Abby Choi

Polisi menangkap mantan suami Abby, Kwong (28) pada Sabtu, 25 Februari 2023 ketika ia berusaha melarikan diri dari kota dengan speedboat. Polisi mencurigai mantan ayah mertua Abby yang mendalangi semuanya.

Pihak berwenang yakin Abby berselisih soal keuangan dengan mantan suaminya dan keluarganya atas properti senilai 100 juta dolar Hong Kong (sekitar Rp194,5 miliar), yang rencananya akan dijual. Inspektur Polisi Alan Chung berkata, "Kami percaya korban dan keluarga mantan suaminya memiliki banyak perselisihan keuangan yang melibatkan jumlah besar."

"Ada yang tidak puas dengan cara korban menangani asetnya, yang kemudian jadi motif pembunuhan," imbuhnya

Abby terakhir terlihat pada Selasa, 21 Februari 2023, di distrik Tai Po, tempat dia ditemukan. Ia diduga terakhir terlihat oleh saudara laki-laki mantan suaminya, yang juga bekerja sebagai sopirnya. Polisi mengatakan, keluarga itu sebelumnya berbohong untuk menyesatkan penyelidik.

Rumah desa itu baru-baru ini disewa keluarga mantan suami Abby, yang kemudian menimbulkan spekulasi bahwa properti itu didirikan untuk membuang jenazah Abby, tambah Chung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.