Sukses

Campur Aduk Parade Mode di Pembukaan Indonesia Fashion Week 2023

Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 resmi terselenggara di Jakarta Convention Center (JCC) pada 22--26 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Bertajuk "Sagara dari Timur," Indonesia Fashion Week (IFW) 2023 resmi diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) pada 22--26 Februari 2023. Dalam acara pembukaannya, Rabu (22/2/2023), parade fesyen yang campur aduk dipersembahkan.

Dalam sambutannya, Presiden IFW Poppy Dharsono berkata, "10 tahun IFW merupakan perjalanan yang belum terlalu panjang, tapi cukup memuat perjuangan dan pengalaman dalam membangun struktur industri fesyen Indonesia."

"Kami terus mendorong kemandirian di bidang ekonomi kerakyatan, terlebih setelah dampak pandemi," ia menyebut. "IFW tahun ini dilaksanakan dengan penuh gelora, (guna) menggerakkan kembali UKM dan industri kreatif berdasarkan nilai luhur Bhinneka Tunggal Ika."

Kendati ngotot menyoroti pesona Gorontalo di edisi kali ini, upacara pembukaan IFW 2023 justru dimulai dengan persembahan tarian Betawi. Rangkaian disambung penampilan penyanyi serta musisi Maria Calista dan Kezia yang membawakann lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Kembali sesuai dengan tema yang diusung dalam pergelaran IFW ke-10 tahun, pertunjukan berlanjut ke presentasi delapan artikel koleksi Agus Lahinta yang didukung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo. Menampilkan keseluruhan koleksi busana wanita di panggung IFW 2023, sederet potongannya termasuk long outer, atasan dengan aksen tali menjuntai, blazer, atasan berlengan balon, busana dengan kerah vintage, dan detail transparan di sana-sini.

Palet warnanya cukup beragam, mulai dari terracotta, hijau botol, kuning, hingga warna netral, seperti putih. Di antara itu, ia juga mengkreasikan ragam wastra khas salah satu wilayah di Pulau Sulawesi tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sulam Karawo

Bersambung, masih dengan dukungan Dekranasda Provinsi Gorontalo, koleksi bertajuk "Priya" oleh Dana Duriyatna melenggang di runway. Tersusun dari 10 artikel busana pria, sang desainer memilih ragam ledakan warna, di samping juga menyisipkan tampilan chic dalam outfit serba hitam. Terdapat long outer putih, setelan merah muda bersiluet longgar, detail gold pada busana hitam, maroon outer, dan baggy linen pants.

Poppy menyebut, fokus utama kerja sama pihaknya, dalam hal ini termasuk Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indoensia (APPMI), dengan Pemprov Gorontalo adalah mengembangkan potensi Sulam Karawo, sulam khas Gorontalo yang menurut APPMI dapat dikembangkan fungsinya.

"Jadi, tidak hanya untuk produk fesyen, namun juga dimanfaatkan dan dikembangkan sebagai produk rumah tangga, seperti taplak dan sarung bantal," katanya.

Alih-alih menyoroti lebih dalam tentang sulam tersebut, upacara pembukaan IFW 2023 malah belanjut dengan menampilkan dua desainer, yakni Ika Butoni, perancang Indonesia yang berbasis di Hong Kong, dan perancang mode asal Venezuela, Jesus Cedeno. Kreasi keduanya tak ada sangkut pautnya dengan kain karawo yang jadi highlight utama.

3 dari 4 halaman

Parade Desainer Nusantara

Ika menampilkan 10 artikel koleksi fesyen wanita bermaterial andalannya, yakni eco print. Dalam potongan gaun malam, yang beberapa di antaranya bermotif bunga, ia memanfaatkan detail material, seperti satin, brokat, tulle dan ragam payet. Palet warnanya cukup menyebar, dari kuning, biru, hingga hijau.

Sementara, Cedeno memboyong nuansa perayaan ke landasan pacu IFW 2023. Di antaranya, ia menampilkan halter neck dress warna biru dengan detail jaring di kanan kiri yang memberi nuansa sensual, sabrina dress hitam berdetail kereta menyapu lantai, busana two-pieces hijau elektrik, two tone sabrina dress, aksen transparan, serta half shoulder dress berwarna biru elektrik.

Akhirnya, Parade Indonesian Designer Nusantara jadi penutup. Potongan busana dalam sesi ini termasuk long outer dongker elektrik, atasan beraksen kereta, perpaduan ragam wastra dalam siluet busana asimetris, fur vest putih, oversized outer, obi bermaterial wastra, kreasi denim, dan long dress cokelat caramel beraksen ruffle di lengan, serta long leather jacket cokelat kemerahan.

Palet warnanya terdiri dari lusinan, mulai dari warna-warna Bumi, sampai semburat lebih festive, seperti hijau botol dan emas, semua muncul dalam ragam kontras busana. Materialnya pun beragam, namun organza dan renda, jadi salah dua yang cukup terlihat secara berulang.

4 dari 4 halaman

Libatkan 300 Desainer

Poppy mengatakan total 300 desainer berpartisipasi dalam rangkaian fashion show selama IFW berlangsung. "Dalam sehari, ada 3--4 fashion show, press conference, trunkshow, dan talkshow," sebutnya.

Selain para desainer, IFW 2023 juga mendapat dukungan dari Wardah Beauty yang akan bertanggung jawab pada tata rias wajah dan rambut sekitar 150 model yang terlibat. Pihaknya pun bekerja sama dengan Tokopedia dalam menggelar IFW online pada 27--31 Maret 2023.

Category Development Senior Lead Tokopedia, Vivi Kosidin menyampaikan bahwa sepanjang 2022, pihaknya mencatatkan fesyen masih jadi salah satu kategori produk favorit masyarakat. Hal ini sejalan dengan paparan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam kata sambutannya.

Dari 17 subsektor ekonomi kreatif, Sandi menyebut, tiga subsektor yang jadi penyumbang terbesar terhadap produk domestik bruto nasional adalah kuliner, fesyen, dan kriya. Sementara lewat kolaborasi dengan IFW, Tokopedia berharap "turut mendorong pertumbuhan industri fesyen Indonesia sekaligus memajukan perekonomian nasional," sebut Vivi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.