Sukses

Sebelum Jadi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir Pernah Makan Lemper Bareng John Terry

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir pernah mengajak dua pesepak bola legendaris, John Terry dan Alessandro Nesta makan lemper.

Liputan6.com, Jakarta - Erick Thohir sudah terpilih sebagai ketua umum PSSI periode 2023-2027. Menteri BUMN itu berhasil menang multak pada KLB PSSI (Kongres Luar Biasa PSSI) di Hotel Shangri-La, Jakarta, Kamis (16/2/2023).

Erick mendapat 64 suara dari total 86 suara sah yang dihitung Komite Pemilihan. Sementara, kandidat lainnya La Nyalla Mahmud Mattalitti mendapat 22 suara, Dua calon lainnya, Arief Putra Wicaksono, dan Doni Setiabudi tidak meraih suara, serta calon lainnya, Fary Djemie Francis mundur sebelum pemilihan.

Pengamat olahraga Fritz Simanjuntak memandang bahwa Erick Thohir memang merupakan sosok paling tepat dalam memimpin Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI). Fritz menyampaikan Erick punya keunggulan yang tidak dimiliki calon ketum umum PSSI lainnya.

"Salah satu keunggulannya, Pak Erick Thohir pernah memiliki klub elite di Italia, Inter Milan, dan beliau jadi presiden klub tersebut," ujar Fritz kepada media, dilansir dari kanal Jatim Liputan6.com, Kamis (16/2/2023).

Dengan pengalaman tersebut, Fritz menyebut Erick tahu persis bagaimana pengurus sepakbola di Italia menata kompetisi, membina tim nasional, menegakkan peraturan, membangun aspek bisnisnya dan menjalin hubungan yang harmonis dengan para suporternya.

Fritz tak menampik jika lingkungan sepak bola Indonesia tentunya jauh berbeda dengan Italia. Namun begitu, uajr Fritz, Erick setidaknya bisa menerapkan manajemen berkualitas tinggi dan tegas dengan aturan seperti di Italia dalam mengelola sepakbola Indonesia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Terry dan Nesta

Dengan pengalaman menjadi presiden klub di Eropa, Erick ternyata juga cukup akrab dengan beberapa pesepak bola dunia. Hal itu terlihat saat dua legenda sepak bola dunia, John Terry dan Alessandro Nesta berkunjung ke Jakarta pada November 2022 lalu. Dalam kunjungannya itu, mereka bertemu dengan, Erick Thohir.

Mereka bahkan menyempatkan diri untuk mencoba jajanan tradisional Indonesia dengan Erick Thohir sebagai pemandu. Hal itu diketahui dari unggahan di akun TikTok @tentangpialadunia. Video serupa juga diunggah di akun Instagram pribadi Erick Thohir pada 11 November 2022.

Awalnya, Erick tampak mengajak Nesta dan Terry masuk ke salah satu restoran yang menyajikan berbagai hidangan khas Indonesia. Erick kemudian menjelaskan sarapan di Indonesia tak seperti di Amerika atau Eropa.

"Di saat kami lagi sarapan, sarapan kami sangat sederhana. Lebih banyak makanan yang digoreng atau manis," ungkapnya.Di atas meja sudah tersedia beberapa camilan berupa jajanan tradisional seperti risol, lemper, kue pelangi, dan kue talam. Alessandro Nesta dan John Terry pun mencoba satu per satu makanan itu.

3 dari 4 halaman

Suka Jajanan Indonesia

Mereka ternyata cukup menyukai jajanan pasar yang dihidangkan. Nesta bahkan berkali-kali bilang sangat menyukai lemper. Begitu pula dengan Terry yang membalasnya dengan acungan jempol usai menyantap lemper. "Lemper enak banget. Sangat enak, lemper favorit saya," kata pesepak bola legendaris asal Italia ini.

Ia juga terus mengatakan lemper merupakan jajanan terbaik dan berada di peringkat satu dibanding yang lain. Mendengar betapa sukanya Nesta pada Lemper, Erick sampai berkelakar ingin mengekspor lemper ke Eropa dan Inggris. Sedangkan Terry yang berasal dari Inggris bahkan menyarankan untuk membuka bisnis restoran jajanan tradisional di negaranya.

Unggahan tersebut lantas menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini. "Nesta tahu nggak ya yang di depannya Mantan Presiden Inter Milan?" komentar seorang warganet.""Aduh, lucu banget Pak Erick Thohir mengenalkan jajanan Indonesia ke mereka berdua," komentar warganet lainnya.

Selain mengajak makan, Erick juga mengawal Nesta dan Terry berkeliling Gedung Sarinah, Jakarta Pusat pada Jumat (11/10/2022). Erick menyebarkan unggahannya saat menjadi tour guide bagi bek legendaris Chelsea dan AC Milan tersebut melalui akun Instagramnya, @erickthohir.

4 dari 4 halaman

Bukan Kemenangan

"Keliling Sarinah bareng @johnterry.26 & @nesta. Welcome to Sarinah! The window to see the beauty of Indonesia," tulis Erick, Jumat (11/10/2022). Kesempatan berkeliling Sarinah bersama John Terry dan Alessandro Nesta pun jadi momen tak diduga bagi Erick Thohir. Terlebih, Terry sempat memborong salah satu produk UMKM di sana.

Pasca dinyatakan terpilih sebagai ketua umum PSSI baru, Erick Thohir menyampaikan ambisinya membenahi sepak bola Indonesia. Menurutnya, hasil pemilihan ini belum jadi kemenangan, melainkan ajang pembuktian misinya untuk membangun sepak bola yang bersih dan berprestasi.

"Saya mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang sudah siberikan oleh para pemilih, masyarakat Indonesia, suporter, wasit, pelatih, pemain. Tetapi yang kita harapkan dan kita lakukan hari ini, belum merupakan kemenangan," ujarnya selepas pemungutan suara,

"Ini bukan kemenangan. ini bukan kemenangan saya, tetapi harus kita buktikan menjadi kemenangan bersama, yaitu dengan membangun sepak bola yang bersih dan berprestasi," pungkas Erick.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.