Sukses

Tandai Keikutsertaan di NYFW 2023, Buttonscarves Buat Instalasi Tas Raksasa di Times Square New York

Buttonscarves membuat instalasi setinggi 5 meter dan lebar 8 meter di kawasan Times Square kota New York.

Liputan6.com, Jakarta Jenama lokal Indonesia kembali mengibarkan sayapnya ke pasar global. Kali ini Buttonscarves yang menandai keberadaannya di New York Fashion Week (NYFW) 2023 dengan membuat instalasi tas ikoniknya dengan logo huruf B. 

Mengutip dari laman resmi Instagram @buttonscarves, tampak tas merah ukuran besar itu mejeng di kawasan Times Square, kota New York. "Dari kawasan paling ramai yang menarik sekitar 330.000 orang setiap hari; kami sangat senang mempersembahkan Instalasi Pop-Up Raksasa Buttonscarves. Berdiri tegak dan besar di pusat kota New York, GIANT ICONIC Hold Me Bag menjadi tonggak sejarah global lainnya untuk kampanye #ButtonscarvesGoesGlobal" keterangan resminya dikutip dalam bahasa Inggris, Selasa (14/2/2023). 

Disebutkan bahwa instalasi tas dibangun setinggi 5 meter dan lebar 8 meter tersebut dibuat menyerupai tas ikonik Buttonscarves yang mengambil tekstur croco dan dibuat menggunakan high-quality vegan leather. Logo bentuk B ikonik itu juga mencerminkan modernitas disebut sebagai "Hold Me Bag".

Desain huruf B tak hanya membentuk tas tapi juga pegangan besinya yang berwarna keemasan. "Sangat-sangat bangga ya, ini akan jadi experience pertama kami untuk tampil di New York Fashion Week. Why not we bring our brand to global market, we change the game " ungkap Linda Anggrea, Owner Buttonscarves dalam tayangan video singkat konferensi pers sebelum berangkat ke New York.

Ia pun berherap di tahun 2024 produk desainer lokal Indonesia bisa berseliweran di pasar global dan dinikmati masyarakat global. Tak hanya membawa produk fesyen, Buttonscarves juga menggunakan makeup dari Buttonscarves Beauty untuk tampilan modelnya di atas panggung.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Zeta Prive di NYFW

Selain Buttonscarves, brand lokal lainnya yang tampil di NYFW 2023 adalah Zeta Privé, menampilkan koleksinya di Spring Studios, 50 Varick Street, New York, Amerika Serikat. Dalam pagelaran busana yang berlangsung pada tanggal 13 Februari 2023 kemarin, Zeta Privé, memamerkan 10 koleksi busana yang bertema The Talking Point.

Brand fesyen milik desainer sekaligus pengusaha muda Trisha Chas, mengampil inspirasi dari kota New York sebagai kota pusat bisnis, seni dan mode dunia. Dirinya tak menduga brand yang belum genap setahun ia dirikan, bisa memukau para penikmat fashion di ajang New York Fashion Week 2023.

"Alhamdulillah, saya sangat bangga karena ini adalah cita-cita saya untuk membawa karya saya ke ajang fashion show terbesar di New York. Bagi saya tampil di ajang ini bukan sakedar fashion show biasa, karena di sini saya tidak hanya membawa nama Trisha dan Zeta Privé saja," ungkap Trisha dalam keterangan rilis yang diterima Liputan6.com, Selasa (14/2/2023). 

Zeta Privé menampilkan busana bergaya kontemporer percampuran antara gaya klasik dengan gaya streetwear yang khas. Koleksi bernuansa Art Deco ini hadir untuk pakaian wanita modest wear yang elegan, modern dan siap pakai.

Koleksi ini disajikan dengan sentuhan palet warna lembut namun versatiles seperti pale cream, gossamer pink, harbour blue, basil, dan innuendo. Selain  menghadirkan busana dengan sentuhan feminin elegan, Zeta Privé juga menampilkan aksesori yang berasal dari ide dan sentuhan imajinasi Trisha Chas yang berupa headpiece, brooch, belt, dan sepatu. Ada juga detail embellishment pada busana yang menambah kesan glamour.  

3 dari 4 halaman

7 Label Lokal Berpartisipasi

Sementara itu mengutip kanal Bisnis Liputan6.com, 31 Januari 2023, Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengumumkan ada 7 merek asal Indonesia bakal mengikuti Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2024 dalam kegiatan New York Fashion Week (NYFW) yang diselenggarakan pada 13 Februari 2023.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan begitu mendukung talenta desainer muda asal Indonesia yang akan menampilkan karyanya di NYFW Februari mendatang. Ia menyebut, karya desain muda tak kalah saing dengan desain luar.

"Kita ingin agar desain-desain muda yang karyanya tidak kalah dengan karya desainer dari mana pun, kita mempunyai keunggulan yang luar biasa. Tentu tidak akan diterima begitu saja tanpa ikhtiar dan promosi dari kita semua," sebut Mendag saat media briefing keikutsertaan JMFW 2024 untuk kegiatan New York Fashion Week (NYFW) di Kementerian Perdagangan, Selasa, 31 Januari 2023.

Di gelaran NYFW 7 brand asal Indonesia yang dilibatkan di antaranya Buttonscarves, KAMI, Zeta Prive, Anggia Mawardi, Lenny Hartono, Nada Puspita dan Ayu Dyah x BT Batik Trusmi. Nantinya, masing-masing brand tersebut mempersembahkan koleksi yang terdiri dari 10 tampilan di dalam fashion show NYFW Autum/Winter 2023.

"Saya terimakasih kepada Buttoncarves kemudian Ayudiah Andari berkolaborasi bersama BT Batik Trusmi, kemudian AM by Anggiasari yang sudah punya buyer di Amerika, Zeta Prive, dan Lenny Hartono, Nada Puspita. Keren-keren dan muda-muda," ujarnya.

 

4 dari 4 halaman

Memperluas Jejaring Bisnis

Lebih jauh Mendag Zulkifli mengungkapkan sangat tepat mengikuti NYFW, sebab ajang ini dilaksanakan di Amerika Serikat, yang mana negara tersebut adalah tujuan ekspor nomor satu Indonesia. Dia pun percaya, lewat ikut ajang NYFW produk fashion Indonesia dapat semakin dikenal, lantaran Amerika Serikat merupakan pusat modest dunia. Di sisi lain, bisa memperluas jejaring bisnis, sehingga para desainer muda tersebut bisa mengembangkan usahanya.

"Kita ingin mendukung sekuat yang kita bisa walauun ga banyak agar karya-karya anak muda kita ini desainnya bisa mendunia. Kok new York Fasion week? selain acaranya di kenal luas di dunia, Amerika itu merupakan tujuan ekspor kita nomor satu, penduduknya kaya-kaya dan menajdi pusat modest dunia, oleh karena itu kita ingin sekali teman-teman bisa ikut," sebut Mendag.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.