Sukses

10 Hal yang Bisa Dilakukan Lajang Saat Valentine's Day

Liputan6.com, Jakarta - Tanpa pasangan di Valentine's Day bukanlah hal buruk. Bahkan ada banyak keuntungan menjadi lajang yang bisa dimulai dengan menghujani seseorang istimewa dengan semua cinta dan perhatian yaitu diri Anda sendiri.

"Apa yang memberi makna Hari Valentine itu unik bagi kita. Apakah Anda sendirian atau bersama pasangan, putuskan sebelumnya bagaimana perasaan Anda tentang merayakan Hari Valentine, lalu buat beberapa rencana," ungkap Phyllis Ginsberg, seorang penulis, dikutip dari TODAY, Selasa (7/2/2023).

"Jika Anda memimpikan hari penuh cinta ajaib, ciptakanlah," sambungnya. Ginsberg mengatakan untuk memanfaatkan Hari Valentine dengan mengutamakan diri sendiri.

"Beli sendiri bunga, cokelat, atau sesuatu yang istimewa. Siapkan makanan enak atau pesan makanan untuk dibawa pulang. Kirim pesan cinta ke teman dan keluarga dan lihat apa yang mereka balas. Buatlah rencana untuk berkumpul dengan seseorang yang istimewa," sarannya.

Untuk membantu Anda mengetahui apa yang harus dilakukan pada Hari Valentine tahun ini, ada 10 daftar ide menyenangkan untuk menginspirasi rencana. Apa pun yang Anda putuskan untuk dilakukan, ingatlah bahwa Hari Valentine adalah tentang merasakan cinta dari orang lain dan diri Anda sendiri.

1. Lakukan hobi baru

Meskipun ini mungkin tampak seperti saran sederhana, ada alasan bagus untuk memulai hobi baru di Hari Valentine atau hari lainnya. Menurut sebuah studi tahun 2010, hobi itu baik untuk mental maupun fisik.

Di antara banyak manfaat, penelitian menunjukkan bahwa orang yang terlibat dalam aktivitas santai melaporkan kepuasan hidup yang lebih besar, stres dan tekanan darah yang lebih rendah, dan peningkatan kesehatan secara keseluruhan. Mampir ke toko kerajinan tangan membeli jarum rajut atau mendaftar kelas Zumba, maupun memulai sesuatu yang baru adalah cara yang bagus untuk menunjukkan diri Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Buat Janji Temu Spa

Sedikit perawatan sangat bermanfaat, jadi mengapa tidak menghabiskan Hari Valentine dengan memanjakan diri sendiri? Memanjakan diri harus ada di urutan teratas. Maka jadwalkan perawatan manikur, pedikur, wajah, pijat, atau spa lainnya tepat pada 14 Februari.

Jika tak punya anggaran untuk itu, Anda bisa rencanakan malam spa di rumah. Dengan bak mandi, lilin beraroma, dan segelas minuman jahe juga bisa adalah semua yang dibutuhkan untuk merasakan energi positif.

3. Pergilah ke Toko Buku 

Buku kembali banyak diminati tahun ini dan tidak pernah ketinggalan zaman. Apalagi setelah bertahun-tahun semua hal terasa digital, orang kembali ke kesenangan seperti pergi ke toko buku dan memilih buku baru yang menjadikannya tanggal Valentine yang sempurna untuk seseorang.

Ada sesuatu yang menyenangkan saat berjalan di antara rak-rak, mencari bacaan yang tepat. Lewati bagian buku mengenai relasi dan langsung ke bagian thriller atau apa pun yang menggelitik kesukaan Anda.

3 dari 4 halaman

4. Masak Makanan Favorit

Masak makanan favorit Anda atau pesan makanan untuk dibawa pulang. Pergi keluar untuk makan malam mewah atau memasak sesuatu yang istimewa di rumah adalah kegiatan tradisional Hari Valentine untuk pasangan, keluarga, dan teman.

Lewati restoran yang penuh sesak dan pesan makanan favorit Anda melalui pengiriman atau penjemputan. Atau, jika Anda suka memasak, belilah bahan-bahannya terlebih dahulu dan manjakan diri Anda.

Jangan berhemat pada lilin, bunga, atau pengaturan meja yang cantik. Dandani meja Anda seperti jika Anda kedatangan tamu.

5. Menonton Film

Nikmati satu atau dua komedi romantis klasik. Isi mangkuk dengan popcorn dan duduklah untuk menyaksikan pasangan kekasih bertemu di sebuah tempat romantis saat sama-sama jatuh cinta. Jangan ragu untuk menonton film thriller, film fiksi ilmiah, atau film aksi. 

6. Gelar Pesta Dansa

Suka menari? Buat daftar putar dengan semua lagu favorit Anda. Tidak perlu pasangan karena menari adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan semua dengan sendiri-sendiri

Tidak hanya akan membuat Anda dalam suasana hati yang baik, penelitian menunjukkan menari juga dapat mempertajam fokus Anda, mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur Anda. Jadi, kenakan pakaian pesta, selendang berpayet, dan habiskan malam bersama lagu dari artis pilihan Anda.

 
4 dari 4 halaman

7. Adakan Pesta untuk Hewan Kesayangan

Jika hanya Anda dan hewan peliharaan di Hari Valentine ini, lakukan suguhan bertema khusus seperti tulang anjing berbentuk hati untuk anak anjing Anda, kue berbentuk hati untuk Anda.

Kemudian dandani teman Anda dengan sweater hewan peliharaan yang menggemaskan dan unggah foto di Instagram dengan tulisan Hari Valentine yang lucu. Lebih baik lagi, pamerkan ansambel yang bersemangat di taman anjing atau saat berjalan-jalan di sekitar lingkungan.

8. Berikan Hadiah untuk Diri Sendiri

Pertimbangkan jika Anda tidak lajang, Anda mungkin berada di mal sekarang mencari hadiah yang sempurna untuk membelikan seseorang yang spesial. Kabar baik, Anda juga seseorang yang spesial. Jadi, gunakan waktu dan energi itu untuk memilih sesuatu hanya untuk Anda.

Mungkin sweater yang Anda sukai atau sekotak cokelat favorit Anda. Tidak harus mewah hanya pengingat sederhana bahwa hadiah yang bijaksana tidak harus datang dari orang lain di Hari Valentine agar bermakna.

9. Lakukan Passion Anda

Hanya karena liburan jatuh pada hari kerja tahun ini, bukan berarti Anda tidak bisa keluar dan menikmati hobi favorit Anda. Baik itu terjun payung, melukis tembikar, melihat konser, menghadiri malam trivia di bar lokal atau menyanyikan lagu karaoke, lakukan saja dan peluangnya cukup bagus, Anda akan bersenang-senang saat melakukannya.

10. Lakukan Sesuatu untuk Orang Lain

Jika melihat warna merah muda dan merah membuat Anda merasa agak sedih tahun ini, melakukan sesuatu yang baik untuk seseorang mungkin merupakan rahasia untuk meningkatkan pandangan Anda. Menurut sebuah studi pada 2017, bertindakan dermawan dapat secara langsung bermanfaat bagi kesehatan mental Anda dan membuat lebih bahagia.

Ada banyak cara untuk menyebarkan cinta di Hari Valentine (dan di hari lainnya juga) seperti mendaftar menjadi sukarelawan di komunitas Anda, mengejutkan teman dan/atau keluarga dengan hadiah, membuat kue untuk tetangga, atau tindakan kebaikan kecil lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.