Sukses

Adidas Kalah Lawan Thom Browne di Pengadilan Terkait Sengketa Motif Garis-Garis

Pengacara Thom Browne meyakinkan juri bahwa kliennya bukan penantang langsung Adidas.

Liputan6.com, Jakarta - Desainer Thom Browne akhirnya tersenyum saat muncul dari ruang pengadilan New York pada Kamis, 12 Januari 2023, waktu setempat. Ia berhasil memenangkan gugatan yang diajukan Adidas atas hak cipta motif tiga garis.

Browne berharap upaya mempertahankan desain garis-garisnya pada pakaian dan aksesori atletik mewah itu bisa menginspirasi orang lain yang mengalami situasi serupa. Adidas sebelumnya mengklaim bahwa desain garis-garis yang digunakan oleh Thom Browne Inc terlalu mirip dengan tiga garis milik mereka.

"Penting untuk melawan dan menceritakan kisah saya," kata Browne, setelah juri pengadilan federal Manhattan memihaknya, dikutip dari AP, Jumat (13/1/2023).

"Saya pikir itu lebih penting dan lebih besar dari saya, karena saya pikir saya berjuang untuk setiap desainer yang menciptakan sesuatu dan menghadapi perusahaan yang lebih besar yang berusaha mengambil (hak milik) mereka," katanya.

Adidas yang kalah dalam pertarungan di meja hijau tak puas dengan hasil itu. "Kami kecewa dengan putusan tersebut dan akan terus menegakkan kekayaan intelektual kami dengan hati-hati, termasuk mengajukan banding yang sesuai," tulis Rich Efrus, juru bicara Adidas, dalam email.

Adidas menuntut Browne pertama kali pada Juni 2021 dengan mengatakan Four-Bar Signature miliknya, termasuk produk-produk lain yang menggunakan motif garis-garis paralel seperti kaus, sweatpants dan hoodie, telah melanggar merek dagang mereka. Sidang pun digelar mulai akhir 2022 dan berlangsung selama dua minggu.

Persidangan berakhir setelah delapan juri mengembalikan putusannya dalam waktu kurang dari dua jam. Para pendukung Browne meluapkan kegembiraan mereka di ruang sidang sebelum hakim distrik AS Jed Rakoff memarahinya karena melanggar kesopanan di ruang sidang. Pendukung kemudian keluar lorong. Beberapa merayakannya dengan pelukan dan air mata.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Asal Mula Sengketa

Kasus sengketa itu dimulai dari 15 tahun lalu. Pada 2007, Adidas mengeluhkan bahwa motif garis yang digunakan Browne terlalu mirip dengan jaket milik mereka. Browne setuju untuk berhenti menggunakannya dan menggantinya ke desain empat garis.

Selama bertahun-tahun, Adidas tidak mempermasalahkan hal itu. Namun karena Browne mulai memperluas penggunaan motifnya ke lini pakaian olahraga mewah dan penjualannya baik pada 2018, raksasa perusahaan apparel itu mulai mengamatinya.

Adidas berargumen dalam gugatannya bahwa garis-garis Browne dapat membingungkan pelanggan. Browne, pada gilirannya, berpendapat bahwa kedua perusahaan tersebut bukanlah pesaing langsung dan tidak melayani pasar yang sama.

Sepasang celana ketat wanita di situs web Browne harganya 725 dolar AS atau sekitar Rp11 juta, misalnya. Sementara, sepasang legging Adidas berharga di bawah 100 dolar AS menurut situs perusahaan tersebut.

Jeff Trexler, anggota fakultas di Fashion Law Institute di Fordham Law School, mengatakan lanskap merek dagang menjadi lebih bernuansa di dalam pasar yang terus berubah. Perusahaan berkembang secara teratur ke dalam kategori baru, baik dalam konten maupun harga, dan berkolaborasi dalam jalur khusus dengan yang lain.

Semakin banyak, katanya, perusahaan yang menyeberang jalur dari jalur semula, baik itu mode atau soda. "Ini seperti di Ghostbusters di mana Anda tahu jika Anda menyeberangi sungai, semuanya akan meledak," kata Trexler.

 

 

3 dari 4 halaman

Warga versus Korporasi

Trexler mengatakan, selama Browne mengenakan motif garis-garisnya "pada mantel olahraga pria dan barang-barang mewahnya yang sempit, mungkin sesekali sweatpants, ia tidak akan menyeberang jalur. Tapi saat dia melebarkan sayapnya ke pakaian olahraga, ia sudah keluar dari jalurnya.

Browne bersaksi selama persidangan, mencatat pentingnya olahraga dalam hidupnya dan bagaimana hal itu mempengaruhi kariernya. Mantan perenang kompetitif itu mengatakan di luar gedung pengadilan bahwa ia dibesarkan dengan bermain tenis dan anggota keluarga besarnya yang lain menikmati bola basket, baseball, dan sepak bola.

"Jadi, itu sangat otentik untuk siapa saya sebagai pribadi," katanya. "Itu adalah sesuatu yang menginspirasi saya setiap hari sehubungan dengan apa yang saya lakukan."

Dia menghitung banyak atlet profesional di antara teman dan pelanggannya dan menganggap mereka sebagai "inspirasi besar". Trexler mencatat bahwa pengacara Browne telah berhasil meyakinkan juri bahwa Browne tidak diunggulkan.

"Singkatnya, pengacara Thom Browne membuat juri melihat kasus ini sebagai The People vs The Corporation, dan populisme menang," katanya usai putusan.

 

4 dari 4 halaman

Harapan Browne

Browne berharap pertarungan di ruang pengadilan itu menjadi yang terakhir. "Aku hanya ingin mendesain koleksi dan aku tak ingin lagi berada di dalam ruang pengadilan," katanya.

Browne, seorang desainer yang sangat kreatif yang terkenal dengan pertunjukan landasan pacu teatrikalnya, mulai menjual pakaian pada 2001 di sebuah butik di West Village Manhattan. Sejak itu, dia menjadi sangat sukses, terutama setelah kesepakatan 2018 dengan merek mewah Zegna. Perusahaannya sekarang ditampilkan di lebih dari 300 lokasi di seluruh dunia, termasuk Tokyo, London, Seoul, Hong Kong, Shanghai, Beijing, dan Milan.

Sebelumnya, raksasa pakaian olahraga ini mengklaim baru menyadari dugaan pelanggaran tersebut pada awal 2018, ketika Browne mengajukan hak cipta "Grosgrain Signature," yang sering disebut sebagai Signature Grosgrain di situs web jenama itu, di Eropa.

Pengacara Adidas berpendapat bahwa perusahaan tersebut tidak memiliki kewajiban untuk memantau produk keluaran Browne dan pada awalnya tidak menganggap label tersebut sebagai pesaing langsung. Dokumen pengadilan menunjukkan bahwa kedua pihak tidak berhasil mencapai penyelesaian di luar pengadilan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.