Sukses

5 Manfaat Berendam di Jacuzzi Bagi Kesehatan, Waktunya Lepas Penat!

Meskipun hanya sekedar berendam, namun ternyata berendam di jacuzzi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Berendam dalam jacuzzi memang sangatlah menyenangkan bukan? Lelah akibat usai beraktivitas seharian, mungkin berendam dalam jacuzzi sebagai salah satu pilihan yang pas nih. Nggak hanya menenangkan pikiran, semua pegal akan hilang dengan cepat begitu kamu menikmati sensasi dalam jacuzzi.

Dialiri air yang hangat, kamu akan merasa dimanjakan lho! Meskipun hanya sekedar berendam, namun ternyata berendam di jacuzzi juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Penasaran apa saja? Yuk, langsung simak ulasan selengkapnya!

1. Membuat Tidur Lebih Berkualitas

 

Jika kamu memiliki masalah tidur atau insomnia, berendam di jacuzzi bisa menjadi cara yang ampuh untuk menyembuhkannya. Berendamlah minimal 15 atau 20 menit sebelum tidur, dijamin tidur kamu akan lebih cepat dan kualitas tidur pun jadi meningkat.

Disarankan untuk mandi air hangat dengan suhu 40°C sampai 42,5°C. Air dengan suhu ini bisa melemaskan otot-otot yang tegang dan membuat tubuh lebih rileks. Melakukan rutinitas ini juga akan membentuk kebiasaan tidur yang sehat.

2. Memperlancar Aliran Darah

Manfaat kedua yang didapatkan ketika berendam di jacuzzi, yaitu aliran darah akan menjadi lebih lancar. Hal ini disebabkan karena efek pemijatan dari air hangat yang dapat memperlebar pembuluh darah sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar.

Ketika tubuh menyerap panas, itu artinya mengalami beberapa perubahan fisiologis seperti mulai pemanasan dan peningkatan aliran darah. Aliran darah yang baik akan membuat suplai oksigen dan zat makanan ke seluruh tubuh menjadi lebih cepat, sehingga membuat tubuhmu menjadi tercukupi terhadap kebutuhan bahan bakar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Mengurangi Radang Sendi

Tahukah kamu? Efek yang diberikan dari berendam di jacuzzi ini akan memberikan kehangatan dan pijatan yang bisa mengurangi tekanan pada sendi. Sebagian orang yang menderita kondisi kronis seperti radang sendi, fibromyalgia, atau nyeri punggung bagian bawah, mungkin, kamu bisa berendam di air hangat sebagai bentuk terapi.

Berendam di air hangat seperti jacuzzi bisa melonggarkan sendi yang kaku dan meringankan otot yang pegal. Sehingga pembuluh darah akan membesar saat kamu menghangatkan sendi yang sakit atau otot yang lelah. Alhasil, lebih banyak darah, oksigen, dan nutrisi yang dikirim ke jaringan yang terluka.

4. Menghilangkan Stres

Perlu diketahui bahwa timbulnya stres sebagian besar berasal dari pikiran. Maka dari itu, manfaat berendam di jacuzzi dapat menolong menghilangkan stres dan membantu pikiran menjadi lebih rileks.

Berendam dalam air hangat telah dipercaya membantu melepaskan hormon yang disebut dopamin, yang mana membantu tubuh kamu melawan stres. Selain itu, aromaterapi atau lilin beraroma yang mengelilingi bak mandi juga membantu kamu untuk lebih merasa tenang dan rileks.

 

3 dari 3 halaman

5. Mengontrol Berat Badan

Faktor apung dari air bermanfaat tak hanya sebagai terapi otot, namun juga mengontrol diabetes dan berat badan seseorang. Dikutip dari laman Healthmeup, sebuah studi telah membuktikan bahwa berat badan bisa berkurang kalau terbiasa berendam dalam jacuzzi.

Memang tidak menimbulkan perubahan yang terlalu signifikan, namun jika melakukannya secara rutin, maka hasilnya akan terlihat. Lakukan berendam di jacuzzi kurang lebih 30 menit sehari dan selama enam kali seminggu.

Itulah lima manfaat berendam di kolam jacuzzi. Selamat mencoba.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.