Sukses

Dekorasi Kelinci Tahun Baru Imlek di Singkawang Dicibir Berpenampilan bak Zombie

Dekorasi kelinci Tahun Baru Imlek ini terlihat seperti zombie dari film populer Korea Selatan, Train to Busan.

Liputan6.com, Jakarta - Alih-alih menggemaskan seperti biasanya, dekorasi dekorasi kelinci Tahun Baru Imlek di Kalimantan Barat, Indonesia ini, dicibir seperti makhluk yang ditarik keluar dari film zombie. Bukan mata bulat lucu khas kartun disertai senyum menggemaskan layaknya sebagian besar dekorasi kelinci Imlek, patung kelinci ini memiliki mata merah.

Ditambah, sepasang mata itu dianggap "menatap kosong ke dalam jiwa Anda," dengan gigi cokelat kotor. Menurut ViralCham, dilansir dari Says, Kamis, 12 Januari 2023, banyak warganet berkomentar bahwa kelinci terlihat seperti zombie dari film populer Korea Selatan, Train to Busan.

Beberapa bahkan bercanda bahwa kelinci mungkin membutuhkan obat tetes mata untuk mata merahnya. Bertentangan dengan warganet yang terganggu, beberapa orang mengklaim bahwa tidak ada yang salah dengan desain tersebut karena mata kelinci biasanya memang sedikit merah.

Terungkap patung kelinci tersebut dipasang di ruang terbuka di depan kedai kopi yang terletak di Kecamatan Singkawang Barat, Kota Singkawang, Kalimatan Barat. Ini bukan kali pertama dekorasi kelinci dalam menyambut Imlek 2023 jadi sorotan.

Sebelumnya, dekorasi serupa di Chinatown, Singapura, jadi bahan tertawaan dan "merusak pemandangan" banyak orang. Menurut 8world, tidak sedikit warganet mengatakan bahwa maskot kelinci tersebut diletakkan dalam posisi yang "canggung," sehingga terlihat seperti sedang "buang air besar."

Seorang warga bahkan mengatakan pada outlet berita bahwa kelinci itu tampak seperti "berjongkok di toilet." Namun, ada beberapa yang membela maskot tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Dukungan

Beberapa orang Singapura mengatakan bahwa desain itu adalah "masalah pendapat" tentang apakah itu baik atau sebaliknya. Sementara, ada yang mengatakan bahwa desain maskot Imlek tersebut telah sesuai anatomi kelinci asli.

"Tidak mungkin (kelinci) berdiri tegak. Hanya ketika (ia) membungkuk ia terlihat seperti kelinci. Jika berdiri tegak, beberapa orang juga akan mengkritiknya," sebut salah satu pengguna.

Dengan opini publik yang sepertinya sampai ke telinga pembuat dekorasi, maskot kelinci kemudian "ditutupi." Hanya wortel, batangan emas, dan koin ditempatkan di atas panggung dengan maskot yang terlihat, dengan sebagian menutupi bagian belakang kelinci dari mata publik.

Pada Imlek 2023, Anda dapat mengharapkan perubahan tiba-tiba saat mengucapkan selamat tinggal pada macan yang mengaum dan menyapa kelinci yang lebih lembut ketika pergantian Tahun Baru China pada 21 Januari 2023. Baik secara anatomi maupun perilaku, harimau dan kelinci sangat berbeda, dikutip dari Japan Today.

Kelinci secara historis dikenal sebagai yang paling lembut dari 12 hewan dalam zodiak China, skema klasifikasi tradisional berdasarkan kalender lunar yang menetapkan hewan dan atributnya setiap tahun. Pada 2022, kehidupan ditandai dengan kekuatan, vitalitas, dan pertumbuhan, serta ditopang dinamisme harimau, menurut zodiak Tiongkok.

3 dari 4 halaman

Manifestasi Tahun Kelinci Air

Karena tahun lalu ditetapkan sebagai Yang, prinsip aktif alam semesta dalam filosofi China kuno, orang mungkin merasakan antusiasme, kepositifan, dan produktivitas bersama kegelisahan dan ketidakfleksibelan. Namun, Tahun Kelinci Air yang akan datang mewujudkan Yin, prinsip pasif alam semesta.

Ini bermanifestasi dalam relaksasi, fluiditas, ketenangan, dan kontemplasi. Jika 2022 terasa cepat, berat, atau sibuk, tahun 2023 akan menawarkan kesempatan untuk perenungan, istirahat, serta pemeliharaan tubuh dan jiwa dalam upaya memberikan keseimbangan di bawah konsep dasar Yin dan  Yang.

Tapi, Tahun Kelinci menawarkan lebih dari sekadar waktu henti dari dampak harimau yang "galak, kuat, dan perkasa," kata Jupiter Lai, astrolog China dan Barat yang tinggal di Hong Kong.

Ia berkata, "Kelinci itu lembut, pendiam, jinak, dan baik hati, namun ia bergerak dengan cepat dan sangat pintar." Ini menyiratkan bahwa kelinci tidak hanya memiliki banyak ide, tapi juga pandai beradaptasi dengan lingkungan dan dapat bergerak sangat cepat, memungkinkannya melindungi diri saat bahaya atau ketika situasi tidak menguntungkan.

4 dari 4 halaman

Energi Tahun Kelinci Air

Akibatnya, energi keseluruhan pada 2023 cenderung lembut dan tenang, dengan orang-orang mencari "kehidupan yang lebih seimbang," tambahnya. Mungkin juga ada lebih banyak pergerakan dan perjalanan, "seperti kelinci yang gesit."

Peramal veteran yang berbasis di Hawaii, Cathryn Moe, sependapat. Ia mencatat bahwa Tahun Baru Imlek 2023 akan "membawa gelombang ketenangan, kepercayaan diri, dan kemudahan."

"Pendekatan lembut Tahun Kelinci akan menenangkan pasang surut Tahun Macan tahun lalu," katanya.

Bahkan dalam menghadapi rintangan pada 2023, orang akan mendapat manfaat dari "keteguhan hati" kelinci untuk mengatasinya. Sifat kelinci yang baik hati, bahkan lembut, menyembunyikan kepercayaan diri dan kekuatan yang tenang, menurut zodiak China, yang mengatakan bahwa hewan itu bergerak dengan mantap menuju tujuannya, terlepas dari segala hal negatif atau masalah yang dihadapi.

Moe menjelaskan, "Kualitas Yin (pada Tahun Kelinci Air 2023) adalah reseptif, menerima, dan intuitif. Di Tahun Kelinci, Anda mungkin tidak tahu bagaimana setiap momen terhubung ke momen berikutnya, tapi Anda menyadari prioritas Anda dan dapat menghindari gangguan untuk tetap fokus pada tujuan Anda."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.