Sukses

6 Fakta Lucas, Member SuperM yang Hiatus Sejak 2021

Di tengah hiatusnya Lucas, SuperM mengumumkan rencana kembali pada 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Sosok Lucas SuperM kembali jadi sorotan setelah idol grup yang menaunginya merilis teaser pendek dan juga logo grup terbaru di media sosial mereka. Disebutkan perilisan tersebut untuk menyambut comeback SuperM pada 2023 ini.

Mengutip dari kanal Regional Liputan6.com, banyak penggemar dari ketiga grup besar asal SM Entertainment ini menantikan kembalinya grup tersebut untuk merilis lagu. Lucas yang hiatus sejak akhir 2021 diharapkan akan ikut comeback SuperM dengan anggota lengkap. 

Warganet ikut menduga dari teaser terbarunya, bahwa akan ada anggota baru yang kemungkinan akan menggantikan Lucas NCT yang saat ini sedang hiatus. Hal tersebut berdasarkan dari warna cahaya yang muncul pada teaser berdurasi 25 detik tersebut, di mana terdapat palet merah mencolok yang tiba-tiba muncul. Adapun warna tersebut diduga mewakili grup TVXQ yang mempunyai warna official pearl red.

Para warganet berspekulasi unit tersebut akan mengganti Lucas NCT dengan artis SM Entertainment lain atau tidak. Spekulasi terbentuk berdasarkan dari cahaya dalam video teaser yang membuat munculnya dugaan bahwa Changmin TVXQ mungkin akan menjadi personel baru.

Di luar dari itu, sosok Lucas menuai keingintahuan pecinta K-Pop, berikut adalah enam fakta menarik Lucas SuperM yang dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber pada Selasa, (3/1/2022).

1. Nama Asli

Pria yang bernama asli Wong Yuk-hei itu adalah seorang rapper, penyanyi, dan model asal Hong Kong. Ia merupakan anggota boy grup NCT, sub-unitnya NCT U, WayV, serta anggota supergrup SuperM dari SM Entertainment.

Mengutip dari last.fm, Selasa (3/1/2023), Lucas diketahui lahir pada 25 Januari 1999 di Sha Tin, Hong Kong, dari ayah Tionghoa keturunan Teochew (China-Tibet) dan ibu Thailand. Dia memiliki satu adik laki-laki dan bersekolah di Tung Wah Group of Hospitals Yow Kam Yuen College. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Awal Karier

Pada 2015, Lucas dibina oleh SM Entertainment, setelah lulus Global Audition yang diadakan di Hong Kong. Lucas diterima setelah hanya dengan satu kali audisi model.

Sebagai trainee SM, Lucas menerima pelatihan menyanyi, rap, dan menari. Pada 5 April 2017, ia diperkenalkan sebagai anggota SM Rookies, tim pelatihan pra-debut yang terdiri dari trainee muda yang berpotensi debut sebagai anggota grup idola. Pada 7 April 2017, Lucas tampil di video musik "Dream In A Dream" anggota NCT Ten.

3. Belajar Bahasa Korea dan Mandarin

Lucas, yang bahasa ibunya adalah bahasa Kanton, mempelajari bahasa Korea dan Mandarin sebagai persiapan untuk debutnya. Pada Januari 2018, SM Entertainment meluncurkan NCT 2018, sebuah grup proyek untuk boy grup NCT yang ekspansif. Lucas bersama Kun dan Jungwoo adalah anggota terbaru grup.

Ketiganya diperkenalkan di SM's NCT 2018 Yearbook #1 pada 30 Januari 2018. Lucas secara resmi memulai debutnya dengan NCT pada 14 Maret, dengan album studio debut mereka NCT 2018 Empathy. Lucas merekam tiga lagu dalam album sebagai bagian dari sub-unit NCT U, termasuk judul lagu "Boss", "Yestoday" (keduanya sebagai NCT U), dan "Black on Black". 

3 dari 4 halaman

4. Lagunya Berada di Puncak

Untuk mempromosikan album, Lucas tampil di variety Korea menunjukkan Real Man 300 dan Law of the Jungle di Samudra Hindia Terakhir sebagai anggota pemeran reguler. Lucas tampil di lagu Taeyeon "All Night Long", sebuah lagu yang direkam dalam EP-nya yakni rekaman musik yang diperpanjang, dirilis pada Juni 2018.

Lagu tersebut memuncak di nomor 72 di Gaon Digital Chart. Pada November 2018, Lucas merilis single digital "Coffee Break", dengan Jonah Nilsson dan menampilkan Richard Bona, untuk SM Station 3. Pada Desember 2018, Lucas diumumkan menjadi bagian dari unit NCT yang berbasis di Tiongkok, WayV, dikelola oleh Label V Unit beranggotakan tujuh orang ini secara resmi memulai debutnya pada 17 Januari 2019 dengan EP debut mereka The Vision. 

Single utamanya "Regular" adalah remake Mandarin dari "Regular" oleh NCT 127. Bulan berikutnya, Lucas bergabung dengan pemeran variety show Tiongkok Keep Running sebagai anggota pemeran tetap untuk musim ketujuh. Pada 7 Agustus 2019, Lucas diumumkan sebagai anggota SuperM, "grup super" K-pop yang dibuat oleh SM Entertainment bekerja sama dengan Capitol Records. Promosi grup dimulai pada bulan Oktober dan ditujukan untuk pasar Amerika.

4 dari 4 halaman

5. Konser Pertama

EP debut self-title SuperM dirilis pada 4 Oktober 2019 dengan singel utama "Jopping". Kemudian pada 5 Oktober 2019 Lucas mengadakan konser pertamanya dengan SuperM di Gedung Capitol Records di Los Angeles, sebelum tur dunia dengan perhentian di Amerika Utara dan rencana perhentian di Eropa dan Asia.

6. Kontroversi

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, 29 Agustus 2022, Lucas sempat membuat heboh penggemarnya karena kembali aktif di media sosial. Pria 23 tahun ini membuat unggahan pertamanya setelah enam bulan. Pada Minggu, 2 Oktober 2022, Lucas melalui Instagram pribadinya mengunggah gambar misterius orang-orang yang sedang berolahraga di pantai. 

Namun, dia tak menyertakan keterangan apa pun dalam unggahannya. Pada Agustus 2021 dia terlibat kontroversi dugaan memanipulasi kekasihnya. Kasus ini sempat menghebohkan. Setelah kejadian itu, SM Entertainment sebagai agensinya meminta maaf. Lucas ikut mengunggah permintaan maaf di akun media sosial pribadinya pada 25 Agustus 2021.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.