Sukses

Makna Tersembunyi Kebaya Erina Gudono Rancangan Asky Febrianti Saat Upacara Panggih

Usai ijab qabul, Kaesang dan Erina melaksanakan upacara adat panggih, di momen tersebut mereka berganti baju dalam nuansa emas yang dirancang khusus oleh desainer Asky Febrianti.

Liputan6.com, Jakarta - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah resmi mengikrarkan janji suci pernikahan dalam ijab qabul yang digelar Sabtu, (10/12/2022). Kemudian setelahnya kedua sejoli ini melaksanakan upacara adat panggih, di momen tersebut Erina dan Kaesang berganti baju.

Masih dengan penampilan tata rias paes ageng Yogyakarta, Erina kali itu mengenakan busana kebaya rancangan desainer Asky Febrianti yang sebelumnya telah banyak mendandani para selebritas Tanah Air. Kaesang dan Erina telah memesan baju tersebut sejak Agustus 2022, hal tersebut diungkapkan sang desainer. 

"Lama pembuatan kalau tidak salah saat itu Mas Kaesang dan Mba Erina datang di bulan Agustus, (sekitar 4 bulan)," Ungkap Asky Febrianti melalui pesan suara saat dihubungi Liputan6.com, Sabtu (10/12/2022).

Ia pun menjelaskan lebih detail termasuk makna tersembunyi kebaya yang dipakai Erina di upacara adat Panggih. Tampilan kebaya berjenis kutu baru tersebut dibuat dengan mengaplikasian bordir berbahan dasar lace dan tile, di atasnya digambar dan bordir secara khusus.

"Untuk detail detail di kebaya Erina terdapat tulisan aksara pakem pernikahan lalu ada tulisan aksara juga di bagian bawah bertuliskan rarasgati wilasitarat yang artinya keselarasan dalam rumah tangga diupayakan dengan segenap hati membuahkan kebahagiaan semesta," papar Asky. 

Asky menambahkan, ada pula detail rumah Mataram, lalu masih banyak detail lainnya di kebaya seperti pengaplikasian bunga tulip kesukaan Erina Gudono. Asky juga menyematkan gambar seperti wayang dan detail bunga-bunga yang juga terdapat pada beskap Kaesang. 

"Tidak ada request tersendiri  hanya warna saja sejak awal ingin warna gold, ingin berbentuk kutu baru namun tetap terkesan modern dengan detail yang menarik unik dan anggun jadi tidak berlebihan tapi tetap terlihat cantik," tukas Asky saat ditanya mengenai permintaan khusus Erina untuk kebayanya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesan Jokowi

Mengutip dari kanal Showbiz Liputan6.com, Sabtu (10/12/2022), beberapa menit usai Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjalani akad nikah, Presiden Joko Widodo langsung menyampaikan keterangan resmi kepada awak media di Pendopo Agung, Royal Ambarrukmo.

Jokowi mengungkapkan rasa syukurnya, akad nikah putra bungsunya berjalan lancar. Setelahnya, ia menyampaikan doa dan sejumlah nasihat kepada Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang telah resmi menjadi suami istri.

"Kami mendoakan agar Mas Kaesang dan Mbak Erina bisa segera menempuh hidup baru,” tutur Presiden Jokowi sambil berharap putra bungsunya berumah tangga rukun.

Ia berharap rumah tangga para anak dan menantunya, termasuk Kaesang Pangarep serta Erina Gudono, langgeng hingga memiliki anak-anak dan cucu-cucu. Hal itu lantaran ketiga anaknya telah menemukan pasangan jiwa dan membangun rumah tangga. 

"Saya pesan, saling pengertian, saling melengkapi kemudian rukun, harmonis sepanjang masa sampai kakek-kakek, nenek-nenek,” sebut Jokowi yang mengaku kini lega.  

3 dari 4 halaman

Unggah Status di Twitter

Tak lama setelah seluruh rangkaian prosesi akad nikah berlangsung, anak bungsu Presiden Jokowi ini langsung pasang status di media sosial Twitter miliknya. Kaesang mengabarkan kepada publik bahwa kini statusnya sudah berubah menjadi seorang suami. "Sah," cuitan pertama Kaesang usai menikah.

Cuitan Twitter yang singkat itu langsung viral. Menurut pantauan Liputan6.com, dalam waktu satu jam, tweet tersebut sudah disukai hingga 25 ribu kali dan diserbu ribuan komentar. Kaesang Pangarep juga mengabarkan ke pengikutnya tenyang rangkaian acara selanjutnya. Dia sedang berganti busana untuk acara adat berikutnya.

"Lagi ganti baju buat acara adat panggih," tulis pria berusia 27 tahun itu.

Di rangkaian prosesi panggih pengantin Kaesang Pangarep dan Erina Gudono diiringi gending yang sakral. Gending tersebut digunakan mengacu pada pakem pranatan dan lampah-lampahan upacara pernikahan putra-putri Keraton Yogyakarta.

Terdapat tiga gending yang mengiringi jalannya prosesi adat panggih pengantin, acara masih dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo. Ketiga gending tersebut adalah bindri, ladrang pengantin, dan boyong. 

4 dari 4 halaman

Ucapan Selamat dari Warganet

Sementara itu, Kaesang Pangarep menikahi Erina Gudono dengan maskawin berupa seperangkat alat salat, logam mulia 10.12.22 gram dan uang tunai sebesar Rp 300 ribu. Sebelum akad nikah dimulai, keluarga mempelai wanita, Erina Gudono melakukan tradisi pasrah tampi.

Pasrah memiliki arti menyerahkan dan tampi artinya menerima. Sehingga pasrah tampi adalah kegiatan penyerahan dengan pasrah mempelai laki-laki untuk dinikahkan dengan mempelai perempuan.

Adapun pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menarik perhatian masyarakat Tanah Air. Keduanya pun mendapatkan banyak doa dari masyarakat. Berikut beberapa doa warganet untuk pengantin baru Kaesang dan Erina yang dikutip dari live chat di live streaming Youtube Liputan6 SCTV:

"Selamat menempuh hidup baru semoga menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah," tulis warganet.

"Semoga menjadi keluarga sakinah, mawadah, warohmah," komentar warganet.

"​Selamat untuk mas kaesang dan mba erina semiga samawa," sambung yang lain.

"Selamat buat kalian berdua semoga menjadi keluarga sakinah mawwadah warohmah cepet dikasih momongan sholih sholihah," tulis warganet lainnya.

"​Selamat pada Mas Kaesang Pangarep dan mbak Erina Gudono, semoga menjadi keluarga sakinah-mawadah-warahmah sampai akhir hayat. amiin yra," yang lain menambahkan. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini