Sukses

12 Kereta Kuda Disiapkan untuk Kirab Tasyakuran Nikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Liputan6.com, Solo - Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono dipastikan berjalan meriah. Salah satunya dengan menggelar kirab kereta kuda di jalanan Kota Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

Total 12 kereta kuda disiapkan untuk acara kirab tasyakuran tersebut. Khusus kereta kuda untuk pengantin rencananya akan ditarik enam ekor kuda. Sementara, sebelas kereta lainnya masing-masing akan ditarik dua ekor kuda.

"Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda, yakni Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabat," kata Aiptu Warsito, anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkantimbas) Polsek Pesugihan, Polresta Cilacap, dilansir Antara, Kamis, 8 Desember 2022.

Warsito juga ditunjuk sebagai kusir kereta kuda yang akan membawa pasangan Kaesang dan Erina saat kirab nanti. Dia diketahui sejak kecil terbiasa menangani kuda dan delman di tempat kelahirannya di Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem, Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, karena keluarganya memiliki kuda dan delman.

Dalam acara kirab nanti, rombongan kereta kuda tasyakuran Kaesang - Erina akan memulai perjalanan dari Loji Gandrung, Jalan Slamet Riyadi, sekitar pukul 07.30 WIB. Titik akhir rombongan kirab adalah di Pura Mangkunegaran, Jalan Diponegoro, Banjarsari, Solo, yang dipilih sebagai lokasi resepsi ngunduh mantu.

Aiptu Warsito bukan kali pertama menjadi kusir untuk acara besar. Ia sebelumnya dipercaya membawa kereta kuda di Festival Keraton Nusantara di Yogyakarta pada 1995, Festival Keraton Nusantara di Keraton Surakarta pada 1997, Kirab Jumenengan Dalem PB XII dan nikahan putra Dalem PB XII, serta kirab hari jadi Kota Cilacap pada 2007.

"Saya juga ikut kirab pernikahan Wakil Bupati Cilacap tahun 2019 dan kegiatan ini selalu didukung oleh Kapolresta Cilacap," kata Aiptu Warsito.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Panggung Hiburan Rakyat

Menteri BUMN Erick Thohir yang juga menjadi ketua panitia acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina menjelaskan acara kirab tersebut akan menyatu dengan kegiatan Car Free Day yang berlangsung di Solo. Saat acara pernikahan berlangsung, pihaknya juga menyiapkan panggung hiburan rakyat untuk warga sekitar.

Hal itu sebagai wujud keluarga Presiden ingin menyatu dengan masyarakat. "Jangan sampai ada acara besar malah menyulitkan masyarakat karena kita ingin ini bersatu dengan masyarakat," ujarnya, dikutip dari kanal News Liputan6.com.

Nantinya akan ada sembilan panggung yang digelar tersebar di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, mulai dari rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran. Rencananya, panggung hiburan rakyat, akan diisi dengan hiburan dari para seniman lokal. H

iburan yang ditampilkan seperti musik keroncong, karawitan, hingga band dari seniman asli Solo. Masyarakat umum bisa menikmati hiburan serta makanan gratis sembari merayakan pernikahan Kaesang dan Erina.

"Akan ada festival kecil-kecilan, akan ada panggung yang akan dirasakan kemeriahannya untuk masyarakat Solo, ya semacam itu (pesta rakyat)," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Siraman Erina

Jelang akad nikah, baik Kaesang maupun Erina menjalani ritual siraman di tempat berbeda. Acara siraman Erina digelar di rumah orangtuanya di Sleman, Yogyakarta. 

Dalam acara siraman ini, tubuh calon istri Kaesang Pangarep dibasuh dengan air yang diambil dari tujuh mata air berbeda. Ketujuh mata air tersebut di antaranya berasal dari Masjid Panepen Kraton Yogyakarta, Pura Pakualaman, Pura Mangkunegaran, kediaman Presiden Jokowi di Solo, serta kediaman Ibu Gudono, orangtua Erina Gudono. Sisanya, diambil dari Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta dan air Zam Zam.

Dalam upacara siraman itu, tubuh Erina dibasuh oleh tujuh orang. Mereka adalah ibunda Erina, Sofiatun Gudono; istri Sultan Hamengkubuwono X, GKR Hemas; istri Paku Alam X, GKBRAy Atika Purnomowati; istri Mensesneg Pratikno, Siti Faridah Pratikno; Sutati Muhaimin; Zulaikha Surenggane; dan Nyai Hj Fatimatuz Zahro.

Sebelumnya, Erina melakukan sugkeman untuk meminta restu kepada sang ibunda. Tak hanya kepada ibunda, Erina juga menjalani tradisi langkahan dalam rangka meminta izin kepada kedua kakaknya, yaitu Allen Gudono dan Nadia Gudono yang ia dahului untuk menikah. Setelah siraman, ritual dilanjutkan dengan midodareni pada malam nanti.

4 dari 4 halaman

Siraman Kaesang

Sementara, acara siraman putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) digelar di Sumber, Kota Surakarta Jawa Tengah, Jumat, 9 Desember 2022. Berdasarkan siaran pers yang diterima, prosesi siraman dimulai dengan diawali oleh penerimaan air dari tujuh sumber mata air dari calon pengantin wanita yang diterima oleh Gibran Rakabuming Raka selaku perwakilan keluarga.

Adapun tujuh sumber mata air tersebut berasal dari Keraton Kasunanan, Keraton Mangkunegaran, Masjid Agung Surakarta, Umbul Pengging, Istana Merdeka, Istana Bogor, dan kediaman Solo. Ketujuh air tersebut disatukan dalam satu tempat untuk digunakan dalam prosesi siraman.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana kemudian memberikan siraman pertama kepada Kaesang. Sejumlah tamu dan keluarga turut memberikan siraman dan doa restu antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto, Gibran Rakabuming, dan Bobby Nasution juga turut membasuh tubuh Kaesang.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS