Sukses

Nekat Tato Bola Mata, Ibu Lima Anak Kini Jadi Buta

Liputan6.com, Jakarta - Seorang ibu dengan lima anak menepis saran putrinya untuk tidak menato bola matanya karena potensi kebutaan. Saran putrinya yang diabaikan membuatnya sekarang kehilangan penglihatan.

Mengutip dari NYPOST, Jumat (9/12/2022), Anaya Peterson, seorang mahasiswa hukum, kagum dengan model Australia Amber Luke, yang menato bola matanya dengan warna biru cerah dan menjadi buta selama tiga minggu setelahnya. Meskipun Luke mendapatkan penglihatannya kembali, tampaknya Peterson yang berusia 32 tahun mungkin akan kehilangan penglihatannya untuk selamanya.

"Saya hanya akan mendapatkan satu (tato mata) pada awalnya, karena saya pikir jika saya menjadi buta, setidaknya saya memiliki mata yang lain. Saya seharusnya bertahan dengan itu,” kata Peterson kepada Kennedy News.

"Putri saya memberi tahu bahwa saya tidak boleh melakukan itu (tato). Ia pun bertanya, 'Bagaimana jika sampai menjadi buta?' Dia sama sekali tidak setuju,".

Sekarang Peterson berharap mendengarkan nasihat bijak anaknya yang berusia 7 tahun. Wanita Belfast, Irlandia Utara yang tinggal di rumah sakit karena modifikasi bola mata setelah reaksi potensial terhadap tinta itu sekarang mengklaim berisiko terkena katarak.

Peterson selalu akan mengalami masalah dengan matanya, karena dia tidak bisa menghilangkan tinta tato di matanya. "Dari kejauhan, saya tidak bisa melihat ciri-ciri wajah," katanya. "Jika bola mata saya tidak ditato, saya tidak akan mengalami masalah ini. Bahkan hari ini saya bangun dengan lebih banyak floaters (bayangan bintik-bintik) di mata saya. Dan itu berbahaya,”.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Alami Kompikasi

Tapi kisah tatonya yang mengerikan tidak memiliki awal yang sulit. Selama berbulan-bulan setelah menato mata kanannya yang biru pada Juli 2020, dia tidak mengalami komplikasi.

Meskipun menderita kekeringan dan sakit kepala, dia memilih untuk menato bola mata kirinya berwarna ungu pada bulan Desember tahun itu. Pada Agustus 2021, keadaan berubah menjadi yang terburuk. Suatu hari dia terbangun dengan kelopak mata yang sangat bengkak yang terlihat seperti dia telah "berkeliling lima putaran dengan Mike Tyson".

Ketika gejalanya memburuk, dia memutuskan untuk memeriksakan dirinya ke rumah sakit, di mana dokter memberikan obat intravena selama tiga hari dan melakukan biopsi pada matanya yang bermasalah. "Sejujurnya, saya hanya ingin berada di rumah menonton [TV]. Aku bahkan tidak bisa mengungkapkannya dengan kata-kata. Sama sekali tidak menyenangkan, "kenangnya. "Itu traumatis untuk dilalui. Saya hanya ingat berpikir, 'Saya tidak akan melakukan itu lagi, dengan tato mata. Saya pasti tidak akan melakukan itu lagi."

3 dari 4 halaman

Kesalahan Prosedur

Penggemar modifikasi tubuh meninggalkan rumah sakit dalam masa rehabilitasi, tetapi menyesali keputusannya untuk menato bagian putih matanya. "Saya agak pulih - di luar, sudah pulih. Itu hanya di dalam. Saya pada dasarnya hampir buta, ”katanya.

“Jika saya bisa kembali ke masa lalu, saya akan membuat satu [tato mata] hitam dan meninggalkannya. Saya akan melakukan satu hitam. Sangat." ia menambahkan.

Terlepas dari pandangan yang suram, Peterson tetap positif dalam menghadapi komentar negatif yang diterimanya secara online. "Saya memberi tahu putri saya untuk tidak peduli dengan pendapat orang lain karena mereka hanya orang biasa seperti Anda," katanya.

"Anda memiliki komentar positif dan komentar negatif, tetapi komentar negatif selalu membayangi komentar positif," sebutnya lagi.

Menurut pengakuan Peterson, menato bola mata seharusnya tidak menyebabkan kebutaan jika dilakukan dengan prosedur benar. "Sayangnya, artist yang melakukannya masuk terlalu dalam ke bola mata saya," katanya sebelumnya kepada Daily Star ketika dia kehilangan penglihatannya selama tiga minggu. 

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Tato

Mengutip dari kanal Hot Liputan6.com, Kamis, 15 September 2022, cara menghilangkan tato tidak hanya bisa dilakukan dengan medis, namun juga secara alami. Tato merupakan gambar permanen yang ada di tubuh dan dibuat karena alasan budaya, pribadi atau hanya menyukai desain dari gambar tato yang diinginkan.

Namun tidak jarang seseorang merasa menyesal dengan tato yang dibuat dan ingin menghapusnya. Alasan untuk menghapus tato pun beragam, tergantung situasi dan kondisi dari pemilik tato. Merupakan suatu hal yang permanen, cara menghilangkan tato membutuhkan tahapan yang cukup memakan waktu dan energi.

Cara menghilangkan tato secara medis misalnya, walaupun lebih cepat namun akan ada efek samping yang mungkin terjadi seperti menimbulkan bekas luka yang tidak mudah hilang. Sedangkan cara menghilangkan tato secara alami akan lebih aman, namun membutuhkan waktu dan kesabaran yang lebih banyak.

1. Operasi Laser

Cara menghilangkan tato yang pertama adalah dengan melalui operasi laser. Laser sejauh ini merupakan cara paling umum untuk menghilangkan tato, meskipun metode ini juga sangat mahal dan menyakitkan. Dalam metode ini, penekanan lebih diberikan pada penghilangan tinta daripada menghilangkan lapisan kulit.

Melalui metode ini, warna pigmen tinta dipecah dengan memaparkannya ke sinar cahaya berintensitas tinggi. Tato yang telah diberi tinta hitam lebih mudah dihilangkan daripada tato yang memiliki banyak warna. Pasif dan Aktif adalah dua jenis metode laser untuk menghilangkan tato.

2. Metode Cahaya Berdenyut Intens

Spektrum luas cahaya yang digunakan dalam metode menghilangkan tato dengan membantu menghilangkan epidermis melalui proses memecah pigmen warna seperti dalam kasus laser. Seiring waktu, area tersebut akan sembuh dan memberi jalan pada lapisan kulit baru melalui regenerasi kulit.

Bagian terbaik tentang metode ini adalah sangat efektif dalam menghilangkan tato dan tidak terlalu menyakitkan, tidak seperti terapi laser. Namun, itu tidak bekerja dengan baik pada orang dengan warna kulit gelap dan juga lebih mahal daripada metode penghapusan laser.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS