Sukses

Edisi Prewedding Kaesang dan Erina Berlatar Mercusuar, Jalan dari Jam 3 Pagi demi Sampai Lokasi

Liputan6.com, Jakarta - Edisi foto prewedding Kaesang Pangarep dan Erina Gudono masih belum selesai. Pasangan asal Solo dan Yogyakarta itu kembali mengunggah potret berdua yang kali ini diambil di sebuah pantai dengan mercusuar sebagai latar belakang.

Bukan dalam balutan busana tradisional, Kaesang dan Erina saat itu memilih busana modern untuk sesi foto luar ruang tersebut. Erina mengenakan gaun berwarna champagne berkerah sabrina dengan rok lebar yang didesain oleh Tommy Pancamurti, sedangkan anak bungsu Presiden Joko Widodo itu mengenakan setelan jas warna senada.

Ada sekitar delapan foto prewedding yang mengambil setting lokasi tersebut. Lewat unggahannya, Erina mengungkapkan bahwa perjuangannya menuju lokasi pemotretan itu tak mudah.

"Perjuangan ke sini itu luar biasa banget. Karena siap siap jam 3 pagi subuh berangkat, jalan semua lagu ditutup, nyari puteran jauuuuh banget. Sampe sana banyak lalat dan serangga, hujan deres pula jadi penuh berlumpur," tulis Erina di akun Instagram pribadinya, Sabtu, 3 Desember 2022. Unggahan itu ditimpali Kaesang dengan mengaku ia baru bangun jam 02.55 pagi untuk perjalanan tersebut.

Walau tak mudah, Erina menyebut momen tersebut membuat perjalanan jadi bermakna. Ia juga senang karena hasil fotonya luar biasa. 

"Terima kasih calon suamiku yang selalu excited support dan akomodatif, serta tim yang luar biasa semangat bikin suasana selalu bahagia. What a meaningful experience I will cherish for life," sambung Erina.

Warganet pun sibuk menerka lokasi pengambilan foto. Dari sekian banyak tebakan, mayoritas menyebut foto itu diambil di Pantai Pandansari, Bantul, Yogyakarta. Penandanya adalah mercusuar yang ada di foto.

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Lokasi Mercusuar

Dikutip dari laman Visiting Jogja, Senin (5/12/2022), Pantai Pandansari termasuk salah satu pantai unik di Kabupaten Bantul. Tempat itu berada di Desa Patehan.

Pantar tersebut memperlihatkan pemandangan laut dengan air jernihnya, tetapi pengunjung tidak akan menemukan hamparan pasir seperti di pantai lainnya. Mereka justru akan disambut dengan deretan pohon cemara laut yang berdiri menjulang seperti pagar penjaga. Jenis pohon tersebut akan meranggas di musim kemarau dan menyisakan batang-batangnya saja.

Di pantai itu juga terdapat mercuruar yang berfungsi sebagai penerang bagi pelaut saat malam. Masih dioperasikan seperti biasa, mercusuar itu juga boleh dikunjungi wisatawan untuk menikmati pemandangan.

Pengunjung bisa mendaki mercusuar tersebut dengan menapaki anak-anak tangga yang tersusun melingkar. Wisatawan wajib memiliki nyali untuk mendaki karena mercusuar itu sangat tinggi. Pengunjung hanya boleh mendaki dalam keadaan sehat dengan fisik yang kuat sebab pendakian sangat melelahkan.

Pengunjung diminta menggunakan alas kaki yang memadai agar tidak terpeleset. Saran ini penting untuk diperhatikan sebab anak-anak tangga yang terbuat dari besi itu sudah cukup berkarat. Sesampainya di atas puncak mercusuar, perjuangan mendaki akan terbayar dengan pemandangan garis pantai yang sangat keren.

3 dari 4 halaman

99 Persen

Pada Minggu, 4 Desember 2022, Presiden Jokowi mengikuti rapat terakhir persiapan pernikahan anak ketiganya, Kaesang Pangarep dengan Erina S. Gudono di Ndalem Wuryoningratan di komplek House of Danar Hadi Solo. Berdasarkan hasil rapat tersebut, Jokowi menyatakan persiapan untuk prosesi pernikahan telah siap dilakukan.

Jokowi menghadiri rapat didampingi Ibu Negara Iriana Jokowi dan kedua cucunya, Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah. Sedangkan, Wali Kota Solo yang juga putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka datang terlambat dalam rapat persiapan akhir tersebut.

Selain Presiden Jokowi, rapat itu juga dihadiri Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjiatan, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo. Rapat tersebut berlangsung lebih dari dua jam.

Usai mengikuti rapat tersebut, Presiden Jokowi pun membeberkan hasilnya. Mantan Wali Kota Solo itu mengungkapkan jika semua persiapan untuk prosesi pernikahan putra bungsunya, Kaesang dengan Erina Gudono telah siap.

"Persiapannya sudah 99 persen. Alhamdulillah, semuanya dipersiapkan dengan baik," kata dia kepada wartawan di resto The Soga Eatery yang terletak di sebelah timur Ndalem Wuryoningratan, dikutip dari kanal News Liputan6.com.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Jokowi mengatakan, berdasarkan hasil rapat terakhir, persiapan untuk prosesi akad nikah di Yogyakarta pada Sabtu, 10 Desember 2022, telah final. Setelah dari Yogyakarta, selang sehari berikutnya akan digelar tasyakuran resepsi pernikahan yang diadakan di Solo pada Minggu, 11 Desember 2022.

"Keberangkatan untuk kirabnya dari Loji Gandrung ke Mangkunegaran. Nanti tasyakuran (Mangkunegaran) akan diadakan tanggal 11 Desember pagi sampai malam," sebutnya. Kedua mempelai bakal dikirab dengan kereta kencana menuju Pura Mangkunegaran. Di istana kadipaten tersebut, akan dilakukan prosesi tasyakuran atau resepsi pernikahan yang bakal dihadiri ribuan tamu undangan.

Selain dihadiri keluarga Presiden Jokowi dan pejabat tinggi negara, juga hadir sejumlah vendor yang ditunjuk untuk menangani prosesi pernikahan Kaesang dan Erina baik yang di Yogyakarta maupun di Solo turut menghadiri rapat tersebut. Dikutip dari Antara, sebanyak 2.188 personel dari jajaran Polda Jawa Tengah disiagakan untuk mengamankan acara pernikahan ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Pura Mangkunegaran Surakarta, pada 11 Desember 2022.

"Aparat keamanan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Soloraya mulai dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri," kata Kepala Polda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Solo, Sabtu, 3 Desember 2022.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS