Sukses

MAMA 2022, IVE hingga Le Sserafim Raih Pendatang Baru Favorit

Liputan6.com, Jakarta - Mnet Asia Music Awards atau yang biasa disebut MAMA 2022 kembali digelar dengan kehadiran sederet artis K-Pop serta bintang drama populer. Gelaran tahun ini berlangsung di Kyocera Dome di Osaka, Jepang pada 29 dan 30 November 2022.

Dengan Jeon Somi sebagai MC, acara tahun ini akan diadakan selama dua malam, dengan lebih banyak penghargaan dan pertunjukan yang berlangsung di hari kedua. Bersamaan pemberian penghargaan kepada musisi Korea Selatan yang paling sukses, Mnet juga membawakan beberapa panggung kolaborasi paling berkesan untuk MAMA 2022 atau edisi ke-24 mereka. 

Hyolyn dan Bibi membakar panggung dengan penampilan spesial mereka dari lagu LAW. Anggota girl group IVE, New Jeans, Le Sserafim, Nmixx, dan Kep1er yang sedang naik daun berpartisipasi dalam lagu-lagu hit satu sama lain yang memberi para penggemar serangkaian koreografi bergaya yang belum pernah terlihat sebelumnya.

Mengutip dari Soompi, Selasa (29/11/2022), hanya satu Daesang (Hadiah Utama) yang diberikan pada Hari pertama yaitu Yogibo Worldwide Icon of the Year yang jatuh ke tangan BTS selama lima tahun berturut-turut. Sementara itu, penghargaan baru untuk Artis Pendatang Baru Terfavorit diberikan kepada empat grup berbeda yaitu IVE, NMIXX, LE SSERAFIM, dan Kep1er. Terakhir, ke-10 penghargaan Worldwide Fans' Choice (Bonsang) tahun ini juga dibagikan tadi malam. Berikut daftar pemenangnya:

Ikon Tahun Ini Yogibo Worldwide: BTS

Pilihan Penggemar Seluruh Dunia (Bonsang): BLACKPINK, BTS, ENHYPEN, GOT7, NCT DREAM, PSY, SEVENTEEN, Stray Kids, TREASURE, TXT

Artis Baru Favorit: IVE, LE SSERAFIM, NMIXX, Kep1er

Artis Santai Yogibo: Stray Kids

Artis Asia Favorit: JO1

Selamat kepada para pemenang! Nantikan daftar pemenang besok dari Hari 2.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Artis yang Tampil

Sebelum perhelatan, Mnet MAMA Awards telah mengeluarkan daftar artis dan grup dari Korea ataupun Jepang untuk tampil di atas panggung.

Stray Kids, TXT, JO1, Kep1er, HYOLYN, BIBI, Forestella, NMIXX, LE SSERAFIM, Street Man Fighter, KARA, dan DKZ termasuk sebagai nama-nama grup yang akan tampil pada hari pertama acara.

Sementara itu, untuk hari kedua akan ada penampilan dari TREASURE, ENHYPEN, IVE, ITZY, Zico, Lim Young Woong, (G)I-DLE, NiziU, dan NewJeans. Berdasarkan daftar ini terdapat sekitar 22 artis dan grup yang akan hadir dalam acara.

Di samping daftar lineup tersebut, Mnet juga turut mengumumkan daftar grup yang akan melakukan kolaborasi spesial. Salah satunya adalah kolaborasi dari lima girl group generasi keempat terpopuler, yaitu IVE, Kep1er, NMIXX, LE SSERAFIM, dan NewJeans.

Girl group IVE debut akhir tahun 2021 dengan jumlah member enam orang di bawah agensi Starship Entertainment. Mereka membawakan lagu berjudul "Eleven" sebagai lagu debutnya.

Selanjutnya, Kep1er melakukan debut sebulan setelah IVE, tepatnya pada awal Januari 2022. Beranggotakan sembilan member yang memiliki warganegara berbeda-beda, mereka debut membawakan lagu "WA DA DA".

NMIXX pun melakukan debutnya pada awal tahun 2022. Di bawah naungan agensi JYP Entertainment, mereka membawakan dua lagu berjudul "O.O" dan "TANK". LE SSERAFIM menyusul setelahnya, pada Mei 2022 dan debut dengan lagu "Fearless".

 

3 dari 4 halaman

Kolaborasi Lain

Kolaborasi (G)I-DLE dengan rock band Jaurim termasuk yang ditunggu. Girl group yang belum lama ini melakukan comeback dengan single "Nxde" ini turut melakukan kolaborasi di atas panggung bersama rock band, Jaurim.

Belum diketahui penampilan seperti apa yang akan mereka bawakan. Namun, pastinya seluruh penggemar K-Pop tidak sabar menunggu pertunjukkan dari girl group pembawa lagu "TOMBOY" ini.

Jaurim sendiri merupakan rock band asal Korea Selatan. Lagu-lagu mereka kerap mengusung konsep rock, alternatif, sampai modern rock. Album pertama mereka dirilis pada 1997 dengan judul Purple Heart.

Selanjutnya ada unit 3RACHA Stray kids dengan Tiger JK dan Jung Jae Il. Nama Jung Jae Il dikenal sebagai seorang produser musik. Kemampuannya dalam memproduksi musik terbukti saat dirinya membuat soundtrack untuk film Parasite, Okja, dan Squid Game.

Unit 3RACHA yang dengan anggota Bang Chan, Changbin, dan HAN Stray Kids terkenal untuk keahlian mereka membawakan lagu-lagu genre hip-hop. Kolaborasi 3RACHA bersama dengan legenda hip-hop Tiger JK turut menjadi penampilan yang paling ditunggu para penggemarnya.

4 dari 4 halaman

Presenter MAMA 2022

Mengutip dari kanal Shohwiz Liputan6.com, Jumat, 25 November 2022, presenter yang membawakan acara MAMA 2022 antara lain deretan aktor dan aktris seperti Kim So Hyun, Im Siwan, Yeo Jin Goo, Moon Ga Young, Lee Jae Wook, Jung Woo Sung, Hwang Jung Min. Hwang Minhyun akan bertindak sebagai pembaca pemenang di perhelatan yang berlangsung di Jepang selama dua hari ini.

Selain itu akan hadir pula Han Sun Hwa, Ahn So Hee, Woo Do Hwan, Kang Han Na, Seo Ji Hye, Kim Dong Wook, Park Sung Hoon, Joo Jong Hyuk, dan Nam Yoon Su sebagai presenter.

Tak hanya dari kalangan artis, atlet Kim Yuna, Park Se Ri dan Kwak Yoon Gy juga akan hadir sebagai presenter. Berikut juga bintang tayangan TV Korea seperti Gabee dan Aiki dari Street Woman Fighter, serta Kim Hae Joon dan Lee Eun Ji dari Comedy Big League. Sementara itu dua artis Jepang juga terlibat sebagai presenter MAMA Awards 2022, yakni Imada Mio dan Sakaguchi Kentaro.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS