Sukses

Viral Video Penyelundup di Pesawat, Buat Penerbangan Tertunda 2 Jam

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video viral diunggahan di TikTok @sunny.and.golden memperlihatkan sepasang kekasih memaksa masuk ke dalam pesawat Frontier Airlines tanpa boarding pass yang jelas. Pasangan tersebut terlihat sedang meneriaki awak kabin yang memberi tahu bahwa pesawat tidak akan bisa lepas landas kecuali mereka juga turun dari pesawat. 

Dikutip dari NYPOST, Selasa (29/11/2022), pasangan itu diduga menyelinap ke pesawat tujuan Denver, Colorado untuk menghindari membayar biaya tambahan bagasi, kemudian menolak meninggalkan penerbangan tujuan Dallas di tengah kesibukan perjalanan Thanksgiving. Diketahui pasangan tersebut kabur dari petugas penjaga tiket dan tidak memindainya.

Tampak dalam video yang berjudul "Bagaimana Perjalananku dengan Frontier Airlines Berjalan Semalam" para penumpang lain tidak setuju dengan perbuatan pasangan tersebut dan meneriaki mereka untuk segera keluar dari pesawat. Tidak lama kemudian polisi bandara yang bertugas datang menghampiri pasangan tersebut dan salah satu dari pasangan, yang memakai jaket abu-abu terlihat menunjukkan ponselnya kepada polisi. 

Pada video ini, pengunggah juga menyebutkan kekecewaan saat menaiki maskapai penerbangan tersebut. "Tidak akan pernah naik Frontier lagi... kenapa ibu memesankan kami tiket pesawat ini?," keluhnya.

Setelah akhirnya polisi mengawal pasangan tersebut untuk ditindaklanjuti, pesawat akhirnya lepas landas dua jam kemudian. Video ini viral kemudian diunggah ke beberapa platform lain, seperti reddit.com dan masuk dalam portal berita daring lainnya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kronologi Kejadian

Adapun kronoligi kejadian, diceritakan baha emua penumpang lainnya kemudian diminta untuk meninggalkan pesawat. Lantaran agar pihak keamanan dapat menghadapi para pelanggar aturan yang lantang.

Pasangan ini kabur dan melewatkan pemeriksaan tas, pemindaian boarding pass dan menolak untuk turun dari pesawat. "Polisi datang setelah kami turun dari pesawat dan mengawal mereka pergi. Mereka masuk dalam daftar larangan terbang," keterangan di video.

Rekaman yang menegangkan akibat gangguan tersebut menunjukkan seorang karyawan maskapai memberi tahu pasangan pelanggar ini untuk keluar dari pesawat saat itu juga. Salah satu dari pasangan tersebut kemudian menjawab, bahwa mereka lelah karena sudah terbang selama 20 jam. 

"Kami membayar tiket kami seperti kalian semua. Kami membayar seperti kalian semua. Saya tidak akan turun dari pesawat,” ujar pemuda bertopi merah. 

Video tersebut diunggah kembali di Instagram @nikki__le setekah sebelumnya sempat dihapus oleh TikTok karena diduga mengandung kekerasan dan pelecehan. Pasangan tersebut dikabarkan masuk daftar hitam untuk larangan terbang. 

Daftar larangan terbang adalah daftar orang yang dilarang naik pesawat komersial untuk bepergian. Dalam hal ini, maskapai penerbangan Frontier Airlines masih belum memberikan keterangan hingga saat ini.  

3 dari 4 halaman

Pegawai Dapat Hukuman

Selain penumpang yang masuk daftar larangan terbang, pegawai maskapai penerbangan juga mendapatkan sanksi karena telah melakukan kecurangan. Dalam cerita yang diunggah di akun Instagran miliknya, untuk situasi di pengecekan bagasi terdapat tiga orang karyawan di Denver dipecat dari pekerjaaanya karena tidak mengikuti protokol yang berlaku di bandara.

Sementara untuk penjaga pintu masuk pesawat dikenakan denda sebanyak 10 dolar atau sebanyak Rp157 ribu rupiah per tas per penerbangan. Akun Instagram itu juga menambahkan "Mungkin ini tidak berlaku di negara kalian, tapi kalau di Denver ini berlaku, jadi berhati-hatilah," tulisnya pada cerita. 

Dirinya juga menuliskan jangan terbang menggunakan Frontier Airlines kecuali tas yang anda bawa sesuai kapasitas. Pegawai maskapai penerbangan akan kembali memastikan untuk semua penumpang dan memberikan biaya tambahan jika melewati dari batas bagasi. Hal ini sudah dipastikan para pegawai menghimbau bahwa penumpang tidak bisa berbuat curang dengan mendorong koper tersebut. 

 

4 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang disukai 1.127 kali dan mendapatkan 863 komentar ini tentu saja mengundang perhatian pada warganet. Beberapa warganet juga mengungkapkan kekesalannya pada pasangan tersebut. 

"Ini bahkan tidak masuk akal. Anda tidak bisa melewatkan proses naik pesawat. Itu bagian dari proses keamanan untuk maskapai (setiap maskapai). Jadi tidak masalah maskapai apa itu. Anda harus memindai boarding pass Anda. Ini bukan hanya untuk alasan keamanan tetapi untuk mengidentifikasi setiap tamu secara individual jika seseorang harus terjadi," ujar akun @_Kaynicole_ 

"Menurut saya ini memang terjadi di kota anda, Saya telah terbang dari Austin ke Vegas dan kembali setidaknya 20 kali dengan NOL masalah dengan Frontier," pada salah satu akun. 

"Jika Anda tidak dapat mengikuti instruksi, Anda harus turun dari pesawat. Kami tidak ingin penumpang yang bertingkah seperti orang bodoh di udara jadi selamat tinggal," tulis akun @susystew101. 

"Aaaaaaah, karena capek berarti merasa berhak dan tidak harus mengikuti aturan ????," @estee_may2.0 yang disukai 45 oleh warganet lain. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS