Sukses

Iriana Eksis Berkebaya Putih dan Sandal Hermes Saat Dampingi Jokowi ke Kamboja

Presiden Jokowi ditemani Iriana datang ke Kamboja untuk menghadiri KTT ASEAN ke-40.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai ibu negara, penampilan Iriana Jokowi mencerminkan Indonesia. Karena itu, busana yang dikenakan dipilih secara hati-hati, termasuk saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) melawat ke Kamboja untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40. dan ke-41.

"Dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, sore ini saya bertolak menuju Kamboja, untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-40 dan ke-41 serta KTT terkait lainnya. Pada acara yang digelar 10-13 November 2022 di kota Phnom Penh ini, saya akan menghadiri lebih 20 pertemuan. Cukup banyak ya," tulis Jokowi di Instagram resminya pada Rabu, 9 November 2022.

Iriana terlihat mengenakan kebaya putih sebagai busana nasional Indonesia. Ia memadukannya dengan kerudung pink, selendang, dan kain batik bermotif parang dengan warna sogan. 

Tak lupa, ibunda Kaesang Pangarep itu menenteng tas hitam kecil dan kipas batik. Di antara produk-produk lokal, Iriana juga menyelipkan merek internasional dalam penampilan keseluruhannya. Ia memakai sepasang sandal hitam berhak pendek keluaran Hermes.

Mengutip laman resmi Hermes, sandal Oasis tersebut terbuat dari kulit kambing yang dibuat di Italia. Harganya ditawarkan 880 dolar AS atau hampir Rp14 juta sepasang.

Sandal itu sebenarnya sudah pernah dipakai Iriana saat menghadiri upacara kemerdekaan HUT ke-77 RI, pada Rabu, 17 Agustus 2022. Saat itu, ia memadukannya dengan baju adat Buton, Dolomani, yang berwarna biru terang.

Dengan aksesori kepala yang cukup besar dan indah, penampilan ibu negara langsung mencuri perhatian. Perpaduan warna biru dan emas yang ada dalam busananya membuat penampilan perempuan asal Solo ini tampak berkelas dan mewah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Disambut Musik Angklung

Jokowi dan Iriana tiba di Bandara Internasional Phnom Penh, Kamboja, sekitar pukul 19.30, waktu setempat, kemarin malam, setelah menempuh penerbangan selama 3,5 jam dari Bali. Mereka lalu disambut dengan atraksi musik angklung saat tiba di hotel.

"Oleh 15 anak Indonesia. Lagunya Ojo Dibandingke dan Gundul Pacul," terang Jokowi dalam unggahan berbeda.

Keduanya direncanakan kembali ke Tanah Air pada Minggu malam, 13 November 2022. Mereka akan langsung ke Bali untuk segera melanjutkan kegiatan terkait G20.

Sementara Iriana punya agenda lain, Jokowi menyampaikan bahwa acara KTT ASEAN itu akan berlangsung pada 10--13 November 2022. Selama di sana, ia akan mengikuti setidaknya 20 pertemuan dan kegiatan, ditambah empat pertemuan bilateral.

"Saya mengawali agenda kerja di Phnom Penh dengan melakukan audiensi dengan Raja Kamboja, Yang Mulia Norodom Sihamoni di Istana Kerajaan Kamboja. Setelah itu, saya menghadiri pertemuan para pemimpin ASEAN dengan perwakilan ASEAN Inter-Parliament Assembly (AIPA), pertemuan dengan Presiden Asian Development Bank (ADB), pertemuan dengan perwakilan pemuda ASEAN, dan pertemuan dengan perwakilan dari ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC)," jelas Jokowi lewat akun Instagramnya.

 

3 dari 4 halaman

Sepatu Chanel

Di sisi lain, itu bukan satu-satunya koleksi alas kaki mewah pertama yang dipakai Iriana saat menghadiri acara kenegaraan. Ia pernah kedapatan memakai mules heels rilisan rumah mode mewah Prancis, Chanel, saat melawat ke China dan Jepang, pada Juli 2022. Ini sepertinya jadi item fashion favoritnya untuk dipakai ke acara-acara resmi, sebagaimana terlihat dari momen-momen sebelumnya.

Alas kaki tersebut telah terlihat di perayaan HUT Kemerdekaan RI dari tahun ke tahun. Tercatat bahwa sepatu hak tinggi ini telah dipakai Iriana dalam tiga tahun berturut-turut gelaran Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, yakni pada 2019, 2020, dan 2021.

Series Chanel Runway Black Leather Slides Mules Heels Shoes Pearl ini, melansir 5inchandup, pertama kali dirilis di Chanel Metiers d'Art 2015/16 Runway, Desember 2015. Kehadirannya segera jadi buah bibir karena, menurut mendiang desainer Karl Lagerfeld, ini adalah "sepatu mules pertama yang layak untuk rumah mode."

4 dari 4 halaman

Sidang Tahunan MPR

Penampilan berbeda juga ditunjukkan Iriana saat mendampingi Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR pada 16 Agustus 2022. Ia saat itu  mengenakan baju kurung pink terang lengkap dengan selendang yang disematkan di bahu kiri. Atasan itu dipadukan dengan kain batik sogan yang anggun.

Sekretaris Pribadi Presiden (Sespri) Presiden Anggit Nugroho melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Selasa (16/8/2022) pagi, menyampaikan ibu negara menyiapkan sendiri busana yang dikenakannya. Ia merancang desain, pemilihan bahan, sampai baju siap pakai.

Merah muda bukan warna yang sering dipilih Iriana saat tampil di depan publik. Menurut laman bourncreative.com, warna pink bisa diartikan sebagai manis, baik, ceria, romantis, feminin, imut, dan kelembutan. Warna pink juga menjadi warna universal perlambang cinta, baik pada diri sendiri maupun orang lain. 

Tampilan Iriana dilengkapi dengan tas tangan mungil warna hitam berdetail rumbai. Tak diketahui merek tas mungil itu, tetapi yang pasti tas tersebut juga dibawanya saat mendampingi Jokowi melawat ke China, Jepang, dan Korea Selatan pada akhir Juli 2022.

Sebagai penyempurna, Iriana mengenakan pump shoes berhak runcing dengan detail mutiara. Sepatu keluaran rumah mode Chanel itu merupakan koleksi lama yang tidak lagi dijual di laman resmi brand tersebut. Menurut akun pinterest Chanel, sepatu itu berharga Rp13,6 juta. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.