Sukses

3 Resep Bubur Khas Indonesia, Kampiun hingga Manado untuk Kudapan

Resep bubur khas Indonesia berikut bisa menjadi pilihan menu untuk sarapan, makan malam hingga kudapan.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia kaya akan wisata kuliner, salah satunya resep kali ini pun mengambil aneka bubur khas Indonesia. Mulai dari bubur kampiun asli Sumatera Barat hingga bubur Manado yang menambahkan sayuran di dalamnya.

Berbagai jenis bubur ini bisa dinikmati sarapan, untuk makan malam bahkan sebagai kudapan. Langsung saja coba buat resep bubur yang pertama yaitu bubur kampiun asli Padang, inspirasinya diambil dari situs berbagi Cookpad oleh akun @Dapur_Salma. 

Bahan-bahan:

Bahan lopis:

125 gram beras ketan

1/4 sdt garam

Air untuk merendam & merebus

Daun pisang & tusuk gigi

Bahan bubur kacang hijau:

250 gram kacang hijau 

5 sdm gula pasir

1/4 sdt garam

1 lembar daun pandan

750 ml air

Bahan bubur sumsum:

50 gram tepung beras

500 ml santan

Secukupnya pasta pandan

1/4 sdt garam

1 lembar daun pandan

Bahan bubur mutiara:

1 bungkus mutiara (70 gr)

500 ml air

50 gram gula pasir

1/4 sdt garam

1 lembar daun pandan

Kuah kinca:

250 gram gula merah

50 gram gula pasir

250 ml air

Sejumput garam

1 lembar daun pandan

1 sdm maizena dilarutkan 4 sdm air

Cara Pembuatan:

1. Membuat lupis, siapkan beras ketan. Cuci bersih dan rendam minimal 1 jam. (rendam semalaman). Tiriskan beras ketan, beri garam dan aduk rata. Potong daun pisang dengan lebar sekitar 8 cm. Lipat segitiga.  Beri isian beras ketan dan sematkan dengan tusuk gigi. Rebus dengan metode 5.30.7. Tiriskan. 

2. Membuat bubur kacang hijau: cuci bersih kacang hijau. Masak dengan metode 5.30.7. Masukkan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak kembali sekitar 5 menit.

3. Membuat bubur sumsum: aduk rata tepung beras dengan santan dalam panci. Tambahkan garam, daun pandan dan pasta pandan. Lalu aduk rata kembali. Masak hingga mengental.

4. Membuat bubur mutiara: masak dengan metode 5.30.7. Masukkan gula pasir, garam dan daun pandan. Masak kembali hingga mengental.

5. Membuat kuah kinca: masukkan semua bahan dalam panci, kecuali larutan maizena. Masak hingga gula larut. Tambahkan larutan maizena dan aduk rata.

6. Siapkan mangkuk saji. Beri dua potong lupis, bubur kacang hijau, bubur sumsum dan bubur sagu mutiara. Tambahkan kuah kinca secukupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bubur Manado

Berikutnya untuk bubur Manado, resep berikutnya inspirasinya didapat dari akun @dapurVY di Cookpad. Langsung saja siapkan bahan dan praktik memasaknya.

Bahan-bahan:

1 cup Beras (cup dr bawaan magicom)

1250 ml Air

1 buah Jagung manis, sisir

1 buah Ubi kuning/singkong, potong dadu

5 batang Serai, geprek

1/2 sdt Garam

1 sdt Kaldu bubuk

1 ikat Bayam/kangkung, petik daunnya, rajang kasar

2 batang Daun bawang, rajang halus

1 lembar Daun kunyit

200 gram Labu kuning

1 sdm Minyak

3 siung Bawang putih, cincang halus

Secukupnya Merica bubuk

1 mangkuk Daun kemangi 

Pelengkap:

Secukupnya Ikan asin /teri nasi goreng dan secukupnya sambal terasi.

Cara Pembuatan:

1. Siapkan bahan, supaya lebih cepat memasaknya beras dimasak dl dg magicom, atau bisa jg dg nasi sisa yg msh bagus.

2. Kukus labu kuning sebentar saja sampai empuk (disarankan pakai labu kabocha), potong dadu sebagian, sisanya haluskan

3. Masak nasi, jagung manis, kentang, serai, dan 1 liter air sampai jadi bubur dan ubi/singkong/kentang empuk. Sambil nunggu rajang bayam/kangkung, daun bawang

4. Jika sudah jadi bubur masukkan sisa air (250 ml) dan garam, aduk rata. Masukkan bayam/kangkung, daun bawang, daun kunyit dan labu kuning, aduk rata, masak sampai sayuran matang.

5. Tumis bawang putih dan merica bubuk dengan 1 sdm minyak smp kuning kecoklatan, lalu tuang dengan minyaknya ke dalam bubur, aduk rata.

6. Terakhir masukkan daun kemangi, aduk sebentar, test rasa. Matikan api. Sajikan panas2 dg pelengkap ikan asin & sambal terasi. Ikan asin pilih yang berdaging supaya bisa disuwir atau bisa dengan teri nasi goreng sebagai taburan.

 

3 dari 3 halaman

Bubur Ayam Khas Cirebon

Selanjutnya resep bubur Cirebon didapat dari @Ishanana78 yang berbagi melalui Cookpad. Sangat mudah membuatnya, lantaran menggunakan rice cooker sehingga waktu memasak relatif cepat.

Bahan-bahan:

1/2 kg dada ayam

1/2 kg usus ayam

1/4 kg ati ampela

18 buah telur puyuh

minyak untuk menumis dan menggoreng 

1 L air untuk kuah ayam 

Bahan bubur:

2 cup beras

10 cup (sesuai dengan cup takaran berasnya) air bersih

1 btg serai

2 lbr daun salam

2 lbr daun jeruk

1 sdt garam

2 sdm minyak goreng

1 sdt kaldu jamur

Bumbu kuah ayam dan sate:

6 buah bawang merah

3 buah bawang putih

5 butir kemiri

1 sdt jintan

1 sdt ketumbar

2 lembar daun jeruk

2 lbr daun salam

2 ruas jari kunyit 

Garam secukupnya

1 sdt gula

Sambal:

13 buah cabe rawit

3 buah cabe keriting

Sejumput garam

Pelengkap:

Kerupuk bawang

Emping melinjo

Kacang kedelai goreng

Bawang merah goreng

Daun seledri

Cara Pembuatan:

1. Siapkan bahan bumbu. Cuci bersih beras lalu tambahkan air dan bumbu lainnya. Masak sambil sesekali di aduk agar matangnya rata dan untuk mengetahui apa perlu menambah air/tidak jika beras belum mengembang dengan baik. Goreng kunyit, bawang merah, bawang putih dan kemiri hingga matang. Lalu haluskan bersama bumbu sisanya. Tumis hingga harum dengan menambahkan serai geprek, daun jeruk dan daun salam. Bagi bumbu menjadi dua untuk sate dan kuah.

2. Rebus usus ayam, dan ati ampela dengan menambahkan daun jeruk, daun salam, jahe dan serai hingga matang lalu tiriskan. Rebus telur puyuh hingga cukup matang. Potong usus sekitar panjang 20 cm setelah agak dingin. Beri setengah bumbu tumis tadi lalu masukkan usus, ati ampela, dan telur puyuh.

3. Tambahkan sedikit air, masukkan 1sdt garam dan 1/2 sdt gula pasir. Koreksi rasanya. Masak hingga menyusut. Rebus cabe untuk sambal, lalu uleg dengan menambahkan garam.

4. Rebus ayam dengan setengah bumbu tumis tadi hingga ayam matang lalu goreng, setelah dingin suir-suir. Potong arti dan ampela yang sudah dingin memjadi 3/4 bagian. Lalu tusuk buat sate telur, usus dan ati ampela lalukan hingga habis.

5. Tata dengan piring/mangkok masukkan bubur, ayam suir, kacang kedelai goreng dan seledri tambahkan kerupuk dan emping melinjo. Sajikan bubur ayam selagi hangat dengan sambal dan sate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.