Sukses

Sosok Isabella Novaes Menin, Pemenang Miss Grand International 2022 yang Suka Sate Indonesia

Miss Grand International 2022 Isabella Novaes Menin mengaku memiliki darah ratu kecantikan dari keluarganya.

Liputan6.com, Jakarta - Adalah Isabella Novaes Menin, wakil Brasil pemenang Miss Grand International 2022. Di malam final yang berlangsung di Sentul International Convention Center, Kabupaten Bogor, Selasa, 25 Oktober 2022, Menin berhasil mengungguli finalis asal Thailand, Engfa Waraha, yang menyandang first runner-up, sementara second runner-up dinobatkan pada wakil Indonesia, Andina Julie.

Jadi, bagaimana sebenarnya sosok pemegang baru mahkota Miss Grand International ini? Mengutip The Teal Manggo, Rabu (26/10/2022), Menin lahir dan besar di Marilia, Brasil. Di situs web Miss Grand International, ia menulis, "Saya memiliki hasrat untuk merasakan budaya yang berbeda. Saya tidak pernah mengatakan tidak ketika diminta mencoba hidangan khas dari berbagai negara."

"Saya seorang pecinta makanan. Anda benar-benar dapat mengikuti Instagram makanan saya di @reveltaste untuk melihat bahwa saya mengatakan yang sebenarnya! Saya sangat menyukai Sate Indonesia. Makanan Indonesia apalagi yang kalian rekomendasikan untuk saya?" sambungnya.

Ia memiliki sejarah panjang dengan kontes kecantikan. Sebelum memenangkan gelar Miss Grand Brazil 2022, ia telah dimahkotai sebagai Miss Student of Marília dan Miss Teen International di tahun-tahun sebelumnya. "Bisa dikatakan bahwa kontes kecantikan ada di dalam pembuluh darah saya," katanya di situs web kontes kecantikan tersebut.

Menin menyambung, "Ibu dan bibi saya adalah ratu kecantikan juga, sementara nenek saya terpilih sebagai wanita tercantik di kota Marília. Saya sudah siap jadi ratu kecantikan sejak lahir!"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ungkapan Ibunda

Adriana Novaes, ibu Isabella Menin, adalah mantan pemenang Miss Marília. Berbicara tentang prestasi putrinya, Novaes mengatakan, "Sejak berusia tiga tahun, Isa telah mengikuti kontes kecantikan. Ia memiliki beberapa catatan mini-miss, memenangkan Teen International di Kosta Rika."

"Ia memenangkan Miss Goiás oleh supranasional. Isa juga dinobatkan sebagai Miss Teen Marília dan Teen São Paulo," imbuhnya. "Sejak putri saya lahir, saya telah memasukkannya ke dalam setiap kontes kecantikan."

"Sudah 26 tahun membangun mimpi ini. Itu adalah Tuhan yang melakukannya. Miss Grand International hari ini adalah yang terbesar di dunia," Novaes mengatakan.

Ia menambahkan bahwa seluruh warga Brasil bangga dengan putrinya. "Pesan terus berdatangan, permintaan wawancara. Ini gila. Sudah 51 tahun sejak Brasil memenangkan mahkota dalam kontes Miss World," katanya.

Menin merupakan perempuan keturunan Brasil dan Italia. Ia dapat berbicara bahasa Portugis, Spanyol, Inggris, Prancis, dan Italia. Pemenang kontes ini rupanya menyukai akting, menyanyi, dan fotografi. Ia juga mendirikan sebuah organisasi bernama Beyond Project yang mendukung asosiasi untuk penyandang disabilitas di Brasil.

3 dari 4 halaman

Pertanyaan Terakhir

Menin dimahkotai oleh Miss Grand International 2021, Nguyen Thuc Thuy Tien, dari Vietnam. Dari 68 kontestan yang berpartisipasi, 10 besar dipilih sebagai finalis, dan lima di antaranya dipilih untuk maju ke tingkat berikutnya.

Tahap terakhir adalah babak tanya jawab, dengan pembawa acara mengajukan pertanyaan yang sama pada kelima kontestan. Itu berbunyi, "Jika Anda memiliki kesempatan untuk mengirim pesan pada Presiden Rusia Vladimir Putin, pesan apa yang ingin Anda sampaikan?"

"Perang hanya akan membuat luka dan yang bisa kita lakukan adalah mulai mengambil tindakan nyata meski kecil, berdiplomasi dan saling memahami. Karena bersama-sama, perang dan luka akan hilang," jawab Menin, mengesankan para juri dan memenangkan gelar yang diidamkan.

Sementara, wakil Indonesia, Andina Julie awalnya lolos cepat ke babak 20 besar harus puas duduk sebagai second runner-up. Sebelumnya, Indonesia berhasil masuk daftar empat besar dalam kontes kostum nasional Miss Grand International 2022.

Kabar ini disampaikan melalui unggahan di akun resmi kontes kecantikan tersebut pada Minggu, 23 Oktober 2022. Sayang, perjalanannya harus terhenti karena tidak masuk dua besar kategori tersebut.

 

4 dari 4 halaman

Pentas Kostum Nasional

Bersama finalis lain, Andina Julie telah tampil di pentas Kostum Nasional Miss Grand International 2022. Acara ini terselenggara di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 20 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat, 21 Oktober 2022, terdapat lebih dari 60 kontestan memamerkan kostum nasional yang merepresentasikan budaya dan tradisi negara mereka. Di antaranya, Miss Grand Indonesia 2022 tampil menawan mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

Bertema "The Mystical Art of Reyog," kostum tersebut terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur. Adapun sosok di balik penciptaan kostum nasional yang spektakuler tersebut adalah desainer asal Bali, Inggi Indrayana Kendran, sementara rancangan dasarnya dibuat Grandeffyl.

Tampilan anggun nan gagah tercipta ketika Andina berbalut kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditampilkan lewat karakter Singa Barong, atau sebutan populernya Barongan.

Dalam legenda Reog, Barongan digambarkan melalui sosok singa raksasa yang ditakuti dengan bulu-bulu burung merak di atasnya. "Singa merepresentasikan Raja Majapahit, sementara bulu merak adalah ratunya, sebagaimana Reyog menceritakan kisah tentang perjuangan seorang pangeran yang ingin melamar putri cantik," terang Inggi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.