Sukses

Brasil Raih Gelar Miss Grand International 2022, Indonesia Masuk Top 3

Sebagai tuan rumah Miss Grand International 2022, Indonesia turut berbangga karena wakilnya telah berhasil menembus Top 3.

Liputan6.com, Jakarta - Gelar Miss Grand International 2022 akhirnya diraih oleh Brasil. Peserta dari Brasil, Isabella Menin berhak menyandang gelar Miss Grand International atau MGI 2022 dalam ajang yang berlangsung di di Sentul International Convention Center, Sentul, Kabupaten Bogor, Selasa (25/10/2022). Acara tersebut juga disiarkan secara live streaming di kanal Youtube ‘GrandTV’.

Sebagai tuan rumah MGI 2022, Indonesia turut berbangga karena wakilnya telah berhasil menembus Top 3 atau second runner-up.  Pada sesi menjawab pertanyaan, Andina Julie dengan bangga menjawab dengan bahasa Indonesia meski empat finalis lainnya menjawab dengan bahasa Indonesia. Dia tidak segan untuk meminta jasa penterjemah ke dalam bahasa Inggris.

Mereka yang masuk Top 5 diberikan pertanyaan untuk dijawab selama 60 detik. Pertanyaan itu adalah meminta pendapat mereka kalau mereka bisa menyampaikan pesan secara langsung pada Presiden Rusia Vladimir Putin, terkait dengan perang antara Ukraina dan Rusia.

"Perang hanya akan menciptakan luka dan yang bisa kita lakukan adalah mulai melakukan aksi nyata meski aksi itu kecil, lalu melakukan diplomasi dan saling mengerti. Karena kalau kita selalu bersama, perang dan luka akan hilang," jawab Miss Grand International Brasil.

Semua finalis pada intinya tidak menyetujui peperangan dan lebih memilih perdamaian.  Saat sesi pengumuman pemenang, pembawa acara membacakan nama-nama para pemenang, mulai dari urutan kelima alias juara 5 yaitu Republik Ceko dan disusul Venezuela sebagai juara keempat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pencapaian Membanggakan

Situasi itu membuat Top 3 MGI 2022 adalah Brasil, Indonesia dan Thailand. Dan pemenang juara 3 Miss Grand International adalah Indonesia.

Ini pencapaian yang cukup membanggakan bagi Julie setelah perjuangannya selama kurang lebih satu tahun bersama dengan Yayasan Dunia Mega Bintang. Setelah itu di panggung tinggal menyisakan wakil dari Brasil, Isabella Menin dan Engfa Waraha wakil dari Thailand.

Juri akhirnya memutuskan Brasil keluar sebagai juara pertama dan Thailand menjadi first runner up.  Selain itu, diumumkan juga pemanang untuk sesi gaun malam (night gown) yang ditampilkan dalam acara malam final tersebut. Pemenangnya adalah finalis dari Republik Ceko.

Wakil Indonesia, Andina Julie sebelumnya berhasil masuk Top 20 yang diumumkan tak lama setelah acara dimulai. Peserta lainnya yang masuk 20 Besar adalah dari Vietnam, Honduras, Nigeria, Denmark, Kamboja, UK, Filipina, Thailand, Spanyol, Republik Ceko, Republik Dominika, Meksiko, Paraguay, Kolombia, Peru, Curacao, Puerto Riko, Venezuela, dan Brasil.

3 dari 4 halaman

Top 20

Seleksi selanjutnya adalah Top 10. Sebelum diumumka siapa saja yang lolos, pembawa acara lebih dulu mengumumkan pemenang Miss Popular Vote atau peserta yang paling banyak mebdapatkan dukungan dari warganet.

Pemenangnya ternyata adalah Miss Grand Mauritius. Ia pun otomatis masuk 10 Besar. Dengan begitu, hanya ada sembilan dari 20 finalis yang akan bersaing masuk Top 10.

Mereka adalah finalis dari Republik Ceko, Puerto Riko, Thailand, Spanyol, Brasil, Kolombia, Venezuela, Kamboja dan Indonesia. Saat diumumkan berhasil masuk 10 Besar, Andina pun terlihat berjalan di panggung dengan penuh percaya diri sambil tersenyum ke arah penonton.

Sebelumnya, Indonesia berhasil masuk daftar empat terbaik dalam kontes kostum nasional Miss Grand International 2022. Kabar ini disampaikan melalui unggahan di akun resmi kontes kecantikan tersebut pada Minggu, 23 Oktober 2022.  Unggahan video singkat itu memperlihatkan keempat konstestan yang lolos berbalut kostum nasional dari negara masing-masing. Salah satunya, Miss Grand Indonesia, Andina Julie yang mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

4 dari 4 halaman

Kostum Nasional

"Berikut adalah hasil voting kostum nasional #TOP4 untuk (Putaran2), dengan total skor dari 2 channel, Instagram dan Facebook Miss Grand International, dengan urutan skor sebagai berikut: Miss Grand Vietnam, Miss Grand Thailand, Miss Grand Indonesia, Miss Grand India," bunyi keterangan unggahan itu.

Votes yang masuk dihitung pada 15.00 (waktu Jakarta) pada Minggu, 23 Oktober 2022. Pihak penyelenggara akan terus membuka voting di putaran ketiga untuk mendapatkan dua teratas untuk kontes kostum nasional.

Pemberian suara untuk mendukung perwakilan ini juga tetap akan dilakukan melalui dua channel, yakni Instagram dan Facebook Miss Grand International. "Namun, pemilih harus mengikuti Facebook dan Instagram MGI terlebih dahulu, jika tidak, suara mereka tidak akan dihitung," lanjut keterangan itu.

Pihak penyelenggara Miss International 2022 juga menyebut tahun ini mengadakan kontes kostum nasional, dengan satu vote dan satu seleksi dari juri. Pemenang pun diumumkan di malam grand final kontes kecantikan pada Selasa (25/10/2022).

Sayangnya, Indonesia tidak masuk dalam daftar pemenang. Empat peserta yang terpilih sebagai pemenang adalah dari Peru, Inggris Raya, Vietnam dan Thailand.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.