Sukses

Kostum Nasional Indonesia di Miss Grand International 2022 Masuk Daftar 10 Besar

Pemungutan suara untuk menjadikan kostum nasional Indonesia di Miss Grand International 2022 masuk empat besar akan segera dibuka.

Liputan6.com, Jakarta - Kostum nasional Indonesia di Miss Grand International 2022 masuk jajaran 10 besar. Ini sebagaimana tertera dalam unggahan di akun Instagram resmi kontes kecantikan tersebut, Sabtu (22/10/2022).

Dalam keterangannya tertulis, "Ini adalah hasil pemungutan suara untuk kostum nasional #TOP10 (Putaran1), total skor dari 2 kanal, Instagram dan Facebook Miss Grand International, dengan urutan skor sebagai berikut:"

1. Miss Grand Thailand

2. Miss Grand Vietnam

3. Miss Grand Indonesia

4. Miss Grand Kamboja

5. Miss Grand Brasil

6. Miss Grand Malaysia

7. Miss Grand Myanmar

8. Miss Grand India

9. Miss Grand Mozambik

10. Miss Grand Mauritius

Hasil pemungutan suara tercatat hingga pukul 11.59 (waktu Jakarta) pada 22 Oktober 2022.

"Kami akan segera membuka voting di #Round2 untuk menemukan empat besar Kostum Nasional. Pilih melalui dua saluran: Instagram dan Facebook Miss Grand International. Namun, pemilih harus mengikuti Facebook dan Instagram MGI terlebih dahulu, jika tidak, suara mereka tidak akan dihitung," mereka menyambung.

"Hasil dari 10 kostum nasional lain yang dipilih juri akan diumumkan kembali pada malam ini. JANGAN LEWATKAN!" tandas MGI.

Sebelumnya, wakil Indonesia Andina Julie telah tampil di pentas Kostum Nasional Miss Grand International 2022. Acara ini terselenggara di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat, Kamis, 20 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat, 21 Oktober 2022, terdapat lebih dari 60 kontestan memamerkan kostum nasional yang merepresentasikan budaya dan tradisi negara mereka. Di antaranya, Miss Grand Indonesia 2022 tampil menawan mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

The Mystical Art of Reyog

Kostum nasional Indonesia di ajang Miss Grand International 2022 mengusung tema "The Mystical Art of Reyog." Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Adapun sosok di balik penciptaan kostum nasional yang spektakuler tersebut adalah desainer asal Bali, Inggi Indrayana Kendran. Rancangan dasarnya dibuat Grandeffyl.

Tampilan anggun nan gagah tercipta ketika Andina berbalut kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditampilkan lewat karakter Singa Barong, atau sebutan populernya Barongan.

Dalam legenda Reog, Barongan digambarkan melalui sosok singa raksasa yang ditakuti dengan bulu-bulu burung merak di atasnya. "Singa merepresentasikan Raja Majapahit, sementara bulu merak adalah ratunya, sebagaimana Reyog menceritakan kisah tentang perjuangan seorang pangeran yang ingin melamar putri cantik," terang Inggi.

Tidak hanya desain yang spesial, Pendiri Yayasan Mega Bintang sekaligus Direktur Nasional Miss Grand International untuk Indonesia, Ivan Gunawan, menyebut masih ada suguhan spesial di balik kostum nasional Indonesia kali ini. "Yang membuat spesial karena Reog merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," katanya.

3 dari 4 halaman

Pendekatan Teknologi

Ivan berkata, "Kali ini, Indonesia mewujudkan Reyog jadi kostum nasional dengan pendekatan teknologi. Ini menandakan bahwa unsur budaya tradisional bisa dipadukan juga dengan kemajuan teknologi terkini."

Sedangkan Andina mengungkap rasa bangganya dapat membawa kostum Reog ke pentas kontes Miss Grand International 2022. "Aku bangga banget. Ini baru kali pertama aku berlaga di ajang semegah ini," terang Andina.

"Aku disandingkan dengan Miss Grand dari semua negara di dunia. Bagiku kompetisi ini enggak sekadar kompetisi, tapi juga ajang buat aku belajar dan membuka mataku tentang dunia," tambah perempuan berusia 21 tahun tersebut.

Sebelumnya, 68 finalis Miss Grand International 2022 telah unjuk kebolehan di ajang Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2023 di ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Jumat, 21 Oktober 2022. Ke-68 finalis yang biasa memperlihatkan rambut indahnya, dalam gelaran tersebut, semua mengenakan hijab dengan berbagai variasi.

Terlihat beberapa finalis mengenakan karya Ina Priyono bertajuk "Midori." Mereka mengenakan hijab yang divariasikan dengan ikat kepala atau tusukan rambut perempuan khas wanita Jepang. Dipadukan dengan busana hijau dan merah, tampilan mereka terlihat cerah dan cantik.

 

4 dari 4 halaman

Puncak Ajang Miss Grand International 2022

"It looks different. But i love, it's my first time," tutur Praachi Nagpal, Miss Grand Internasional India yang mengenakan karya milik Danila Nasution bertemakan "Mojokebaya X Torang Sitorus. "

Total karya delapan desainer Indonesia dibawakan seluruh finalis. Mereka adalah Monika Jufry, Ina Priyono, Rahma Ika, Danila nasution, Klamby, Ayu Dyah Andari X Batik Trusmi with Passion Jewellery, Irna La Perle Heritage, dan Fomalhaut Zamel.

Kemampuan para finalis membawakan busana tertutup itu dipuji salah satu desainer, Monika Jufry. Ia mengaku terkejut melihat para finalis Miss Grand International 2022 terkesan nyaman dan tampil sangat cantik mengenakan busana karyanya.

"Aku awalnya juga khawatir mereka tidak nyaman, keberatan atau apa. Tapi ternyata saat dipakaikan ke mereka, mereka nyaman, mereka bilang, 'Ini aku suka banget!' Gitu kata mereka," ungkap Monika.

Ajang Miss Grand International 2022 akan menuju puncaknya pada Selasa, 25 Oktober 2022. Sebelum memasuki babak final, acara prakontes dan serangkaian agenda Miss Grand International telah diadakan di Bali dan Jakarta pada 5--14 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.