Sukses

Miss Grand International 2022, Andina Julie Bawa Keindahan Kostum Nasional Reog Ponorogo

Wakil Indonesia Andina Julie telah tampil di pentas National Costume Miss Grand International 2022 pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Indonesia Andina Julie menjadi salah satu kontestan yang tampil di pentas National Costume Miss Grand International 2022. Acara ini terselenggara di Sentul International Convention Center (SICC) di Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 20 Oktober 2022.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com pada Jumat (21/10/2022), di panggung kompetisi National Costume Miss Grand International 2022, lebih dari 60 kontestan memamerkan kostum yang merepresentasikan budaya dan tradisi negara mereka masing-masing. Begitu pula dengan Miss Grand Indonesia 2022 yang tampil memukau mengenakan kostum nasional Reog Ponorogo.

Kostum nasional Indonesia sendiri mengusung tema "The Mystical Art of Reyog". Kostum tersebut terinspirasi dari keindahan dan aura mistis Reog Ponorogo, sebuah seni tari tradisional yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur.

Adapun sosok di balik penciptaan kostum nasional yang spektakuler tersebut adalah desainer asal Bali, Inggi Indrayana Kendran. Untuk rancangan dasarnya dibuat oleh Grandeffyl.

Tampilan anggun nan gagah tercipta ketika Andina berbalut kostum yang didominasi warna emas dan hitam tersebut. Simbol utama dari Reog Ponorogo ditampilkan lewat karakter Singa Barong atau sebutan populernya Barongan.

Dalam legenda Reog, Barongan digambarkan dengan sosok singa raksasa yang ditakuti dengan bulu-bulu burung merak di atasnya. "Singa merepresentasikan Raja Majapahit, sementara bulu merak adalah ratunya sebagaimana Reyog menceritakan kisah tentang perjuangan seorang pangeran yang ingin melamar putri cantik," terang Inggi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna Spesial

Tak hanya desain yang spesial, Pendiri Yayasan Mega Bintang sekaligus Direktur Nasional Miss Grand International untuk Indonesia, Ivan Gunawan menyebut masih ada suguhan spesial di balik kostum nasional Indonesia kali ini. "Yang membuat spesial, karena Reog merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah dikenal di mancanegara," katanya.

"Kali ini, Indonesia mewujudkan Reyog menjadi national costume dengan pendekatan teknologi. Ini menandakan bahwa unsur budaya tradisional bisa dipadukan juga dengan kemajuan teknologi terkini," tambah desainer yang akrab disapa Igun tersebut.

Sedangkan Andina mengungkapkan rasa bangganya dapat membawa kostum Reog di pentas kontes Miss Grand International 2022. "Aku bangga banget. Ini baru kali pertama aku berlaga di ajang semegah ini," terang Andina.

"Aku disandingkan dengan Miss Grand dari semua negara di dunia. Bagiku kompetisi ini enggak sekadar kompetisi, tapi juga ajang buat aku belajar dan membuka mataku tentang dunia," tambah perempuan berusia 21 tahun tersebut.

3 dari 4 halaman

Baju Adat Bali

Sebelumnya, para kontestan Miss Grand International 2022 juga tampil berbalut baju adat Bali. Acara tersebut diselenggarakan pada Selasa, 11 Oktober 2022 di Bali Agung Theater Bali Safari and Marine Park dengan pergelaran bertajuk "Bali Agung the Grand Show with Miss Grand International".

Destinasi wisata sekaligus lembaga konservasi tersebut fokus melestarikan beberapa satwa-satwa di dunia. Di Bali Safari Park, konservasi satwa menyatu padu dengan budaya khas Bali yang cukup kental.

Dalam unggahan di akun Instagram resmi Miss Grand International pada Selasa, 11 Oktober 2022, para kontestan dari berbagai negara terlihat mengenakan baju adat Bali seperti Payas Agung lengkap dengan prada (serupa stagen) dengan selendang yang disampirkan ke bahu. 

Ada pula yang memakai atasan bermotif batik. Untuk bawahan, ada terlihat memakai Payas Agung berupa songket khas Bali yang panjang hingga mata kaki dengan warna dan corak khas Bali. Untuk penataan rambut, hampir semua kontestan terlihat disanggul yang dihiasi mahkota yang terlihat mewah.

4 dari 4 halaman

Kompetisi Baju Olahraga

Ada pula kompetisi baju olahraga yang diselenggarakan di Bebek Tepi Sawah Bali pada Minggu, 9 Oktober 2022. Kompetisi baju olahraga ini adalah konsep baru menggantikan swimsuit.

Para kontestan mengenakan two pieces sportswear yang didominasi sentuhan biru. Dengan beragam tampilan tata rambut, mereka juga tampil dengan sepatu hak tinggi dengan penuh semangat dan senyum yang menghiasi wajah.

Mereka berlenggak-lenggok di area yang dikelilingi oleh hijaunya padi berbalut baju olahraga rancangan Didiet Maulana. Sang desainer pun berbagi makna di balik desain baju olahraga sinergi IKAT Indonesia by Didiet Maulana dan CoreNation Activewear ini.

"Terinspirasi dari motif tenun Bali dengan pola geometris yang berkesinambungan mencerminkan optimisme dan rasa persatuan dalam indahnya keberagaman budaya," jelas Didiet Maulana kepada Liputan6.com, Senin, 10 Oktober 2022.

Didiet melanjutkan sentuhan warna biru yang harmonis pada baju olahraga ini melambangkan Indonesia sebagai negara maritim, mengingat Nusantara memiliki potensi sumber daya laut yang melimpah. "Perpaduan siluet yang dinamis dengan detail ruffles dapat memancarkan sisi wanita Indonesia yang percaya diri dan anggun," tambahnya.

Didiet Maulana turut menjelaskan bahwa fleksibilitas pakaian idirealisasikan dalam perpaduan strap dan detail overlap. Hal tersebut guna mendukung mobilitas perempuan aktif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.