Sukses

Pasangan Pengantin di Malaysia Dituduh Tinggalkan Adat, Viral karena Pakai Baju Pernikahan ala Pembalap

Pasangan pengantin di Malaysia dituduh tinggalkan adat istiadat agar viral di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta Pasangan pengantin di Malaysia dituduh tinggalkan adat istiadat agar viral di media sosial. Hal itu lantaran pasangan ini tak mengenakan busana pengantin adat dan dekorasi selayaknya resepsi yang umumnya diadakan masyarakat negeri Jiran.

Selain itu tak ada dekorasi seperti pelaminan dengan podium dan banyak tatanan ruang yang didominasi hiasan bunga. Namun ruangan justru ditata dengan komponen mesin dan peralatan reparasi kendaraan. 

Hal itu terjadi lantaran sang mempelai laki-laki sangat menyukai dunia otomotif, sehingga mimbar tempat ia dan sang kekasih justru dipenuhi deskorasi pelek sport, kunci pas dan velg mobil balap. Bukan hanya itu, kedua mempelai yang masing-masing mengenakan pakaian balap dengan wanita anggun dalam sanggul, membuat upacara pernikahan ini tampak sangat langka. 

Mengutip mStar, Kamis (13/10/2022), mempelai pria, Irwan Mhd Umran mengatakan pelaminan bertema bengkel itu adalah upacara pernikahan yang berlangsung di Tawau, Sabah, pada saat akad. Pria berusia 32 tahun itu memberitahu konsep tersebut tercetus ketika minatnya yang mendalam melibatkan mesin mobil.

Pria yang lebih akrab disapa Wan ini berkata konsep itu digunakan karena minat mendalam dalam bidang pemotoran. "Sejak usia 15 saya sudah mulai bekerja dan bertekad untuk menjadi terampil dan memiliki bengkel sendiri. Banyak waktu dihabiskan untuk mempelajari seluk beluk memperbaiki mesin sampai saya bisa membuka bengkel sendiri, sekarang berusia delapan tahun," ungkap Irwan menceritakan alasannya.

Bagaimanapun, ia menjelaskan tidak bermaksud melupakan adat masing-masing seperti yang didakwa sebagian pihak. Menurutnya dia dan istri, Norwadah Suharto (27) telah terlebih dahulu menggelar acara di majelis perkawinan pada 1 Oktober lalu di Kunak. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cita-Cita Sejak Lama

Sementara itu, Irwan mengungkapkan hanya mau menciptakan kenangan mengenai kesusahan dirinya saat masih menjadi pegawai. Ia diketahui sempat menjadi mekanik sebelum akhirnya memiliki bengkel sendiri.

"Di majlis saya juga ada empat pasang baju termasuk satu baju tradisi dari pukul 10 pagi hingga 12 tengah hari," katanya membela diri.

Kemudian pasangan ini bertukar pakaiam baju pembalap selama empat jam. Pelaminannya pun dihias sederhana oleh sanak saudaranya  yang berasal dari Kunak.

Anak ketiga dari empat kakak beradik yang besar di Tawau itu berkata pelaminan impiannya juga merupakan lokasi bengkel miliknya."Di tempat itu juga saya tinggal. Rumah bersebelahan dengan bengkel, apabila ada motoringin cepat diperbaii kami boleh kerja sampai malam," tuturnya.

Mengenai setelan baju balap, Irwan berkata pada mulanya dia merencanakan untuk memakai baju mekanik di hari ketika bersanding."Namun supaya terlihat bagus dia disodorkan untuk memakai baju racing drift. Kebetulan pula saya ada kawan-kawan dalam kalangan pembalap di Tawau," ia menambahkan. 

"Mereka patungan dengan pinjamkan baju. Saya hanya mahu menciptakan kebangaan dengan mengingat masa sulit dulu. Jika dimurahkan rezeki saya ada impian untuk besarkan bengkel lagi bengkel yang tidak seberapa ini. Saya ingin lebih maju insyaAllah," tutupnya. 

3 dari 4 halaman

Pernikahan di Pemakaman

Sementara itu kisah aneh lainnya tentang pernikahan juga sempat terjadi saat memilih lokasi pernikahan. Umumnya pasangan ingin menggelar acara di lokasi yang dekat dan mudah diakses.

Sebagian akan memilih pernikahan digelar dalam gedung atau rumah dari calon mempelai perempuan. Lokasi ini digunakan karena bisa menampung tamu undangan atau menghemat biaya karena dilakukan di rumah. Tetapi berbeda dengan acara pernikahan satu ini.

Keluarga pasangan yang menikah ini memilih area pemakaman untuk dibangun pelaminan. Pernikahan itu ramai jadi perhatian setelah suasana pelaminannya diunggah oleh pemilik akun TikTok @zaramake.up dikutip dari kanal Hot Liputan6.com pada Selasa 5 Juli 2022.

Dalam video tampak di depan panggung pelaminan terdapat beberapa makam. Bahkan warga yang menghadiri acara pernikahan itu tampak santai menikmati acara hingga duduk di atas makam. Video tersebut pun viral hingga kini sudah dibanjiri komentar serta ditonton lebih dari 3,8 juta kali.

4 dari 4 halaman

Tanggapan Warganet

Pada tayangan video diduga acara belum dimulai lantaran pengantin pernikahan tak nampak di atas pelaminan. Meski demikian sudah banyak warga yang mengerumini tenda yang berada di pemakaman itu. 

Dalam video terlihat dekorasi pernikahan dan pelaminan dengan nuansa putih didirikan di atas area pemakaman. Tenda pernikahan pun tampak cukup megah. Bunga-bunga dan lampu juga menghiasi pelaminan tersebut.

Acara itu tak hanya panggung pelaminan saja. Namun ada pula panggung hiburan tepat di sisi kanan pelaminan yang mirip seperti orkes dangdut.

Walaupun belum diketahui di mana lokasi makam yang dijadikan lokasi pesta pernikahan, video itu sudah viral di dunia maya. Tak sedikit netizen yang heran dan dibuat geleng kepala.

"Seumur hidup baru lihat orang hajatan di atas makam," tulis akun @ANAK PAK RT.  "Ke acara manten sekalian siaran," imbuh Roy.  "kasihan klo anak indigo dtng ke acr ini.. bnyk pemandangan" komentar ulfa mufthi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.