Sukses

Finalis Miss Grand International 2022 Tampil Elegan dengan Baju Adat Bali

Di Bali Agung Theater Bali Safari and Marine Park, para finalis Miss Grand International 2022 tampil dengan baju adat Bali.

Liputan6.com, Jakarta - Ajang Miss Grand International 2022 akan menuju puncaknya pada 25 Oktober 2022. Sebelum memasuki babak final, acara prakontes dan serangkaian agenda Miss Grand International diadakan di Bali dan Jakarta pada 5-14 Oktober 2022.

Di ajang Miss Grand International 2022 yang ke-10 ini diikuti oleh 71 peserta dari berbagai negara. Para peserta sudah tiba di Bali sejak 3-4 Oktober lalu.

Mereka baru saja menggelar pergelaran bertajuk ‘Bali Agung the Grand Show with Miss Grand International’ yang diadakan pada Selasa, 11 Oktober 2022 di Bali Agung Theater Bali Safari and Marine Park. Tempat wisata sekaligus lembaga konservasi tersebut  fokus melestarikan beberapa satwa-satwa di dunia. Di Bali Safari Park, konservasi satwa menyatu padu dengan budaya khas Bali yang cukup kental.

Acara ini juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si.  Dalam unggahan di akun Instagram resmi Miss Grand International pada Selasa, 11 Oktober 2022, para peserta dari berbagai negara terlihat mengenakan beragam pakaian tradisional Bali. 

Mereka terlihat mengenakan baju adat Bali seperti Payas Agung lengkap dengan prada (serupa stagen) dengan selendang yang disampirkan ke bahu.  Ada juga yang memakai atasan bermotif batik. Untuk bawahan, ada terlihat memakai Payas Agung berupa songket khas Bali yang panjang hingga mata kaki dengan warna dan corak khas Bali. 

Untuk pentaan rambut, hampir semua perserta terlihat disanggul yang dihiasi mahkota yang terlihat mewah. Meski memakai pakaian tradisional Bali, para finalis tetap terlihat tampil elegan dan memesona.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengganti Kostum Swimsuit

Ada sejumlah sesi yang akan dijalani para finalis Miss Grand International 2022. Salah satunya adalah sportwear competition atau kompetisi baju olahraga yang dikenakan oleh para kontestan ajang kecantikan ke-10 ini.

Kontes baju olahraga Miss Grand International 2022 diselenggarakan di Bebek Tepi Sawah Bali pada Minggu, 9 Oktober 2022.  Kompetisi baju olahraga ini adalah konsep baru menggantikan swimsuit.

Para kontestan mengenakan two pieces sportswear yang didominasi sentuhan biru. Dengan beragam tampilan tata rambut, mereka juga tampil dengan sepatu hak tinggi dengan penuh semangat dan senyum yang menghiasi wajah. Mereka berlenggak-lenggok di area yang dikelilingi oleh hijaunya padi berbalut baju olahraga rancangan Didiet Maulana.

Sang desainer pun berbagi makna di balik desain baju olahraga sinergi IKAT Indonesia by Didiet Maulana dan CoreNation Activewear ini. "Terinspirasi dari motif tenun Bali dengan pola geometris yang berkesinambungan mencerminkan optimisme dan rasa persatuan dalam indahnya keberagaman budaya," jelas Didiet Maulana kepada Liputan6.com, Senin (10/10/2022). 

3 dari 4 halaman

Dukung Mobilitas Perempuan Aktif

Didiet melanjutkan sentuhan warna biru yang harmonis pada baju olahraga ini melambangkan Indonesia sebagai negara maritim, mengingat Nusantara memiliki potensi sumber daya laut yang melimpah. "Perpaduan siluet yang dinamis dengan detail ruffles dapat memancarkan sisi wanita Indonesia yang percaya diri dan anggun," tambahnya.

Didiet Maulana turut menjelaskan bahwa fleksibilitas pakaian idirealisasikan dalam perpaduan strap dan detail overlap. Hal tersebut guna mendukung mobilitas perempuan aktif.

Beda dengan kontes kecantikan internasional pada umumnya, di ajang Miss Grand International 2022 tidak ada sesi baju renang. Hal tersebut disampaikan Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) dalam unggahan di akun Instagram @grand_mgi pada 11 Juni 2022 yang bertajuk "𝗡𝗢 𝗦𝗪𝗜𝗠𝗦𝗨𝗜𝗧 𝗖𝗢𝗠𝗣𝗘𝗧𝗜𝗧𝗜𝗢𝗡 𝗜𝗡 𝗠𝗚𝗜 𝟮𝟬𝟮𝟮 (tak ada kompetisi baju renang di MGI 2022)!"

Selain itu, Ivan Gunawan juga memuji baju olahraga rancangan Didiet Maulana yang disampaikannya melalui sebuah unggahan potret dirinya bersama Didiet.  "Mas @didietmaulana karya mu luar biasa ❤️❤️ @corenationactive thank you , mencoba dengan Konsep baru Menggantikan swim suit Ternyata bisa kejadian," tulis Ivan pada Minggu, 9 Oktober 2022.

4 dari 4 halaman

Rangkaian Acara

Akun Instagram resmi kontes Miss Grand International juga membagikan deretan potret para kontestan di kompetisi tersebut. "First ever MGI 𝗦𝗽𝗼𝗿𝘁𝘀𝘄𝗲𝗮𝗿 𝗖𝗼𝗺𝗽𝗲𝘁𝗶𝘁𝗶𝗼𝗻 on a runway in the middle of a Balinese rice field. It was certainly a perfect show. (MGI pertama di runway di tengah sawah Bali. Itu tentu saja pertunjukan yang sempurna)," bunyi keterangan itu.

Dikutip dari laman resmi Miss Grand International, Senin (10/10/2022), acara akan berlanjut lagi pada 14 Oktober 2022. Para kontestan terbang dari Bali menuju Jakarta. Gala dinner dilakukan pada 15 Oktober 2022 dan besoknya ambil bagian dalam car free day (CFD) sekaligus gala dinner.

Pada 17 Oktober 2022 akan dilaksanakan close door interview, dilanjutkan sponsor visit, sampai rehersal. Baru pada 20 Oktober 2022, digelar spesial show sekaligus National Costume Competition.

Ada pula kegiatan Muslim Fashion Week x MGI pada 21 Oktober, preliminary competition pada 22 Oktober dan rehersal keesokan hari. Sedangkan, final show akan berlangsung pada 25 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.