Sukses

Miss Grand Ukraina Marah Ditempatkan Sekamar dengan Wakil Rusia Saat Berlaga di Indonesia

Liputan6.com, Jakarta - Rangkaian kegiatan kontes kecantikan Miss Grand International 2022 saat ini sedang berlangsung di Bali. Di tengah proses karantina tersebut, Miss Grand Ukraina Olga Vasyliv marah kepada pihak penyelenggara karana ditempatkan sekamar dengan Miss Grand Rusia Ekaterina Astashenkova.

Kekecewaan wakil Ukraina di ajang Miss Grand International tersebut ia tuangkan melalui sebuah unggahan di akun Instagram pribadi. Olga Vasyliv menyertakan keterangan yang cukup panjang yang mengungkapkan perasaannya terkait hal tersebut yang ditulis dalam bahasa Inggris.

"Saya adalah orang dewasa dengan pemikiran dan perspektif saya sendiri. Ini bukan sesuatu yang dibuat-buat, atau dirobek dari halaman buku, atau dibuat-buat dalam dongeng. Ini saya," tulisnya pada 4 Oktober 2022.

Miss Grand Ukraina melanjutkan bahwa itu adalah perasaan, masa lalu, pengetahuan, kemampuan, serta ceritanya. Ia mengatakan, tak seorang pun di dunia ini berhak untuk mengambil itu dari dirinya atau meragukannya.

"Pendapat saya penting! Cerita saya penting! Perasaan saya penting!" lanjutnya.

Olga menegaskan, "Hari ini, cerita saya adalah ini: sepanjang perjalanan saya menuju kompetisi @missgrandinternational di mana tujuan dan misi utama saya adalah untuk memberi tahu dunia tentang negara saya, tentang semangat Ukraina kami, tentang kecantikan kami, tentang kekuatan kita dan tentang apa yang kita alami saat ini."

"Saya menerima surat yang menanamkan dalam diri saya perasaan marah dan sakit - teman sekamar saya yang ditugaskan akan menjadi pesaing dari negara teroris, dari negara yang kehilangan semua hukum dan ketertiban, dari negara penganiaya, dari noda menjijikkan dan menipu di tubuh planet kita yang indah, dari ruzzia (Rusia)," terangnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Kekecewaan

Miss Grand Ukraina juga menyertakan akun Instagram penyelenggara Miss Grand International. "Dear @nawat.tv , percayalah, saya juga hadir untuk perdamaian, untuk cinta, persahabatan, dan dukungan, tetapi tidak untuk mereka yang tidak bisa saya maafkan," lanjutnya.

"Bukan untuk mereka yang menyiksa saudara-saudaraku. Bukan untuk mereka yang merenggut nyawa begitu banyak orang Ukraina. saya penting! Pendapat saya penting! Perasaan saya penting, dan Ukraina saya penting! Kemuliaan bagi Ukraina," tambahnya.

"Saya meminta Anda, teman-teman, untuk membagikan cerita ini, dan silakan kirim pesan ke @nawat.tv kontes dengan tagar. #cancelrussianculture, #russiaisaterroriststate," tutupnya.

Sejak dibagikan, unggahan tersebut disukai lebih dari lima ribu kali. Kolom komentar juga dibanjiri dengan beragam tanggapan warganet, tidak terkecuali dengan mereka yang mendukung Miss Grand Ukraina.

"Kami mencintai kamu Miss Grand Ukraina," tulis seorang warganet. "Olga, kamu pasti memiliki pendapat Ukraina kamu sendiri dan kami semua mendukungmu seperti semua orang Ukraina," lanjut lainnya.

3 dari 4 halaman

Respons Miss Grand Rusia

Dalam sebuah unggahan di akun Instagram, Miss Grand Rusia merespons kekecewaan Miss Grand Ukraina. Ia menyebut dalam keluarganya, ia adalah orang pertama yang lahir di Rusia.

"Sedangkan lainnya, semua dari berasal dari Ukraina! Situasi politik sangat panas untuk saya dan saya berharap suara saya akan didengarkan dalam kontes! Saya menentang kebencian! Untuk persahabatan, untuk cinta dan untuk perdamaian dunia dan untuk saling membantu," tulisnya.

Ekaterina juga mengunggah kembali dukungan yang diberikan kepadanya di Instagram Story. "Thank you so much from my heart for all support (Terima kasih banyak dari hati saya untuk semua dukungan)," demikian tulisnya.

Pada 26 September 2022, Ekaterina sempat berbagi perasaannya akan berlaga di kontes kecantikan Miss Grand International 2022. Ia menyebut sangat senang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi.

"Saya diliputi oleh sensasi positif dan cerah, seolah-olah saya bersinar dan siap mengisi segala sesuatu di sekitar dengan pancaran saya♥Dan saya bahkan tidak berharap bahwa akan ada begitu banyak dukungan dari Anda. Terima kasih. Terima kasih dari lubuk hatiku," tulisnya.

4 dari 4 halaman

Gelaran Miss Grand International 2022

Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan Miss Grand International 2022. Kabar ini disampaikan Ivan Gunawan selaku Presiden Organisasi Miss Grand Indonesia (Yayasan Dunia Mega Bintang) sejak akhir tahun lalu.

Beda dengan kontes kecantikan internasional pada umumnya, di ajang Miss Grand International (MGI) tahun ini tidak akan ada sesi baju renang. Hal itu diungkap Ivan Gunawan dalam unggahan di akun Instagram @grand_mgi pada 11 Juni 2022 yang bertajuk "𝗡𝗢 𝗦𝗪𝗜𝗠𝗦𝗨𝗜𝗧 𝗖𝗢𝗠𝗣𝗘𝗧𝗜𝗧𝗜𝗢𝗡 𝗜𝗡 𝗠𝗚𝗜 𝟮𝟬𝟮𝟮 (tak ada kompetisi baju renang di MGI 2022)!"

Unggahan itu memperlihatkan jawaban Ivan terhadap pertanyaan pemilik akun tehlilisofficial yang menanyakan apakah benar tidak ada akan sesi baju renang di MGI 2022. Ivan memastikan bahwa informasi itu benar adanya. Belum diketahui apa yang akan menjadi pengganti sesi baju renang, tapi dari sebuah komentar di Instagram, Ivan Gunawan menjanjikan akan menyajikan sesuatu yang istimewa.

Sementara, Miss Grand International 2022 rencananya akan diselenggarakan pada 3--25 Oktober 2022 di Bali dan Jakarta. Malam grand final rencananya akan digelar di Sentul International Convention Center (SICC) pada 25 Oktober 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.