Sukses

5 Tiara Terkenal Warisan Ratu Elizabeth II

Ratu Elizabeth II diperkirakan mewariskan 50 tiara atau mahkota kepada para penerusnya, baik yang berupa koleksi pribadi maupun koleksi turun-temurun.

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II yang meninggal pada Kamis, 8 September 2022, meninggalkan banyak warisan untuk para penerusnya. Salah satunya adalah sederet koleksi perhiasan pribadi terbesar dan termahal yang diperkirakan meliputi 50 tiara.

Mengutip The Indian Express, Minggu, 11 September 2022, perhiasan itu telah dimiliki keluarga selama beberapa generasi. Banyak dari koleksi itu dipajang di Menara London yang menarik wisatawan dari seluruh dunia.

Sebagian besar koleksi perhiasan merupakan warisan. Ini berarti bahwa tiara-tiara itu adalah bagian dari mahkota raja yang naik takhta, bukan milik satu orang.

Koleksi perhiasan Ratu Elizabeth II dapat kita lihat di akun Instagram @royalcollectiontrust. Di sana ditampilkan banyak karya seni ekstensif keluarga kerajaan Inggris, yang merupakan koleksi pribadi terbesar di dunia, beserta perhiasan mereka.

"Ratu, Pangeran Philip, Pangeran Charles dan Putri Anne di balkon Istana Buckingham setelah Penobatan pada 2 Juni 1953. Upacara penobatan berlangsung di Westminster Abbey dan kebaktian dihadiri oleh lebih dari 8.000 orang. Setelah itu, Keluarga Kerajaan kembali ke Istana Buckingham di mana Ratu muncul di balkon enam kali di depan banyak orang," tulis keterangan foto yang diunggah pada 2 Juni 2021 yang menampilkan Ratu mengenakan salah satu koleksi perhiasannya.

Koleksi Kerajaan itu dibagi menjadi dua bagian, dengan sebagian besar barang-barang dimiliki oleh raja yang memerintah; serta koleksi pribadi ratu, yang terdiri dari barang-barang yang diwarisi atau diberikan kepadanya oleh anggota keluarga; atau yang dia beli sendiri. Dalam koleksi ini, banyak tiara Ratu Elizabeth II yang ia kenakan semasa hidupnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mahkota Penobatan

Diyakini bahwa barang-barang dari koleksi pribadinya sekarang dapat diteruskan ke Raja Charles dan Camilla Parker-Bowles saat mereka naik takhta. Koleksi itu juga bisa diberikan kepada cucu-cucu Ratu Elizabeth II, seperti Pangeran William dan Harry dan istri mereka Kate dan Meghan, bersama dengan anggota keluarga yang lain.

Lihatlah beberapa tiara dan diadem terkenal dari koleksinya yang cukup besar, seperti yang dibagikan oleh Royal Collection Trust (RCT). “Dalam gambar ini Ratu mengenakan gaun satin yang didekorasi oleh Norman Hartnell, Diadem Negara George IV, dan Kalung Nizam Hyderabad,” tulis keterangan dalam unggahan pada 10 Januari 2022.

Dalam foto yang mencolok ini yang diunggah pada 15 November 2021, Ratu terlihat dengan Imperial State Crown. Mahkota itu awalnya dirancang untuk penobatan Raja George IV. Mahkota itu dihiasi 3.000 berlian, 269 mutiara, 17 safir, dan 11 zamrud.

3 dari 4 halaman

Warisan Ratu Mary

Dalam video yang diunggah pada 2 September 2022, terlihat keindahan dari tiara Vladimir dengan liontin zamrud. Tiara ini dipajang di Istana Buckingham hingga 2 Oktober 2022.

Dikenal juga sebagai Grand Duchess Vladimir Tiara, topi baja ini awalnya dibuat untuk pemiliknya bernama sama pada 1874. Mahkota itu diyakini telah diselundupkan keluar dari Rusia selama perang revolusi 1917. Tiara itu kemudian dibeli di pelelangan oleh nenek ratu, Ratu Mary, yang dikenal sebagai kolektor perhiasan.

Foto unggahan pada 14 Mei 2022 memperlihatkan potret Ratu dengan deretan berlian. Menurut RCT, ini adalah salah satu "foto Ratu Elizabeth II yang paling dikenal luas", yang diambil oleh seorang Dorothy Wilding, dua bulan setelah ratu naik takhta.

Gambar itu adalah 'dasar untuk set perangko asli yang dijuluki 'Wildings' oleh para kolektor perangko'. Perangko yang menggunakan gambar ini tetap beredar sampai 1971.

Dalam foto ini, dia terlihat mengenakan 'Diamond Diadem'.“Diatur dengan 1.333 berlian berpotongan brilian dan terdiri dari pita dengan dua baris mutiara di kedua sisi deretan berlian, di atasnya adalah berlian yang diatur dalam bentuk mawar, thistle dan dua shamrock, lambang nasional Inggris, Skotlandia dan Irlandia," seperti yang dijelaskan oleh RCT.

4 dari 4 halaman

Tiara yang Dipinjamkan pada Kate dan Meghan

Ketika menikah dengan Pangeran Harry pada 2018, Meghan Markle meminjam salah satu tiara berlian ratu yang menakjubkan, yang pernah dikenakan oleh Ratu Mary pada 1932. Perhiasan itu tidak pernah terlihat di depan umum selama 60 tahun sebelum Duchess of Sussex memakainya di hari pernikahannya.

Tiara yang dikenakan Meghan Markle pada hari besarnya dikenal sebagai tiara Bandeau Queen Mary. Terdiri dari pita fleksibel dari 11 bagian yang berbeda, yang masing-masing ditutupi dengan berlian besar dan kecil.

Titik fokus utama tiara berlian adalah bros yang dapat dilepas dengan batu tengah yang dikelilingi oleh sembilan berlian yang lebih kecil. Aslinya, tiara itu dipasangkan dengan safir sebagai batu tengah, tetapi Meghan memilih untuk menukar permata biru dengan berlian (juga dipinjamkan kepadanya oleh Ratu Elizabeth), mengutip dari Theknot.com.

Sebelum itu, Kate Middleton, saat menikah dengan Pangeran William pada 2011, mengenakan tiara Cartier Halo yang terbuat dari 739 berlian yang dipotong brilian dan 149 berlian baguette. Tiara itu dipinjamkan kepada pengantin wanita oleh nenek mertuanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.