Sukses

Lucinta Luna Diduga Operasi Jakun, Apa Saja Risikonya?

Liputan6.com, Jakarta - Dengan bercak darah di sana sini, serta kepala dan leher diperban, Lucinta Luna membagikan kondisi terkini pascaoperasi plastik. Kendati tidak menyebut persis prosedur apa yang dijalani, dugaan terkuatnya adalah ia baru saja operasi jakun, bedah kosmetik yang umum dilakukan para transpuan.

Seperti prosedur kosmetik lain, operasi plastik yang juga dikenal sebagai chondrolaryngoplasty ini dijalani bukan tanpa risiko. Melansir Healthline, Kamis (7/7/2022), delirium pascaoperasi dan masalah pernapasan adalah salah satu risiko yang harus diwaspadai.

"Bertemu dengan ahli anestesi sebelum prosedur akan membantu meminimalkan risiko ini secara signifikan," publikasi itu mencatat.

Risiko lainnya, yakni penghilangan terlalu banyak tulang rawan tiroid. Jika ini terjadi, suara mungkin berubah secara permanen. Lalu, bekas luka yang terlalu menonjol. Pembentukan jaringan fibrosa atau perlengketan kulit pada atau di dekat area sayatan dapat menyebabkan terbentuknya bekas luka.

Selain potensi risiko dari operasi, penting untuk berbicara dengan dokter guna memahami tujuan dari prosedur ini, dan memperjelas hasil yang diharapkan. Penghilangan trakea tidak dilakukan untuk menaikkan atau mengubah nada suara secara permanen.

Jika suara yang terdengar lebih tinggi adalah bagian dari tujuan feminisasi Anda, bicarakan dengan dokter tentang prosedur terpisah yang dikenal sebagai operasi pita suara atau feminisasi suara. Mengingat risiko-risiko tersebut, penting memilih ahli bedah berpengalaman untuk melakukan prosedur ini, yang mana akan membantu mengurangi potensi risiko.

Selain, juga membantu menetapkan harapan yang realistis untuk operasi jakun. Dalam beberapa kasus, jakun yang sangat besar tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, atau berkurang secara signifikan. Seorang ahli bedah yang berpengalaman akan dapat menilai hasil yang dapat diharapkan secara realistis.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Risiko Komplikasi

Di samping itu, operasi jakun yang diduga dilakukan Lucinta Luna juga dapat menyebabkan sederet komplikasi, termasuk nyeri saat menelan, kesulitan menelan, suara serak, dan spasme otot pita suara, menurut WebMD. Gejala-gejala ini, meski sementara, mungkin tidak nyaman, pihaknya melanjutkan.

Pada dasarnya, operasi jakun adalah prosedur pembedahan yang dilakukan dengan anestesi umum. Ini dilakukan untuk mengurangi ukuran tonjolan jakun, yang terletak di atas kelenjar tiroid di tengah tenggorokan. Selama pencukuran trakea, tulang rawan tiroid dikeluarkan dari bagian depan laring. Peran tulang rawan tiroid adalah melindungi pita suara dari kerusakan atau ketegangan.

Sebelum prosedur, pasien biasanya akan diminta berhenti minum aspirin, atau obat apa pun yang dapat menyebabkan perdarahan maupun menghambat pembekuan darah. Jika merokok atau menggunakan vape, dokter akan meminta pasien tersebut untuk berhenti setidaknya beberapa hari sebelum operasi.

Pasien juga umumnya akan menerima instruksi tertulis yang menunjukkan kapan pasien harus berhenti makan dan minum sebelum prosedur kosmetik dilakukan.

3 dari 4 halaman

Durasi Operasi Jakun

Pencukuran trakea biasanya dilakukan dengan anestesi umum dalam proses operasi jakun yang diduga dilakukan Lucinta Luna. Prosedur ini memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam, dari awal hingga akhir.

Dokter bedah akan membuat sayatan horizontal kecil di bawah dagu atau rahang, di lipatan kulit. Ini memastikan bahwa bekas luka tidak akan terlihat di kemudian hari. Sebuah kamera kecil akan dimasukkan ke dalam sayatan. Ini digunakan untuk menemukan tulang rawan tiroid dan pita suara.

Tulang rawan tiroid dan batasnya akan dicukur, dan kemudian dibuang. Dokter bedah akan berhati-hati agar tidak menyentuh pita suara. Setelah selesai, sayatan akan dijahit tertutup.

Setelah operasi, pasien akan dibawa ke ruang pemulihan dan diamati selama beberapa waktu sebelum dipulangkan. Jika memiliki beberapa prosedur feminisasi wajah yang dilakukan sekaligus, pasien mungkin diminta menginap semalam di rumah sakit.

Disarankan agar pasien beristirahat selama satu atau dua hari setelah prosedur. Mereka juga disarankan untuk menghindari aktivitas berat dan bernyanyi atau berbicara dengan keras.

4 dari 4 halaman

Berapa Biayanya?

Pascaoperasi jakun, yang diduga dilakukan Lucinta Luna, pasien berpotensi merasakan ketidaknyamanan selama beberapa hari. Dokter bedah akan merekomendasikan agar pasien mengistirahatkan suara sebanyak mungkin selama waktu ini.

Pasien juga harus makan makanan lunak atau diet cair sampai tenggorokan terasa nyaman saat menelan. Ikuti instruksi dokter untuk membersihkan area tersebut, dan menghilangkan jahitan. Efek samping pascaprosedurnya bisa meliputi sedikit sakit, pembengkakan, memar, sakit tenggorokan, suara lemah, dan kesulitan menelan.

Jika terus merasa tidak nyaman, pasien disarankan mengompres area tersebut dengan es dan meminum obat pereda nyeri yang dijual bebas. Prosedur ini diperkirakan memakan biaya antara tiga ribu sampai empat ribu dolar AS (sekitar Rp45 juta--Rp60 juta).

Setelah pembengkakan awal mereda, hasil pencukuran trakea biasanya akan segera terlihat. Pasien akan mendapati leher yang "lebih halus" dengan jakun yang tidak ada, atau kurang terlihat. Bekas luka sayatan seharusnya tidak terlihat kecuali pasien mengangkat lipatan kulit di mana itu dibuat. Bekas luka akan jadi kurang merah seiring waktu.