Sukses

Keluarga Ridwan Kamil Berbagi Kebaikan di Hari Lahir Mendiang Eril

Liputan6.com, Jakarta - Keluarga Ridwan Kamil berbagi kebaikan bertepatan dengan hari lahir Eril pada Sabtu, 25 Juni 2022. Aksi ini sendiri dinamakan Geberkahn atau Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan disertai dengan tagar JejakEril.

"Meneruskan #JejakEril di hari lahirnya, 25 Juni 2022 ❤ #Geberkahn," demikian tulis ibunda mendiang Eril, Atalia Praratya, dalam unggahan di akun Instagram pribadi pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Atalia terlihat membagikan sebuah video singkat yang mengabadikan keluarga Ridwan Kamil beramai-ramai menaiki motor meninggalkan Gedung Pakuan. Video yang diiringi lagu bertajuk "Somewhere Over The Rainbow" disertai dengan tagar Geberkahn dan JejakEril.

Atalia terlihat membagikan beberapa tangkai bunga di ketika berhenti di lampu merah dengan pengendara lainnya. Terdengar pula backsound suara Atalia yang menjelaskan makna di balik aksi tersebut.

"Geberkahn, jadi gerakan berbagi kebaikan dan keberkahan, hari ini hadir, karena kecintaan masyarakat kepada masyarakat lainnya, anak muda kepada anak muda lainnya," kata Atalia.

Dalam video juga terlihat rombongan Ridwan Kamil menuju sebuah panti asuhan atau lembaga kesejahteraan sosial anak, LKSA Restu Ibu yang berlokasi di Kecamatan Pameungpeuk, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Atalia terlihat kembali membagikan bunga kepada warga sekitar.

"A Eril, almarhum, sudah meninggalkan JEJAKnya bagi kita semua. Jadi jangan mengukur kebaikan dari besar kecilnya. Tapi ketika kamu mampu untuk membahagiakan orang lain maka doanya akan mengetuk pintu langit nanti Allah akan sayang kepada kita semua," lanjut Atalia Praratya dalam video.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Jejak Eril

Acara diramaikan dengan potong tumpeng nasi kuning oleh keluarga Ridwan Kamil. Adik mendiang Eril, Zara tampak membagikan potongan tumpeng kepada anak di panti asuhan tersebut.

Keseruan lain adalah anak-anak yang bersorak riang dengan dibagikannya hadiah-hadiah. Seluruh keluarga Ridwan Kamil, pihak dan anak-anak panti asuhan berpotret bersama mengabadikan momen di hari lahir mendiang Eril.

Video diakhiri dengan berbagai kebaikan di seluruh Jawa Barat. Kang Emil, demikian Ridwan Kamil akrab disapa juga menuju makam Eril untuk sama-sama menaburkan bunga.

"Kami siap melanjutkan #JejakEril," demikian bunyi keterangan di akhir video.

Dikutip dari News Liputan6.com, pada momen hari berbagi kebaikan ini, Ridwan Kamil menyebutkan sekitar 10.000 paket sembako yang dibagikan oleh relawan anak-anak muda Jabar Bergerak Zillenial (JBZ) ke 18 kabupaten/kota di Jabar. "Lebih dari 10.000 paket sembako disebarkan oleh banyak relawan anak-anak muda, kemudian teman-temannya menamai gerakan berbagi kebaikan ini sebagai GEBERKAHN," jelasnya.

"Kahn diambil dari nama tengah Eril, disingkat terjemahannya menjadi Gerakan Berbagi Kebaikan dan Keberkahan (GEBERKAHN)," tambahnya.

 
3 dari 4 halaman

Memori Manis

Di momen ulang tahun ke-23 mendiang Eril, Atalia juga sempat membagikan video singkat yang mengabadikan memori manis kelahiran dan tumbuh kembang Eril yang lahir di New York. Video dibuka dengan potret kecil Eril dengan keterangan "Selamat Ulang Tahun Emmeril Kahn Mumtadz NYC, 25 Juni 1999 - Bern, 26 Mei 2022 #JejakEril 25 Juni".

Ada pula potret Atalia yang tengah hamil besar saat mengandung Eril. Potret selanjutnya menunjukkan Ridwan Kamil dan Atalia tengah bersama putranya yang baru berusia dua hari, potret usia 1,5 tahun, 2 tahun saat merayakan ulang tahun, hingga masuk playgroup.

Atalia juga mengunggah potret Eril ketika duduk di bangku Sekolah Dasar hingga saat menempuh studi di SMAN 3 Bandung. Terlihat pula aksi Eril semasa hidup yang aktif dalam berbagai kegiatan sekolah, hingga ketika Eril menjalankan aksi berbagi kepada sesama.

"Selamat ulang tahun, A Erilkuuuuu… Semoga Allah selalu menyayangimu dan membuatmu bahagia disana… Seperti yang selalu kamu lakukan untuk membuat orang lain bahagia disini… Doa mamah dalam setiap helaan nafas…❤❤❤ In loving memory of Emmeril Kahn Mumtadz NYC, 25 june 1999 — Bern, 26 May 2022," bunyi keterangan unggahan tersebut.

4 dari 4 halaman

Foto Eril yang Terakhir Diambil Ridwan Kamil

Ridwan Kamil sempat membagikan potret putranya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril. Foto Eril yang tampak sangat mirip dengan ayahnya tersebut disertai keterangan filosifi hidupnya diiringi dengan lagu Forever Young oleh Alphaville.

"Siapa ingin menjadi bunga indah di surga diiringi berjuta doa, maka taburlah berjuta benih kebaikan selama di dunia" Emmeril Kahn Mumtadz," demikian bunyi filosofi Eril di akun Instagram Ridwan Kamil, Minggu, 12 Juni 2022.

Dalam foto itu, Eril terlihat mengenakan kaus putih yang dibalut dengan jas warna biru muda. Sembari tersenyum manis, anak sulung Ridwan Kamil tersebut juga tampak memakai kacamata hitam. Ada makna menyentuh di balik potret Eril tersebut. Ridwan Kamil berbagi sepenggal kisah di balik filosofi dan potret Eril itu.

"Filosofi Hidup Eril : "berjuta doa akan dipanjatkan dari berjuta kebaikan yang ditaburkan" Dan ini foto terganteng, foto terakhir yang saya jepret pribadi," tulis Kang Emil, begitu ia akrab disapa.