Sukses

Frozen Food Banyak Dilirik, Retno Rintis Usaha Ayam Ungkep Frozen dengan 2 Varian Bumbu

Peluang bisnis frozen food yang positif di tengah situasi pandemi, mendorong Dyah Retno Yulia Aryani merintis usaha Ayam Ungkep Frozen di awal 2022.

Liputan6.com, Bekasi Perubahan gaya hidup masyarakat masa kini yang ingin segalanya praktis dan mudah, termasuk dalam hal makanan, membuat trend frozen food berkembang pesat. Beberapa aneka frozen food yang laris manis di pasaran seperti dimsum, nugget, sosis, kebab hingga kentang. Selain jenis makanan itu, ayam ungkep frozen pun makin diminati.

Ayam ungkep frozen adalah ayam ungkep yang dikemas dalam plastik lengkap dengan bumbu dan dibekukan. Tidak hanya sebagai persediaan lauk, bisa juga diberikan sebagai oleh-oleh. Pasalnya, dalam keadaan beku, ayam ungkep mampu bertahan lama.

Prospek bisnis frozen food yang positif di tengah situasi pandemi, mendorong Dyah Retno Yulia Aryani merintis usaha Ayam Ungkep Frozen di awal 2022. Selain menjajakan produknya secara offline, Dyah juga memasarkannya secara online melalui media sosial dan juga platform digital ManisdanSedap.com

"Mulai awal 2022, inspirasinya karena pandemi. Inspirasi nama usaha produknya langsung," kata Dyah.

Di ManisdanSedap.com, Dyah menamai usahanya dengan Rujak Jambu Ayam Ungkep di akun media sosialnya ayamungkepfrozen_bekasi. Pada kemasan Dyah menempelkan stiker berlogo ayam lengkap dengan tulisan Raja Ayam Suplier.

Menu Andalan Ayam Ungkep Frozen

Menu frozen food yang menjadi andalan Dyah adalah Ayam Ungkep Bumbu Serundengan dan Ayam Ungkep Bumbu Bakar. "Keduanya menjadi andalan," ujarnya.

Dalam setiap kemasan sudah lengkap dengan bumbu dan tersedia sambal yang bisa dibeli terpisah. Untuk jenis ayamnya, Dyah menggunakan ayam negeri.

Untuk harganya sendiri, Dyah menjual mulai Rp7.000 per potong. Harga eceran, reseller dan agen di patok dengan angka yang berbeda-beda. Tidak ada syarat minimal order, satuan juga Dyah menerima pesanan, asal pesan H-1.

Umumnya Ayam Ungkep Frozen dijual Rp. 55.000. Terdiri dari 1 ekor ayam yang dipotong menjadi 8 bagian utama: 2 Dada sayap, 2 dada montok, 2 paha atas, 2 paha bawah, lengkap dengan 1 kepala + 2 ceker

Dimasak dengan 2 varian bumbu ungkep yakni kunyit lengkuas (bumbu goreng) dan manis sedikit pedas (bumbu bakar). Dikemas dengan vakum seal kemudian di frozen. Sangat praktis untuk persiapan stok makanan di rumah, bisa kapan saja digoreng atau dibakar tanpa repot mengolahnya lagi.  

Karena tanpa pengawet tambahan, ayam ungkep ini tahan 1-2 hari di suhu ruang dan 1 bulan di freezer beku.Bisa dikirim ke wilayah JABODETABEK dengan ekspedisi same day (ongkir 15rb/1-5kg) kapasitas 5-6 ekor ayam.

Rujak Jambu Kristal

 

Selain menjual ayam ungkep frozen, Dyah juga menjajakan rujak jambu kristal. Rujak dari buah pilihan yang sudah dikupas, bisa pilih potongan besar atau kecil. Begitu juga tingkat kepedasan disesuaikan dengan selera. Ada 3 pilihan bumbu: bumbu bangkok, bumbu manis asin, bumbu pedas (dengan level yang bisa dipilih). Harga 1 porsi Rp13.500, untuk 1kg jambu Rp35.000

Dalam mengembangkan usaha kuliner ini, Dyah terkendala dari segi pemasaran dan tidak memiliki modal untuk mengendorse artis. Karena sistem jualan online, Dyah berharap produknya bisa di review dan diposting dalam media sosial para artis.

Dyah pun berharap usaha kulinernya semakin dikenal banyak konsumen dan bisa menjangkau seluruh pulau Jawa. Mampu mengendorse artis atau selebgram kuliner sehingga memiliki banyak reseller di setiap kota.

"Harapannya ingin seluruh pulau jawa kenal sama produk ini secara online," kata Dyah.

ManisdanSedap.com siap mendukung Dyah dan seller lainnya untuk memudahkan siapa saja dalam menemukan dan memesan beragam menu pre-order di berbagai daerah. Selain itu, platform online yang merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network ini juga membantu pemilik UMKM dengan menjadi ‘etalase’ yang memajang jualannya.

Menambahkan fitur yang menghubungkan pembeli dan penjual via WhatsApp, jadi lebih mudah berinteraksi dan bertransaksi terpisah dari platform. Nikmati berbagai keuntungan dengan mendaftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com.

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.