Sukses

Profil Cindy May McGuire dari Jakarta, Runner Up 1 Puteri Indonesia 2022

Liputan6.com, Jakarta - Cindy May McGuire atau yang kerap disapa Cindy dinobatkan sebagai Runner Up 1 Puteri Indonesia 2022.  Artinya, perwakilan dari Provinsi DKI Jakarta itu berhasil juara 2 di Grand Final Puteri Indonesia 2022 yang berlangsung pada Jumat malam, 27 Mei 2022.

Selain memiliki aura bintang, Cindy memiliki kecerdasan dengan jawaban-jawabannya yang lugas dari juri dalam sesi tanya jawab. Ia berhasil bersama dua kandidat yang menjadi juara pertama yaitu Laksmi Shari De Neefe Suardana dari Bali dan juara ketiga Adinda Chresheilla dari Jawa Timur.

“Runner up 2 Puteri Indonesia 2022 berhasil diraih oleh Jawa Timur, Adinda Chresheilla. Dan Puteri Indonesia 2022 adalah….Bali, Laksmi Shari Suardana. Selamat DKI Jakarta 5 sebagai runner up,” jelas Choky Sitohang saat membacakan pemenang.

Ada sembilan sosok yang menjadi dewan juri pada malam grand final Puteri Indonesia 2022, yaitu Puan Maharani, Budi Gunadi Sadikin, Triawan Munaf, Anya Geraldine, dan Kusuma Dewi. Selain itu, terdapat Frederika Alexis Cull, Miss International 2019 Sireethorn Leearamwat, Kusuma Anjani, dan Mega Angkasa.

Dilansir dari Putri Indonesia, pada Sabtu (28/5/2022), perempuan berusia 25 tahun itu tertarik dengan pendidikan dan advokasi vaksin. Ia bersama beberapa rekan membuat program dengan tujuan utama mengedukasi masyarakat di desa dan memberikan vaksin kepada masyarakat yang membutuhkan.

“Indonesia memiliki masalah kesehatan lokal yang sering berganti dari pulau ke pulau dan musim ke musim. Penting untuk meningkatkan kesadaran penduduk setempat tentang masalah Kesehatan. Kontribusi saya antara lain mengunjungi desa dan sekolah untuk memberikan edukasi pencegahan covid-19 dan penyakit dengan insiden tinggi, nutrisi yang tepat, penyakit pada anak, keamanan dan manfaat vaksin,” ketiknya.

Cindy pun sering membagikan aksi nyatanya itu di akun media sosial Instagram pribadinya @cindymaymcguire. Dilihat dari unggahannya tersebut, ia mengenakan jas kedokteran dengan mendampingi anak-anak kecil yang sedang mencuci tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Campuran Indonesia--Amerika Serikat

Cindy May McGuire lahir di Cirebon, Jawa Barat pada 25 Mei 1997. Saat ini, Cindy memiliki tinggi 174 cm dan berat badan 53 kg.

Meski lahir dan besar di Jawa Barat, Cindy May Mc Guire dapat mewakili DKI Jakarta dalam ajang pemilihan Puteri Indonesia 2022. Hal itu karena ia telah tiga tahun berdomisili di Jakarta.

Keluarganya adalah keturunan campuran Amerika-Indonesia yang memupuk kepemimpinan dan mengasihi yang kuat dengan nilai-nilai Sunda. Ayahnya berasal dari Amerika Serikat, sedangkan ibunya yang berasal dari Indonesia.

Ia memiliki kepribadian yang passionate, kind hearted, dan juga quick-witted. Kepribadian yang baiknya itu membuat ia berhasil menjadi seorang dokter, model, commercial talent, dan auditor yang andal.

3 dari 4 halaman

Pendidikan Utama

Dari SMA, Cindy belajar di Leongatha Secondary College Australia selama studi sebagai mahasiswa kedokteran. Ia juga diberi kesempatan untuk belajar di Belanda.

Saat ini, Cindy sedang mengejar gelar master ganda di Universitas New South Wales (UNSW) jurusan Manajemen Kesehatan dan Kepemimpinan / Intelijen Penyakit Menular. “Saya akan terus belajar dan menimba pengalaman untuk membantu Indonesia menjadi yang terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” kata dia di laman Putri Indonesia.

Cindy memiliki tekad yang bulat bahwa dirinya akan membentuk organisasi dokter sukarelawan untuk melakukan perbaikan sistem perawatan kesehatan Indonesia. Ia juga ingin menyepakati dan mempromosikan perbaikan sistem perawatan kesehatan yang ada di Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Prestasi

Sejak kecil, Cindy memiliki hobi melukis, ia juga suka menari, berkuda, bermaian golf dan tenis. Selain itu, Cindy memiliki makanan favorit, yaitu rujak. Sementara itu, urusan musik,  lagu favoriti Cindy yaitu lagu klasik dan jazz.

Cindy memiliki berbagai prestasi seperti memenangkan Miss Tourism World Indonesia 2020, Mahasiswi Berprestasi 2017, Mojang Jawa Barat 2015, Excellent Medical Student Exchange ke Belanda 2015, Mojang Ciamis 2014, hingga Senior High Student Exchange ke Australia 2013.

Selain itu, Cindy akan mewakili Indonesia di ajang Miss International 2022 Tokyo, Jepang. Miss International 2022 merupakan gelaran dan peringatan ke-60 kontes kecantikan Miss International yang akan diselenggarakan pada 13 Desember 2022 di Tokyo Dome City Hall di Tokyo, Jepang. (Natalia Adinda)