Sukses

Wajah Pangeran William Dicetak di Uang Koin, Desainnya Dianggap Menutupi Kebotakan

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran William tampil solo untuk pertama kalinya dalam koin resmi kerajaan. Royal Mint, percetakan uang logam kerajaan, baru saja meluncurkan koin bergambar wajah pewaris takhta Kerajaan Inggris urutan ke-2 itu untuk memperingati ulang tahunnya ke-40 yang jatuh pda 21 Juni 2022.

Dikutip dari laman Telegraph, Senin (23/5/2022), uang koin bergambar wajah Pangeran William itu diambil dari fotonya saat merayakan ulang tahun Ratu Elizabeth II pada Juni 2018 di kediaman Duta Besar Inggris Raya di Amman, Yordania. Cetakan koin peringatan itu dibuat oleh ahli ukir Thomas T Docherty.

Koin itu memperlihatkan Duke of Cambridge dalam profil tiga perempat menatap ke kanan atas koin. Terukir angka 40 di sebelah kiri dan sandi kerajaan 'W' di sebelah kanannya yang merupakan inisial nama William.

Di sisi lain koin terdapat gambar Ratu Elizabeth II yang diukir oleh Jody Clark. Di tepi koin juga akan dituliskan 'HRH The Duke of Cambridge'. 

Gambar wajah Pangeran William itu tercetak di uang koin 5 poundsterling. Seiring peluncuran koin yang dicetak terbatas, akan pula dihadirkan koin perayaan dari emas seberat 0,25 ons dan koin kedaulatan 1982, yakni tahun kelahirannya.

Koleksi itu juga akan mencakup koin edisi terbatas yang terbuat dari emas murni berkualitas seberat 5 ons untuk menandai peringatan khusus. Koin digrafir dengan teknologi laser yang menciptakan 'tingkat penyelesaian relief tinggi', menghasilkan potret William dalam tampilan 3D yang disempurnakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bukan Koin Pertama

Pangeran William juga pernah muncul di koin resmi Inggris pada 2011. Namun, ia ditemani oleh Duchess of Cambridge, Kate Middleton, untuk memperingati pernikahan pasangan itu.

Clare Maclennan, direktur koin peringatan di Royal Mint, mengatakan bahwa desain itu untuk "menghormati kedewasaan dan keeleganan Pangeran yang telah menjadi anggota senior keluarga Kerajaan, seorang suami yang setia, dan ayah dari tiga anak yang penuh kasih".

Docherty menambahkan, desain koin "menyeimbangkan antara energi segar Yang Mulia menjadi ayah muda dengan sifat seremonial dari posisi kerajaannya". Dia menambahkan,"Sudut tiga perempat menciptakan potret yang lebih dinamis daripada profil side-on yang tradisional."

"Saya menggunakan teknik pahatan tanah liat tertentu pada platform digital untuk mencapai gaya yang dibutuhkan untuk desain, untuk menerjemahkan secara efektif dari dua ke tiga dimensi."

McClennan memuji desain itu elegan, tetapi sebagian orang menganggapnya sebagai 'upaya menutupi kebotakan' yang dialami Pangeran William. 

 

 

3 dari 4 halaman

Lebih Berambut

Pengamat kerajaan menyebut gambar yang 'sangat menyanjung' itu membuat Pangeran William terlihat lebih muda dari aslinya. Penulis kerajaan Phil Dampier mengatakan, "William akan senang dengan ini karena mereka (The Mint) memberinya lebih banyak rambut."

Ia menyambung, "Dia terlihat lebih muda dari usia 40 tahun jadi dia tidak akan mengeluh. Dia terlihat bijaksana, tetapi juga seperti sedang mencari inspirasi yang akan dia butuhkan dalam beberapa dekade mendatang."

Walau kebotakannya sering diolok warga Inggris, Pangeran William nyatanya pernah dinobatkan sebagai pria botak terseksi sedunia berdasarkan hasil studi oleh spesialis bedah kosmetik Longevita, pada April 2021. Riset tersebut dilakukan lewat pencarian Google yang menemukan bahwa 17,6 juta kali pemberitaan online, baik blog, artikel, maupun laman, mendeskripsikan bapak tiga anak itu dengan kata 'seksi'.

Di posisi kedua terdapat petinju legendaris Mike Tyson yang disebut 'seksi' atau 'menarik', sebanyak 8,8 juta kali. Sementara, bintang film Fast & Furious, Jason Statham, menempati posisi ketiga dengan 7,4 juta kali penyebutan.

"Hanya ada sedikit pesohor berkepala botak yang bisa memanjakan mata kita," kata juru bicara Longevita, dikutip dari The Sun, Minggu, 28 Maret 2021.

 

4 dari 4 halaman

Tak Semua Setuju

Dari hasil polling itu, Presiden Rusia Vladimir Putin tidak termasuk dalam jajaran 10 teratas pria botak terseksi. Ia hanya mendapatkan 2,2 juta kali deskripsi tersebut berdasarkan hasil riset. Begitu pula dengan bintang Star Trek Patrick Stewart yang hanya disebut seksi 1,1 juta kali secara daring.

Namun, tak semua orang setuju dengan hasil riset tersebut. Salah satu aspirasi datang dari Stanley Tucci. Dikutip dari People, aktor The Hunger Games itu sempat menuliskan, "Whose crown should wear this crown? So many wonderful choices. (Siapa yang semestinya mengenakan mahkota ini? Begitu banyak pilihan yang menakjubkan)."

Ia juga mengunggah kolase foto pesohor berkepala plontos yang dinilainya layak jadi nominasi pria botak terseksi. Hal itu pun mengusik warganet untuk berkomentar.

"Apa yang Stanley Tucci lakukan hingga layak diperlakukan tidak hormat?" cuitan salah satu warga Twitter.

Sementara, pengguna media sosial lain menganggap hasil riset tersebut lucu dan mengolok-oloknya. "April Fools masih minggu depan. Hapus ini, tidak terlambat untuk melakukannya," komentar salah satu warganet.