Sukses

Apa Itu Coconut Cloud Smoothie yang Viral di TikTok dan Bagaimana Cara Membuatnya?

Liputan6.com, Jakarta - Resep kuliner viral silih berganti mengisi laman media sosial, termasuk TikTok. Kali ini, giliran coconut cloud smoothie yang sedang mengundang rasa penasaran tidak sedikit pengguna. Apa itu?

Melansir ABC, Selasa, 10 Mei 2022, coconut cloud smoothie pada dasarnya merupakan smoothie yang secara visual mengombinasikan warna biru dan putih yang cantik. Di resep originalnya, minuman ini menggunakan bahan-bahan dari toko bahan makanan organik, lokal, dan berkelanjutan di Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Erehwon.

Pihaknya bekerja sama dengan influencer Marianna Hewitt dan membuat coconut cloud smoothie yang kemudian jadi sangat populer. Minuman itu kemudian dijual seharga 17 dolar AS (sekitar Rp247 ribu), angka yang dinilai terlalu mahal untuk segelas smoothie.

Di tengah keriuhan itu, banyak food blogger mengadopsi resep itu, membuatnya sendiri di rumah dengan perhitungan bahan lebih murah. Istilah "smoothie Erewhon" telah mengumpulkan 3,6 miliar tampilan di TikTok dan tagar "coconut cloud smoothie" memiliki lebih dari 3,3 juta pencarian.

Soal rasa, coconut cloud smoothie dijelaskan bertekstur lembut dan tidak terlalu manis, karena hanya sedikit diberi vanila. Jika menyukai smoothie, Anda disebut akan menyukai minuman satu ini. Di resep originalnya, minuman viral ini juga mengandung kolagen dan spirulina untuk kesehatan.

Sebagaimana diketahui, kolagen membantu merawat kesehatan sendi dan kulit. Sementara itu, spirulina membantu merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan energi.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bahan Coconut Cloud Smoothie

Ada banyak resep adaptasi coconut cloud smoothie di TikTok yang bisa Anda ikuti, namun jika ingin menyontek kreasi I Am A Food Blog, Anda membutuhkan bahan-bahan:

3/4 gelas susu almond vanila

Resep aslinya menggunakan susu almond vanila merek MALK di Erehwon, tapi Anda dapat menggunakan susu almond apa pun yang Anda suka

1/2 gelas krim kelapa

Krim kelapa bertekstur kental adalah kuncinya di sini, menempatkannya di lemari es semalaman membantunya jadi kental dan lembut. Pastikan Anda menggunakan krim kelapa, bukan santan.

1/4 buah alpukat

Buah ini menambahkan lemak sehat dan krim.

1 sdm mentega almond

Bahan satu ini menambahkan sedikit rasa gurih dan kandungan protein.

1 buah pisang

Penting dalam semua smoothie untuk menambah rasa manis dan berat. Pastikan Anda membekukan pisang sebelum digunakan.

3/4 sdt blue spirulina

Spirulina inilah yang membuat smoothie ini sangat berwarna biru. Ini adalah makanan super yang mungkin pernah Anda lihat sebelumnya dalam warna hijau. Mereka juga punya versi warna birunya.

 

3 dari 4 halaman

Cara Membuatnya

3/4 gelas nanas

Potongan nanas beku menambahkan rasa asam dan manis

2 cup kolagen vanila

Kolagen akan membantu sendi dan kulit Anda.

1 sdt vanila ekstrak

Anda bisa menggunakan pemanis biasa, tapi ini akan menambah sedikit rasa vanila. Jika tidak memiliki vanilla stevia, pilih saja pemanis pilihan Anda ditambah ekstrak vanila.

Secukupnya es batu

Cara Membuatnya:

1. Tambahkan sekitar 2 sdm krim kelapa ke bagian bawah gelas. Ambil sendok dan putar krim kelapa di sekitar cangkir.

2. Selanjutnya dalam blender, tambahkan semua bahan yang tersisa. Blender hingga tercampur rata dan halus.

3. Tuang ke dalam gelas dan coconut cloud smoothie siap dinikmati.

Ini tentu bukan minuman pertama yang resepnya viral di TikTok. Sebelum ini, sudah ada jus jeruk espresso yang tidak kalah menghebohkan. Di sebuah unggahan, Maret 2022, pengguna @bundaddy bersumpah bahwa espresso dan jus jeruk adalah kombinasi sempurna.

"Saya belum pernah melihat satu orang pun yang menyukai espresso dan jus jeruk tidak menyukainya bersama-sama," katanya dalam klip tersebut. "Anda pikir Anda tidak akan (menyukainya), tapi Anda akan menyukainya."

4 dari 4 halaman

Resep Es Jeruk Espresso

Jika mencari kata kunci espresso dan jus jeruk di TikTok, Anda akan melihat bahwa ratusan orang telah mengikuti tren tersebut. Meski minuman ini telah jadi sangat populer dalam beberapa minggu terakhir, resep ini nyatanya bukan sama sekali baru.

Buzzfeed melaporkan, akun Bon Appetit telah mengunggah resep variasi minuman ini beberapa tahun lalu, yang disebut "Spritzy Americano." Karena americano, mereka menambahkan seltzer water dalam resep tersebut.

Namun demikian, sebenarnya tidak ada resep pasti yang dijabarkan. Setiap orang punya takaran masing-masing dalam menciptakan kreasi minuman ini. Dalam versi Buzzfeed, pihaknya pertama menuangkan 177 ml jus jeruk ke wadah berisi es batu secukupnya.

Kemudian, menambahkan 59 ml espresso. Secara visual, minuman ini terlihat menggoda. Pastikan aduk dulu sebelum dicicip. Lalu, bagaimana rasanya?

Publikasi itu menulis, "Cita rasa minumannya seimbang. Pahitnya espresso dan manisnya jus jeruk berpadu mulus. Anda masih bisa merasakan rasa jeruk yang tajam tanpa tambahan rasa terlalu manis."