Sukses

6 Oleh-Oleh Khas Brebes yang Banyak Disukai Orang

Liputan6.com, Jakarta - Brebes menjadi salah satu kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Letaknya yang strategis karena berbatasan langsung dengan beberapa kota seperti Kota Tegal, Cirebon, Banyumas, dan Kuningan. Tidak heran jika kerap kali dilewati para pemudik yang berada di jalur Pantura.

Berdasarkan sejarah, nama Brebes diketahui telah muncul sejak zaman Mataram. Soal asal usul nama Brebes, terdapat beberapa pendapat, pertama, menyebutkan nama Brebes berasal dari kata "Bara" dan "Basah",  "bara" artinya "hamparan tanah luas" dan "basah" artinya "banyak mengandung air".

Kedua, kata itu selaras dengan keadaan daerah Brebes yakni dataran luas yang berair. Karena kata bara diucapkan bere dan basah diucapkan besah, sehingga untuk memudahkannya diucapkan Brebes. Brebes atau mbrebes dalam bahasa Jawa berarti "tansah metu banyune" artinya "selalu keluar airnya".

Brebes juga menawarkan sejumlah kuliner yang terkenal. Salah satunya seperti telur asin rasa udang yang menjadi ikoniknya. Brebes juga mendapatkan julukan kota telur asin. Julukan tersebut didapat karena dikenal sebagai penghasil telur asin terbesar di Indonesia.

Telur hasil ternak diolah masyarakat setempat menjadi telur asin yang kualitasnya tidak diragukan lagi. Berikut enam oleh-oleh khas Brebes terkenal yang dihimpun dari berbagai sumber, Rabu, 4 Mei 2022.

1. Kerupuk Tulang Bandeng

Oleh-oleh khas Brebes yang terkenal yaitu kerupuk tulang bandeng. Kerupuk itu memanfaatkan daging ikan bandeng sebagai bahan baku untuk membuat makanan.

Bahan dasar kerupuk itu lebih memanfaatkan tulang ikan yang seharusnya menjadi sampah makanan. Mereka melakukan inovasi dengan menjadikan bahan baku makanan.

Pengolahannya pun cukup sederhana dengan memilah tulang ikan bandeng yang kemudian dijadikan kerupuk seutuhnya. Tulang ikan bandeng juga memiliki kalsium yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Itu mengapa cocok untuk dijadikan oleh-oleh ditambah dengan beberapa bumbu atau rempah pilihan yang nikmat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Krispi Ikan Serinding

Oleh-oleh khas Brebes yang satu ini cocok untuk masyarakat Indonesia yang menyukai makanan dengan tekstur renyah dan gurih. Krispi ikan serinding menjadi camilan terkenal yang diburu oleh banyak wisatawan.

Ikan serinding banyak ditemui di sekitar pesisir Brebes. Bentuk ikan ini kecil dan hewan ini sangat lincah bergerak ke sana ke mari.

Camilan itu berbahan dasar ikan Serinding dengan ukuran yang lebih kecil berwarna keperakan. Ikan Serinding biasanya ditangkap oleh nelayan yang sedang melaut.

Proses pembuatannya pun mudah dan cepat. Pertama-tama, ikan akan dibersihkan sisiknya dan diberikan bumbu. Lalu, ikan akan langsung digoreng hingga garing yang memiliki ciri khasnya tersendiri, cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

 

3 dari 4 halaman

3. Ikan Bandeng

Selain ikan serinding, ikan bandeng juga menjadi salah satu kuliner yang terkenal di Brebes. Ikan itu memiliki rasa yang khas berbeda dari ikan lainnya.

Ikan bandeng memiliki daging yang lebih empuk dan gurih sehingga cocok untuk dijadikan teman makan dengan nasi yang hangat. Namun, penikmat harus berhati-hati ketika menyantap karena terdapat duri yang bisa diolah menjadi berbagai menu atau bumbu.

Oleh-oleh khas Brebes itu juga cocok dijadikan buah tangan dengan perjalanan yang cukup lama. Nanti, ikan bandeng bisa di presto dan langsung dinikmati ketika sampai di rumah.

4. Kerupuk Telur Asin

Masih dengan oleh-oleh khas Brebes yang gurih, kerupuk telur asin juga bisa jadi pilihan bagi para wisatawan. Camilan itu memiliki rasa yang krispi saat di gigit dan bentuk bulat dengan bagian tengah yang terdapat bagian kuningnya.

Kerupuk itu memiliki rasa yang serupa dengan telur asin. Namun, terdapat perbedaan yang terlihat dari perpaduan telur asin yang lebih diiris tipis dan dijemur. Nantinya, akan langsung diproses penggorengan.

Rasanya yang gurih dan unik bikin para pelancong jadi ketagihan. Tidak sedikit para pelancong yang membawa pulang kerupuk telur asin untuk jadi buah tangan keluarga atau kerabat.

4 dari 4 halaman

5. Kerupuk Rumput Laut Aneka Rasa

Aneka kerupuk memang jadi alternatif oleh-oleh untuk wisatawan yang mampir ke Brebes. Tidak heran jika banyak yang memburu kerupuk seperti kerupuk rumput laut beraneka rasa.

Bahan dasarnya itu dengan memadukan kerupuk dari rumput lain. Ia juga menambahkan bahan lainnya seperti olahan tepung, aci, udang, kulit, atau ikan.

Camilan itu sering ditemukan dengan mudah di pinggir jalanan dengan harganya yang bervariasi tergantung dari rasa dan ukurannya. Kerupuk rumput laut itu cocok dijadikan oleh-oleh dengan kandungan vitamin dan mineral pada rumput laut yang baik untuk kesehatan. 

6. Ketan Pencok

Ketan memang tersebar luas di seluruh Jawa. Namun, ketan Pencok khas Banyuwangi, Brebes memiliki ciri khas yang berbeda.

Ketan yang memiliki bentuk persegi itu dapat disajikan buah tangan oleh para wisatawan untuk dihidangkan bersama keluarga ataupun kerabat. Ketan itu memiliki bahan dasar seperti kelapa parut yang dicampuri oleh gula Jawa.

Ketan Pencok itu cocok untuk dijadikan buah tangan yang berwarna putih pucat dan padat setelah proses perebusan. Rasanya yang nikmat bisa bikin kamu jadi tagihan. (Natalia Adinda)