Sukses

Amber Heard Dinilai Alami 2 Gangguan Kepribadian dalam Sidang Johnny Depp

Pengacara Johnny Depp menyewa psikolog klinis dan forensik yang mengklaim bahwa Amber Heard memiliki gangguan kepribadian yang mengarah pada perasaan hampa dan menyebabkan difusi identitas.

Liputan6.com, Jakarta - Pada hari ke-9 sidang pencemaran nama baik Johnny Depp terhadap mantan istri Amber Heard, seorang psikolog klinis dan forensik disewa oleh pengacara Depp. Psikolog itu bersaksi bahwa Heard menunjukkan tanda-tanda Borderline Personality Disorder atau gangguan kepribadian ambang.

Dikutip dari People, Kamis, 28 April 2022, Dr. Shannon Curry mengatakan kepada pengadilan bahwa dia diminta untuk "mengevaluasi psikologis" Heard pada Oktober 2021. Curry menyebut ia meninjau "semua dokumen kasus," rekam medis Heard, rekaman audio dan video, foto dan "pernyataan banyak saksi," dan bertemu dengan Amber Heard pada dua tanggal terpisah pada Desember 2021 dengan total sekitar 12 jam.

"Hasil evaluasi Ms. Heard mendukung dua diagnosis; gangguan kepribadian ambang dan gangguan kepribadian histrionik," kata Curry.

Gangguan kepribadian ambang adalah jenis gangguan mental yang memengaruhi cara seseorang berpikir dan merasa tentang diri mereka sendiri, kata Dr. Ziv Cohen, pendiri dan direktur medis Principium Psychiatry dan psikiater forensik dan klinis bersertifikat, yang belum merawat Heard kepada People. Cohen mengatakan dia "tidak dalam posisi untuk mengatakan" jika dia setuju dengan diagnosis, tidak memeriksanya, tetapi secara umum, pasien merasakan "gejala kronis kekosongan,"

"Mereka memiliki difusi identitas, yang berarti mereka merasa seperti tidak tahu siapa mereka, dan itu bisa sangat ekstrem sehingga mereka mencoba bergabung dengan cult atau mengambil persona yang akan memberi mereka perasaan bahwa mereka nyata dan itu mereka memiliki identitas," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Beda dengan Gangguan Bipolar

Ia menambahkan penderita cenderung memiliki ketakutan yang sangat ekstrem akan pengabaian, dan cenderung memiliki perubahan suasana hati yang ekstrem. Hal tersebut dapat membuat mereka tiba-tiba terpicu untuk marah atau sedih.

Kondisi ini adalah salah satu yang telah disadari oleh dokter sejak era 60-an dan 70-an, kata Cohen, tetapi hanya dalam 20 tahun terakhir ada "peningkatan kesadaran yang besar," dengan lebih banyak peneliti kesehatan mental mempelajari dan mendiagnosis orang dengan gangguan tersebut.

Karena kesenjangan dalam pengetahuan, bersama dengan stigma seputar gangguan kepribadian ambang, penyakit ini cenderung kurang terdiagnosis, atau sering dianggap sebagai gangguan bipolar. Perbedaan antara keduanya "berdasarkan perdebatan di komunitas kesehatan mental tentang apa akar dari penyakit mental," kata Cohen.

"Jadi gangguan bipolar adalah penyakit, itu penyakit otak. Sedangkan, kepribadian ambang adalah kondisi yang jauh lebih kompleks yang memiliki komponen psikologis yang kuat."

"Saya yakin, seperti kebanyakan psikiater, bahwa ini adalah diagnosis yang berbeda dari bipolar," kata Cohen.

3 dari 4 halaman

Gangguan Kepribadian

"Orang bipolar dapat mengalami manik depresi di mana kadang-kadang mereka terbang tinggi dan mereka merasa seperti berada di puncak dunia, dan kemudian mereka dalam fase depresi di mana mereka tidak bisa bangun dari tempat tidur," jelasnya.

Pasien borderline dapat tampak memiliki perubahan suasana hati yang serupa, tetapi "gangguan kepribadian bukanlah hal yang datang dan pergi jika Anda memilikinya," kata Cohen. "Depresi bisa terjadi selama seminggu dan kemudian hilang. Gangguan kepribadian ambang adalah sifat yang stabil."

Bagi orang-orang dengan kondisi tersebut, pengobatan dapat "membantu menumpulkan beberapa gejala," seperti kecemasan dan perubahan suasana hati. "Itu tidak akan menghilangkannya sepenuhnya, tetapi itu benar-benar dapat menghilangkan keuntungan bagi pasien. Dan itu benar-benar positif karena bahkan pengurangan 10 atau 20 atau 30 persen dari gejala-gejala itu benar-benar dapat membuat perbedaan," katanya. Namun, pengobatan terbaik adalah psikoterapi.

"Dalam psikoterapi, kami akan mendidik pasien tentang kondisi mereka. Kami akan membantu mereka mengidentifikasi gejala dan perilaku," kata Cohen.

4 dari 4 halaman

Gangguan Kepribadian Ambang

"Dan akhirnya kami akan membantu mereka mengubah bagaimana mereka bereaksi terhadap situasi tertentu sehingga mereka dapat bereaksi lebih adaptif," kata Cohen. "Tapi proses itu melelahkan, dan biasanya memakan waktu bertahun-tahun."

Yang penting untuk dicatat tentang orang-orang dengan gangguan kepribadian ambang, kata Cohen, terutama sehubungan dengan klaim Curry tentang Heard, adalah bahwa hanya karena seseorang memiliki kondisi itu, itu tidak mengabaikan keyakinan dan pemikiran mereka. "Pasien dengan kepribadian borderline sering menangis serigala. Itu benar. Tapi tentu saja, seseorang yang menangis serigala pun bisa menjadi korbannya," katanya.

"Jadi kita harus sangat, sangat berhati-hati agar kita menanggapi tuduhan dengan sangat serius, dan tidak mengabaikannya begitu saja karena orang tersebut memiliki kepribadian ambang. Bahkan jika dia memilikinya, itu tidak berarti dia tidak dilecehkan," tambahnya.

Vonis dari Shannon Curry pun dibantah oleh Elaine Bredehoft, pengacara aktris film Aquaman tersebut. Elaine berusaha untuk menyudutkan kesaksian Shannon Curry selama pemeriksaan.

Namun, Elaine hanya memiliki alibi bahwa Shannon hanyalah psikolog yang dipekerjakan oleh pengacara Johnny Depp untuk bersaksi demi sang aktor agar bisa mendukungnya. "Jika Anda tidak menemukan sesuatu yang akan menguntungkan Tuan Depp dan negatif untuk Nona Heard apakah Anda tidak akan menjadi ahli dalam kasus ini?" ujar Elaine Bredehoft bertanya kepada Shannon Curry.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.