Sukses

McDonald's Lempar Kode BTS Meal Bakal Hadir Lagi Tahun Ini?

BTS Meal sebelumnya sudah diluncurkan tahun lalu dan menyebabkan kehebohan luar biasa di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - ARMY, sebutan penggemar BTS, sepertinya sedang dihujani segudang kejutan. Setelah dimanjakan empat hari konser di Las Vegas, Amerika Serikat (AS) yang baru rampung pekan lalu, RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V, dan Jungkook mengumumkan comeback dengan album baru pada 10 Juni 2022.

Di antara banyak cerita tentang konser internasional pertama BTS tahun ini di jagat maya, "teman lama" mereka pun tampak nimbrung. Yang dimaksud, tidak lain tidak bukan, adalah McDonald's, rantai makanan cepat saji yang tahun lalu berkolaborasi dengan RM cs untuk merilis BTS Meal.

"Ayo, besties … Kita pergi ke Vegas. Saatnya bertemu BTS lagi di #PTD_ON_STAGE_LV," kicau akun Twitter pihaknya, 8 April 2022. Setelah itu, mereka juga membawa kembali karakter merchandise BTS X McDonald's dalam cuitan lain pada 15 April 2022.

Kicauan restoran itu pun makin membuat ARMY curiga ketika menulis, "Tandai seseorang yang seekstra tujuh McNugget," tertanggal 18 April 2022. Hingga internet pecah saat McDonald's meminta pengikutnya menyarankan "sesuatu" untuk dihadirkan kembali.

Di kesempatan itu, tidak sedikit yang menjawab BTS Meal. Salah satunya, restoran makanan cepat saji itu menulis, "Kalkulator saya mengatakan ini juga," untuk menjawab saran, "BTS McDonal's merch + BTS Meal + sweet chili sauce + cajun sauce + BTS photocards."

Atas jawaban itu, dan sederet kicauan sebelumnya, tidak sedikit pengguna yang menangkap ini sebagai kode McDonald's untuk menghadirkan kembali BTS Meal tahun ini. Bagaimana menurut Anda?

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kehebohan BTS Meal di Indonesia

Siapa bisa melupakan kehebohan BTS Meal di Indonesia tahun lalu? Pada 9 Juni 2021, hari pertama paket kombo tersebut diluncurkan di Indonesia, sejumlah gerai McDonald’s di beberapa kota diserbu pembeli.

Alhasil, beberapa gerai disegel Satgas COVID-19 daerah bersama Satpol PP akibat adanya kerumunan tanpa protokol kesehatan. Yang paling mencolok dan jadi topik berbincangan saat itu adalah banyaknya driver ojek online (ojol) di gerai-gerai makanan cepat saji itu setelah menerima pesanan paket BTS Meal.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta, Arifin, menyebut puluhan gerai McDonald's disanksi terkait pelanggaran protokol kesehatan. "Tercatat ada 32 gerai yang dikenakan sanksi dan ada dua gerai yang saat pengawasan tidak ditemukan pelanggaran," kata Arifin, lapor kanal News Liputan6.com.

Katanya, 32 gerai tersebut melanggar protokol kesehatan sesuai Pergub Nomor 3 Tahun 2021 tentang Pengendalian COVID-19. Dua gerai McDonald's di Jakarta Pusat, tepatnya di Menteng dan Stasiun Gambir, termasuk yang ditutup sementara saat itu.

 

3 dari 4 halaman

Apresiasi ARMY Indonesia

Tidak hanya di Jakarta, kerumunan yang berujung pada penutupan sementara gerai McDonald's juga terjadi di banyak daerah. Di Bandung, Jawa Barat, misalnya. Satpol PP Kota Bandung menyegel dua lokasi McDonald's karena ojol yang membeludak saat mengantre paket BTS Meal.

Setelah kehebohan itu, ARMY Indonesia pun bergerak memberi apresiasi pada para driver Gojek. Itu dilakukan dengan menggalang dana melalui laman kitabisa.com. Perwakilan BTS ARMY Indonesia, Adzhani Adhari, mengatakan dalam jumpa pers virtual, 24 Juni 2021, bahwa awalnya mereka menargetkan donasi senilai Rp10 juta.

Tapi, dalam waktu 24 jam sudah berhasil mengumpulkan Rp85 juta. "Sampai akhir donasi (13 Juni 2021), sudah terkumpul Rp262 juta," ucapnya. BTS ARMY Festa, Vionica Alesandra, menyambung bahwa mereka tidak menyangka inisiasi tersebut akan disambut sangat hangat.

"Enggak cuma ARMY Indonesia, pihak lain juga berpartisipasi. Banyak sekali orang di luar sana yang ternyata mau mengapresiasi mitra driver Gojek," ucapnya.

ARMY Indonesia kemudian menyerahkan donasi total Rp159.737.847 pada driver Gojek. Head of Indonesia Regions Gojek, Gede Manggala, mengatakan, pihaknya sangat mangapresiasi inisiasi tersebut.

Donasi ini kemudian diberikan pada kurang lebih 35 ribu driver. Hani menyambung bahwa tip apresiasi tersebut akan disalurkan secara bertahap pada semua driver yang merupakan "pahlawan bagi ARMY Indonesia untuk mendapatkan BTS Meal."

4 dari 4 halaman

Tidak Hanya Berdonasi

Selain menggalang dana sebagai bentuk apresiasi, Vio mengatakan bahwa ARMY Indonesia juga menjalankan berbagai program untuk mengucapkan terima kasih pada driver ojek online. Bentuknya termasuk paket makanan dan sembako.

"Kami juga sudah memberikan layanan tes antigen gratis bagi driver ojek online," ucapnya. Lebih lanjut Hani mengatakan, berbagai program terkait inisiasi ini pun dilaporkan di laman kitabisa.com pihaknya.

"Yang pasti tidak mudah mendapatkan BTS Meal, luar biasa banget. Semoga semuanya sehat, tetap jaga kesehatan. Sukses terus, semangat, kalian luar biasa," tuturnya, menambahkan ucapan terima kasih untuk ARMY Indonesia dan berbagai pihak yang sudah mau berdonasi.

Sebagaimana diketahui, kombo BTS Meal berisi 10 potong Chicken McNugget, kentang goreng ukuran medium, soda berukuran serupa, dan saus khusus Sweet Chili dan Cajun yang terinspirasi saus asal gerai McDonald's di Korea Selatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.