Sukses

Hari Bumi 2022, Intip 14 Cara untuk Coba Hidup Berkelanjutan

Peringatan Hari Bumi 2022 menjadi momentum untuk dapat mencoba hidup lebih berkelanjutan yang ramah lingkungan dan hijau untuk Bumi.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Bumi setiap tahunnya diperingati pada 22 April dan tahun ini mengusung tema "Invest in our planet". Momentum ini sekaligus menandai peringatan lahirnya gerakan lingkungan modern pada 1970 silam.

Bertepatan dengan Hari Bumi 2022, masyarakat dunia kembali diingatkan untuk melestarikan lingkungan karena Bumi sedang tidak dalam kondisi baik-baik saja. Peringatan ini juga dapat menjadi alarm untuk mencoba hidup berkelanjutan.

Gaya hidup yang berpegang pada konsep keberlanjutan telah kian terdengar gemanya di seantero dunia. Lantas, apa saja yang bisa dilakukan untuk ikut mencoba hidup berkelanjutan? simak rangkuman selengkapnya seperti dikutip dari Wessex Water, Jumat (22/4/2022).

1. Hemat energi

Dengan menggunakan lebih sedikit energi, Anda dapat membantu mengurangi emisi karbon. Ada beberapa cara untuk menghemat energi di rumah, termasuk mematikan peralatan siaga, mematikan pemanas, dan menjemur pakaian daripada menggunakan pengering. Coba ikuti tips hemat energi ini untuk mengurangi jumlah gas dan listrik yang Anda gunakan.

2. Kurangi makan daging

Produksi daging adalah salah satu kontributor terbesar terhadap perubahan iklim dan polusi lanskap dan saluran air. Dengan makan lebih sedikit daging, Anda dapat membantu mengurangi dampak industri daging terhadap Bumi.

3. Kurangi pemakaian kertas

Untuk menghindari pemborosan kertas, pilih untuk menerima surat melalui email dan hanya mencetak dokumen jika perlu. Anda juga dapat meminta toko mengirimkan tanda terima Anda melalui email alih-alih mencetaknya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Gunakan Alternatif yang Dapat Dipakai Kembali

Produk sekali pakai, terutama plastik, cenderung berakhir di TPA dan lautan, menyebabkan kerusakan pada satwa liar dan lingkungan. Cegah hal ini dengan memilih untuk menggunakan alternatif yang dapat digunakan kembali dan ramah lingkungan.

Daftar alternatif ramah lingkungan ini untuk produk yang Anda gunakan setiap hari ada beberapa jenis. Anda bisa menggunakan botol minum, tas belanja, sedotan yang dapat digunakan kembali, baterai isi ulang, hingga sikat gigi bambu.

5. Gunakan energi terbarukan

Jika memungkinkan, pertimbangkan untuk memberi daya pada rumah Anda menggunakan energi terbarukan untuk mengurangi emisi karbon Anda. Mengganti mobil berbahan bakar bensin atau solar dengan mobil listrik juga akan membantu mencapai hal ini.

6. Daur ulang dan gunakan kembali

Pastikan Anda mendaur ulang dengan meletakkan sampah di tempat sampah yang benar. Selain itu, cobalah untuk menggunakan kembali produk dan barang sebanyak mungkin sebelum membuangnya untuk mengurangi limbah.

7. Tanam sendiri

Dengan menanam buah dan sayuran Anda sendiri, Anda dapat memastikan bahwa Anda tidak menggunakan pestisida yang akan berkontribusi terhadap polusi air dan udara. Ini juga akan membantu mengurangi jumlah bahan bakar fosil yang digunakan untuk mengangkut produk ke supermarket.

3 dari 4 halaman

8. Donasikan barang yang tidak terpakai

Jika Anda tidak menggunakan produk atau mengenakan pakaian lagi, berikan ke toko amal atau seseorang yang Anda kenal akan menggunakannya untuk membantu mengurangi limbah.

9. Hemat air

Anda dapat menghemat air di dalam dan di sekitar rumah Anda dengan membuat sejumlah perubahan kecil.

10. Beli produk fair trade

Ketika suatu produk telah disertifikasi Fairtrade, itu berarti telah diproduksi oleh perusahaan yang berkomitmen untuk produksi berkelanjutan. Perhatikan tanda Fairtrade pada kemasan produk yang Anda beli.

11. Kurangi berkendara

Anda dapat berjalan kaki atau naik sepeda ke tujuan daripada mengemudi jika jaraknya cukup dekat karena ini lebih baik untuk lingkungan dan kesehatan Anda. Menggunakan transportasi umum adalah cara lain yang baik untuk membantu mengurangi emisi gas rumah kaca.

12. Jangan buang makanan

Jika Anda memiliki sisa, jangan dibuang. Simpan untuk makan siang atau teh keesokan harinya, atau bahkan bekukan. Namun, jika makanan tak lagi dapat dimakan, gunakan untuk membuat kompos untuk taman Anda.

13. Kenakan pakaian yang berkelanjutan

Industri fashion adalah salah satu industri pencemar utama di dunia. Untuk mengurangi dampak industri ini terhadap planet ini, Anda dapat membeli lebih banyak pakaian dari toko amal dan gerai pakaian berkelanjutan.

14. Gunakan produk pembersih ramah lingkungan

Beberapa produk pembersih mengandung bahan kimia yang berbahaya bagi lingkungan. Dengan berkomitmen untuk menggunakan produk pembersih hijau/ramah lingkungan, Anda dapat membantu mencegah bahan kimia ini merusak Bumi.

 
4 dari 4 halaman

Hidup Berkelanjutan

Orang-orang mulai menyadari gagasan bahwa perlu menjadi lebih berkelanjutan untuk melindungi Bumi bagi generasi mendatang. Semua yang Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari berdampak pada planet ini, mulai dari makanan yang Anda makan hingga mobil yang Anda kendarai.

Ini tidak berarti Anda hanya boleh makan sayur dan mulai bersepeda ke mana-mana. Meskipun demikian, Anda dapat mencoba mengurangi konsumsi daging dan hanya mengemudi saat diperlukan. Perubahan kecil seperti inilah yang dapat membantu Anda mengurangi dampak lingkungan.

Hidup berkelanjutan melibatkan pengurangan jumlah sumber daya Bumi yang Anda gunakan untuk membantu melindunginya. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, termasuk membatasi jumlah energi yang Anda gunakan, menggunakan produk ramah lingkungan dan mengubah pola makan Anda.

Singkatnya, untuk menjalani gaya hidup yang berkelanjutan, Anda harus mencoba untuk memberikan dampak sesedikit mungkin pada Bumi, sambil juga mencoba mengganti sumber daya yang Anda gunakan. Lantas, mengapa hidup berkelanjutan penting? Saat ini, kita memproduksi sumber daya, menggunakan energi dan menciptakan limbah pada tingkat yang tidak berkelanjutan.

Hal ini menyebabkan masalah lingkungan, seperti polusi dan perubahan iklim, yang menyebabkan kerusakan pada lingkungan, satwa liar dan manusia. Dengan membuat beberapa perubahan kecil pada gaya hidup Anda, Anda dapat mengurangi jejak karbon Anda dan membantu mengatasi masalah ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.