Sukses

Profil Alvin Jonathan, Juara X Factor Indonesia 2022 yang Pernah Jadi Idola Cilik

Alvin Jonathan Sindhunata atau Alvin Jo berhasil menjadi juara X Factor Indonesia 2022 setelah mengalahkan 2Chance dan Danar Widianto.

Liputan6.com, Jakarta - Alvin Jonathan jadi juara X Factor Indonesia 2022 pada malam final yang digelar pada Senin, 18 April 2022. Ia berhasil menyisihkan sesama finalis, yakni 2Chance dan Danar Widianto.

Keberhasilan lelaki yang akrab disapa Alvin itu membuat orang penasaran tentang dirinya. Penyanyi yang akrab disapa Alvin Jo itu lahir di Malang, pada 20 September 1997.

Ia disebut sebagai penyanyi yang bersuara khas dan kuat sehingga asyik terdengar di telinga para penggemar musik. Keikutsertaan Alvin dalam ajang pencarian bakat X Factor Indonesia musim ketiga itu membuat para juri terkesan.

Pada babak penyisihan, ia melantunkan lagu ‘Give Me Love’ dari Ed Sheeran. Para juri yang terdiri atas Judika, Bunga Citra Lestari, Ariel Noah, Anang Hermansyah, dan Rossa sampai terhanyut mendengarnya.

Beberapa juri akhirnya memberikan kata "yes" pada Alvin hingga ia berhasil masuk ke babak berikutnya. Ia pun akhirnya berhasil menyisihkan penampilan peserta yang lain.

Perjalanan Alvin dalam sebagai Juara X Factor Indonesia 2022 jadi gerbang baru untuk kariernya di dunia musik. Sebelumnya, ia sempat membentuk grup musik.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan Karier

Dihimpun dari berbagai sumber, putra dari Antonius Sindhunata ini sebenarnya bukan orang baru dalam dunia musik. Pasalnya, Alvin sempat mengikuti ajang pencarian bakat anak-anak Idola Cilik musim ketiga.

Dalam ajang tersebut, ia keluar sebagai juara ketiga. Ia kemudian bergabung dengan Icil Divo dengan formasi 10 orang dan Super Idola Band pada saat Grand Final Idola Cilik musim ketiga periode 2009-2010.

Usai juara ketiga, Alvin sempat merilis single pertamanya yang berjudul "Berteman Saja". Lagu tersebut termasuk dalam album kompilasi Dunia Idola bersama dengan seluruh finalis yang lain.

 

3 dari 4 halaman

Lagu Rohani

Tak berhenti merilis single, tahun berikutnya, tepatnya pada 2011, ia merilis lagu rohani berjudul "Jiwaku Bersuka". Lagu tersebut termasuk dalam Album Glory of Hope.

Pada April 2012 Alvin kembali berduet dengan Olga Victoria dengan merilis lagu yang berjudul "Rancangan-Mu Indah". Perjalanan karier Alvin terus berlanjut.

Seiring waktu berjalan, nama Alvin pun semakin dikenal luas di masyarakat. Ia kemudian bergabung dengan Yujin Musik. 

 

 

4 dari 4 halaman

Sempat Vakum

Pada 2014, Alvin bersama Rio dan Patton tergabung dalam grup yang diberi nama Yujin. Band itu merilis singel perdana dengan judul "Mengenalmu" yang rilis pada Agustus 2015.

Perjalan karier Yujin ternyata tak semudah membalikan telapak tangan. Mereka terpaksa harus vakum pada 2015.

Mereka lalu memutuskan mengambil jalan masing-masing dengan berkiprah secara solo. Alvin kemudian mengadu peruntungan dengan mengikuti ajang X Factor Indonesia 2022.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.