Sukses

Jalan-Jalan ke Curug Cipeuteuy dan Terasering di Desa Wisata Bantaragung

Pohon-pohon pinus tinggi di sekitar Curug Cipeuteuy, Desa Wisata Bantaragung ini membuat suasananya kian teduh.

Liputan6.com, Jakarta - Tanah Pasundan menyimpan segudang kekayaan budaya dan alam. Salah satunya tersaji indah di Desa Wisata Bantaragung yang berlokasi di Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Dikutip dari Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf, Selasa, 8 Maret 2022, desa wisata ini menawarkan beragam paket wisata. Sebut saja paket ekonomis untuk menjelajah dengan tarif mulai dari Rp200 ribu untuk 10 orang.

Paket ini memungkinkan wisatawan untuk jalan-jalan ke Curug Cipeuteuy, Terasering Ciboer Pass, dan aktivitas tradisional. Paket juga sudah termasuk layanan wisata khusus, panduan tur berstandar HPI, satu kali makan, satu kali snack, dan tiket masuk setiap objek wisata.

Paket selanjutnya adalah Paket Satu Hari untuk berkunjung ke Curug Cipeuteuy, Terasering Ciboer Pass, dan aktivitas tradisional seperti bakiak, engrang, dan bermain di sawah. Paket ini juga dibanderol mulai Rp200 ribu untuk 10 orang.

Wisatawan akan difasilitasi layanan wisata khusus, panduan tur berstandar HPI, dua kali makan, satu kali snack, tiket masuk setiap wisata, oleh-oleh, dan bonus swafoto bersama kerbau. Untuk Paket 2 Hari 1 Malam mendapat fasilitas senada, namun ditambah homestay atau tenda.

Paket dengan tarif mulai Rp350 ribu untuk 10 orang ini, selain berkunjung ke Curug Cipeuteuy, Terasering Ciboer Pass, dan aktivitas tradisional, wisatawan juga bisa membajak sawah dan memandikan munding. Ada pula mini outbound dan kunjungan industri rumahan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Curug Cipeuteuy

Tak ketinggalan Paket Eksklusif dengan tarif mulai Rp450 ribu untuk 10 orang. Wisatawan akan mendapat fasilitas yang sama, dengan Paket 2 Hari 1 Malam, namun yang berbeda adalah makan tiga kali, dan Cikadongdong River Tubing.

Salah satu destinasi wisata yang populer di Desa Wisata Bantaragung adalah Curug Cipeuteuy. Peuteuy sendiri diambil dari bahasa Sunda yang berarti petai.

Namun, tidak ada bau petai di destinasi wisata ini. Dikutip dari Regional Liputan6.com, sebelum ke air terjun, pengunjung akan dimanjakan dengan hamparan lahan persawahan luas.

Kesejukan juga terasa di pintu masuk Curug Cipeuteuy. Dikarenakan pohon-pohon pinus tinggi menjulang ada di lokasi ini.

3 dari 5 halaman

Terasering

Berdasarkan siaran pers yang dikutip dari laman Kemenparekraf, Selasa, 8 Maret 2022, Desa Wisata Bantaragung menyimpan potensi alam yang super cantik. Sebut saja Ciboer Pass yang menyuguhkan panorama layaknya ilustrasi gambar pegunungan. Destinasi ini berlatar Gunung Ciremai dan hamparan sawah di kanan kirinya.

Ada pula pesona Bantaragung lainnya adalah Burujul Sunrise Point (terasering). Keindahan terasering yang membentang hijau ini dikelilingi pegunungan indah, seperti Gunung Jajar Sinapeul di bagian Utara dan Gunung Ciremai di bagian Selatan.

4 dari 5 halaman

Produk Unggulan

Selain itu, Desa Wisata Bantaragung punya produk unggulan yang begitu diminat, yakni Ezzy Emping Melinjo. Ini adalah camilan emping melinjo yang dijual mulai Rp25 ribu.

Pembuatan camilan ini tidak menggunakan mesin, namun alat tradisional. Meski produksi rumahan, kontrol kualitasnya tetap dilakukan dengan memprioritaskan rasa dan kualitas.

5 dari 5 halaman

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.