Sukses

Sandiaga Uno Punya Warteg Langganan yang Unik, Apa Menu Favoritnya?

Menurut Sandiaga Uno, warteg adalah ‘fast food’ dengan kearifan lokal.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno ternyata suka makan di warung Tegal alias warteg. Hal itu terungkap dalam unggahan di akun Instagramnya pada Sabtu, 12 Februari 2022.

Ia bahkan bersantap di sebuah warteg di depan rumahnya di kawasan Jakarta Selatan. Bukan warteg biasa, karena ia makan di warteg yang berjualan di sebuah mobil, tidak menetap di sebuah tempat atau rumah seperti warteg pada umumnya.

"Menu favorit kalian apa guys kalau makan di Warteg?" tulis Sandiaga Uno dalam keterangan unggahannya. Ia menuliskan, bersarkan data Komunitas Warung Tegal Nusantara (Kowantara), ada sekitar 20 ribu usaha warteg yang tersebar di sekitar Jabodetabek, termasuk salah satunya yang ada di depan rumahnya.

Ini tentunya menjadi usaha yang menjanjikan dan menciptakan lapangan kerja. "Warteg adalah ‘fast food’ dengan kearifan lokal. Sudah lama mengadopsi teknologi ‘touch screen’, dimana para pembeli tinggal touch kemudian makanan langsung tersedia," sambungnya.

Dalam unggahan itu, Sandiaga juga menyertakan sebuah video singkat saat ia tampil di sebuah acara dialog virtual.

"Saya baru saja makan siang di warteg di depan rumah saya, menunya terong balado yang termasuk makanan khas di warteg. Ini wartegnya unik dengan teknologi terbaru karena mereka berjualan di dalam mobil jadi bisa disebut ‘warteg on the move’, mereka bisa berjualan di mana saja atau di tempat tertentu," kata pria yang akrab disapa Sandi ini dalam bahasa Inggris.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Touch Screen

"Warteg ini buka dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang, tapi biasanya jam 1 siang makanannya sudah habis semua. Ini bisa dibilang pendahulu dari food truck. Ini juga termasuk fast food karena bisa berjalan dengan cepat sampai 60 km per jam," lanjutnya.

Kelebihan lain dari warteg menurut Sandi adalah, memilih menunya bisa dengan touch screen atau layar sentuh. Hal ini memang sudah lama jadi candaan masyrakat, kalau makan di warteg kita tinggal tunjuk menu yang akan dimakan dengan menunjuk atau menyentuh kaca etalase makanan yang sudan tersaji di depan mata.

Unggahan itu mendapat banyak tanggapan dari warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan Sandi soal warteg langganannya sudah disukai lebih dari 116 ribu kali. Ada juga yang mengaku pernah makan di warteg mobil tersebut.

"Bisa mnjdi inovasi buat masy. di daerah yg susah didapati warung makan 🙏🏼," komentar seorang warganet.  "Saya sering makan siang disitu pak 😂mantap cocok dilidah .sambel ijonnya maknyuss," komentar warganet lainnya.

3 dari 4 halaman

Warteg Jokowi

Tak hanya Menparekraf Sandiaga Uno, Presiden Joko Widodo atau Jokowi juga suka makan di warteg.  Hal itu diketahui dari unggahan di akun Youtube ‘Bang Mpin’ yang sering mengulas berbagai warung makan di Jakarta.

Jokowi pernah makan di warteg tersebut bertepatan dengan agenda monitoring pembangunan Taman Ria Rio di kawasan Pulo Gadung, Jakarta Timur. Saat itu ia masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta.

Mengutip kanal tersebut pada Kamis, 3 Februari 2022, salah seorang pegawai warteg menjelaskan, Jokowi pernah bertandang pada 2013 lalu. Ia juga sempat berfoto bersama pemilik warteg. Berdasarkan foto yang terpajang di dalam ruangan, Megawati ikut makan di warteg itu.

Pilihan menu di warteg ini sangat lengkap, ragam lauknya saja lebih dari 30 jenis. Menu andalannya antara lain ayam opor, peyek udang, kikil, orek tempe, telur dadar, kerang dan masih banyak lagi. Di antara beragam pilihan, apa yang jadi kegemaran Jokowi? Salah satu pegawai warteg tersebut mengungkapkan Jokowi memilih pare untuk ditambahkan ke dalam piring sajinya. "Dia sukanya makan pare," ungkapnya.

4 dari 4 halaman

Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.