Sukses

Logo Wonderful Indonesia Dipasang di Motor Tim MotoGP Gresini Racing, Berapa Biayanya?

Kemenparekraf berharap pemasangan logo Wonderful Indonesia di ajang MotoGP bisa mempromosikan dan meningkatkan performa pariwisata Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama brand Wonderful Indonesia menjalin kerja sama dengan tim balap MotoGP 2022, Gresini Racing. Logo Wonderful Indonesia akan terpampang pada motor Ducati Desmosedici milik Gresini Racing di MotoGP 2022.

Logo tersebut akan terlihat pada bagian sayap depan dari motor dua pebalap mereka, Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio. Kemenparekraf berharap kerja sama tersebut bisa mempromosikan dan meningkatkan performa pariwisata Indonesia, agar kembali bangkit di tengah pandemi.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Nia Niscaya dalam pernyataannya mewakili Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam Weekly Press Briefing, Senin, 7 Februari 2022.

"Dengan kerja sama ini terlebih exposure dari pecinta MotoGP, saya percaya bahwa mengekspos beberapa merek-merek top Indonesia di tingkat global akan memperluas jangkauan pasar merek dari nasional ke skala internasional dan berkontribusi pada kebanggaan bangsa," terang Nia.

Kemitraan terbaru ini menandakan kembalinya MotoGP ke Indonesia sejak terakhir kali pada 1997 di Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat. "Dengan kerja sama ini, citra branding pariwisata maupun pelaku industri nasional bisa semakin dikenal luas secara global," lanjut Nia.

Brand dan produk Indonesia akan mendapatkan eksposur pada level global yang dapat menumbuhkan pasar produk lokal hingga tahap internasional yang pada akhirnya berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi masyarakat dan memperkuat gaung #BanggaBuatanIndonesia.

Lalu, berapa biaya untuk bisa memasang logo di ajang MotoGP tersebut? Nia menegaskan kolaborasi ini tidak mengeluarkan biaya alias gratis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sesuai Jadwal

"Kerja sama Kemenparekraf dengan Gresini tidak mengeluarkan biaya (free of charge) dan dilaksanakan pada waktu yang tepat, yaitu saat  MotoGP dan Gresini Racing kembali ke Indonesia setelah dua dekade sejak penyelenggaraan MotoGP terakhir di tahun 1997," jelas Nia.

MotoGP Mandalika 2022 dijadwalkan berlangsung pada 18-20 Maret mendatang di Sirkuit Mandalika, Lombo Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Sebelum menggelar balapan, Sirkuit Mandalika akan menggelar tes resmi MotoGP pada 11-13 Februari 2022. Sebanyak 24 pembalap MotoGP akan menjajal Sirkuit Mandalika untuk kali pertama.

Kemenparekraf kembali menegaskan, event MotoGP tetap akan dilaksanakan sesuai jadwal meski varian Covid-19 omicron masih melanda. Pihak penyelenggara menyiapkan dan menerapkan travel bubble dengan penuh kewaspadaan dan kehati-hatian terhadap pebalap, kru, dan ofisial, termasuk petugas-petugas yang terlibat pada MotoGP ini.

3 dari 4 halaman

Skema Prokes Ketat

Menurut Nia, persiapan sarana prasana perhelatan MotoGP termasuk Tes Pramusim MotoGP pada 11-13 Februari 2022 selalu dikoordinasikan dan dikolaborasikan dengan unsur pentahelix lain. Hal ini diklaim bisa memberikan kesempatan luas lapangan pekerjaan bagi masyarakat Indonesia.

Pemerintah selaku Supporting Committee berkoordinasi memastikan kesiapan infrastruktur, akomodasi, juga skema prokes yang ketat berikut sarana dan prasana kesehatannya termasuk berbagai syarat seperti wajib vaksinasi booster bagi seluruh SDM yang terlibat. Satgas Nasional Penanganan Covid-19 mendukung penyelenggaraan MotoGP 2022 dengan menerbitkan Surat Edaran No.5 Tahun 2021 sebagai dasar pelaksanaan sistem Travel Bubble yang harus ditaati semua stakeholder: pebalap, kru, ofisial, jurnalis, petugas, pekerja terkait, dan petugas pendukung lainnya.

Sebagai bentuk kewaspadaan, Kemenkes telah memastikan kapasitas testing dan tracing di NTB yang sudah memadai serta akan memastikan capaian vaksinasi NTB di atas 70 persen. Mereka juga memastikan penerapan protokol kesehatan secara ketat, penguatan sistem surveilans selama kegiatan dengan active case finding, dan menyiapkan pelayanan kegawatdaruratan.

4 dari 4 halaman

Jejak Rossi di MotoGP San Marino Sirkuit Misano

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.