Sukses

Cara Merintis Bisnis Kopi ala Ben dan Jody

Bisnis kopi masih bisa jadi peluang. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika ingin memulai bisnis kopi.

Liputan6.com, Jakarta - Bisnis kopi tampaknya mulai harum kembali tidak seperti pada awal masa pandemi yang mengalami kelesuan, tapi itu juga terjadi pada bisnis lain. Saat ini kedai-kedai mulai bermunculan dan buka kembali.

Bagi mereka yang tertarik untuk memulai bisnis kopi, peluang masih terbuka lebar. Dihimpun dari berbagai sumber, berikut cara untuk memulai bisnis kopi, seperti Ben dan Jody. Ben dan Jody merupakan nama tokoh yang diperankan oleh Chico Jerikho dan Rio Dewanto dalam film Filosofi Kopi.

Passion

Passion atau kecintaan jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis, termasuk juga bisnis kopi. Kecintaan di sini tentu bukan sekadar ikut-ikutan bisnis kopi, tapi karena menyukai dengan bisnis yang ditekuninya.

Setidaknya ada orang seperti Ben menjadi yang menjaga api passion dalam bisnis. Selain itu, ada juga sosok Jodi yang paham tentang seluk-beluk perencanaan bisnis.

Lokasi

Hal penting lain adalah terkait dengan tempat di mana bisnis tersebut didirikan. Pemilihan tempat tentu sangat penting demi kelancaran usaha.

Lokasi yang strategis tentu sangat disarankan, termasuk bisnis kopi. Namun, itu hanya salah satu yang bisa memberikan keuntungan dengan lokasi yang mudah dicapai oleh banyak orang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ciri Khas

Persaingan bisnis kopi semakin ketat dengan kehadiran banyak wirausahan-wirausahan muda. Tapi itu akan membuat semangat untuk menentukan atau mencari ciri-ciri khas.

Ciri sangat penting agar bisa diingat oleh para pelanggan. Tentu mereka yang membuka bisnis kopi tak akan melewatkan kesempatan untuk menentukan ciri khas.

Bahan Berkualitas

Bahan baku berkualitas jadi salah satu yang juga perlu masuk dalam rencana bisnis kopi. Ini penting agar konsumen percaya terhadap menu kopi yang disajikan.

Selain itu, tentu bagaimana untuk mendapatkan maupun memperoleh bahan baku yang berkualitas itu. Pemetaan ini akan berguna jika bisnis mulai berjalan.

 

3 dari 4 halaman

Perhitungan Modal

Modal jadi hal yang sangat penting jika ingin membuka usaha, termasuk bisnis kopi. Untuk itu hitung secara detail, berapa modal yang dibutuhkan, termasuk juga biaya karyawan untuk beberapa bulan ke depan.

Artinya, tiga bulan atau bahkan enam bulan ke depan semua masih. Karena awal-awal buka bisnis kopi, maka upaya yang dilakukan adalah bagaimana bisa menarik konsumen. Perhitungan yang matang akan membuat bisnis akan lebih berjalan dengan lebih percaya diri.

Kegiatan

Salah satu yang bisa membuat konsumen berkunjung ke kedai kopi adalah rutin membuat kegiatan. Kegiatan tersebut bisa soal kopi, memmbuat kopi yang enak, dan lain-lain.

Kegiatan tersebut setidaknya harus mempertimbangkan target pengunjung yang hadir. Namun, saat ini penggemar kopi lebih banyak dari kalangan muda.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Kopi-Kopi Indonesia yang Jadi Primadona

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.