Sukses

Bikin Akun TikTok, Najwa Shihab Pinta Saran Warganet untuk Membuat Konten

Menurut Najwa Shihab, TikTok hingar bingar dengan kreativitas dan sifatnya terbuka bagi siapa saja.

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial seperti TikTok banyak jadi pilihan untuk menyalurkan kreativitas seseorang. Jurnalis sekaligus kreator konten, Najwa Shihab juga termasuk pengguna media sosial yang aktif.

Namun baru-baru ini ia ikut membuat akun TikTok sendiri. Apa yang membuat Najwa akhirnya ikut membuat konten di TikTok? Menurutnya, TikTok adalah platform digital yang tidak mungkin dilewatkan saat ini.

"TikTok sekarang ini punya pengguna terbesar, lebih dri 1 miliar pengguna. Jadi ini adalah platform yang tak mungkin saya lewatkan," kata wanita yang akrab disapa Nana ini dalam konferensi pers virtual, Selasa, 11 Januari 2022.

Nana mengaku kagum dengan beragamnya kreativitas yang ada di konten TikTok Indonesia. Saat pertama kali menjelajahi, ia tertarik dengan beragam konten yang disediakan seperti tutorial, informasi penting, sampai komedi.

"Platform digital ini betul-betul ingar bingar dengan kreativitas. Sifatnya terbuka, di mana konten yang populer tidak melihat dari latar belakang si kreator," ujarnya. Dengan begitu, semua orang bisa punya kesempatan tampil dan diapresiasi audiens.

"Keragaman konten di sini berangkat dari latar belakang kreator, semua etnis, daerah, pekerjaan, usia, itu semua ada di sini," lanjut Nana.

Ia juga menilai, TikTok bisa jadi wadah generasi muda Indonesia dalam menyuarakan ekspresinya. Dengan itu, maka konten TikTok bisa memberikan perubahan ke masyarakat.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Menyuarakan Sikap

Nana memberikan contoh seperti kasus Black Lives Matter yang menjadi perbincangan anak-anak muda di Amerika Serikat dan kemudian merembet ke seluruh dunia. Sementara di Indonesia, Nana mencontohkan gerakan Reformasi Dikorupsi.

Ia menyorot bagaimana mahasiswa menggunakan TikTok sebagai platform untuk menyuarakan sikapnya.  "Konteksnya terkadang malah tidak terpikirkan dan itu membuat orang melihat perspektif berbeda. Misalnya, orang-orang tak menganggap angker ketika melihat demonstrasi," tutur Nana.

Tak hanya isu-isu politik, Najwa menilai TikTok juga jadi tempat untuk belajar.  Ia kerap kali melihat bagaimana video tentang pelajaran terlihat menarik, meski hanya berdurasi singkat.

3 dari 4 halaman

Konten Pertama Najwa

Presenter yang dkenal lewat acara 'Mata Najwa' ini baru saja membuat akun TikTok dengan nama @najwashihab, beberapa hari lalu. Konten pertama Nana pada 8 Januari 2022 langsung mendapatkan banyak respons penggemar.

Padahal ia hanya mengajukan pertanyaan dan meminta saran dari warganet tentang konten apa saja yang akan dibuatnya. "Tes..tes..posting pertama nih! Akhirnya punya akun TikTok juga. Jadi apa aja #SerunyadiTikTok? Kasih saran dong!" tulisnya dalam keterangan unggahannya.

Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 7,3 juta kali, disukai lebih dari 818 ribu kali dan mendapatkan lebih dari 57 ribu komentar.  Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sudah lebih dulu punya akun TikTok bahkan ikut memberi komentar. 

"Semakin seru karena mbak nana ikut tiktokan," tulisnya. Dalam unggahan selanjutnya, Najwa membagikan konten tentang tips berbicara di depan umum, tentang kegiatannya berolahraga dan tentang sneakers.

4 dari 4 halaman

Donald Trump Vs TikTok

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.