Sukses

Omicron Makin Menyebar, Bagaimana Rencana Kota-Kota di Dunia Merayakan Tahun Baru 2022?

Beberapa kota di dunia ada yang tetap dan ada yang tidak menggelar perayaan tahun baru di bawah bayang-bayang Omicron.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah sudah membatalkan rencana menerapkan PPKM Level 3 di seluruh wilayah Indonesia. Namun, perayaan tahun baru 2022 di seluruh tempat umum seperti hotel, pusat perbelanjaan, mal, tempat wisata, dan tempat keramaian umum tetap akan dilarang.

Tempat umum tersebut masih diizinkan beroperasi secara terbatas selama pekan Natal dan tahun baru, tapi tidak dibolehkan untuk mengggelar acara atau perayaan tahun baru 2022. Tentu ada banyak pertimbangan dalam menetapkan kebijakan tersebut. Salah satunya karena varian baru Covid-19, Omicron, sudah masuk ke Indonesia.

Tak hanya di Indonesia, banyak negara lainnya yang juga melarang perayaan tahun baru terutama karena varian Omicron yang sudah masuk ke sejumlah negara dan menyebar dengan cepat.  Di Jerman misalnya, mereka akan memperkenalkan langkah-langkah baru untuk mengekang penyebaran COVID-19 sebelum malam tahun baru, termasuk membatasi pertemuan pribadi untuk orang yang divaksinasi hingga maksimum 10 orang, kata Kanselir Olaf Scholz.

Dilansir dari kanal Global Liputan6.com, Scholz juga setuju dengan perdana menteri dari 16 negara bagian Jerman untuk menutup klub dan diskotik dan hanya mengizinkan acara besar, termasuk pertandingan sepak bola, digelar tanpa penonton. Pemerintah juga melarang perayaan tahun baru dan pembatasan aktivitas publik lainnya.

Dikutip dari CNN dan Euronews, 27 Desember 2021, sejumlah kota besar di Eropa membatalkan perayaan malam tahun baru 2022. Pembatalan dilakukan karena kenaikan kasus penularan Covid-19 varian Omicron.

Ibu kota Yunani, Athena, menjadi salah satu kota yang membatalkan perayaan malam tahun baru. Pemerintah setempat memutuskan untuk tak mengadakan pertunjukan kembang api. Pembatalan acara malam tahun baru juga terjadi di Skotlandia. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran varian baru Omicron.

Begitu juga dengan Wali Kota London Sadiq Khan yang memerintahkan agar seluruh acara tahun baru dibatalkan. Larangan untuk merayakan malam tahun baru juga dikeluarkan oleh kota Paris, Prancis, dan Roma, Italia.

Paris membatalkan pertunjukan kembang api tradisional di atas Champs-Elyees Avenue untuk menyambut tahun baru. Aturan serupa juga terjadi di wilayah Campania di Roma yang melarang pesta dan konsumsi alkohol di tempat umum pada malam tahun baru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

AS dan Asia

Selain di Eropa, pembatalan perayaan tahun baru juga dilakukan di India. Pemerintah Kota New Delhi melarang pertemuan dalam jumlah besar untuk merayakan Natal dan tahun baru. Bar dan restoran hanya dibolehkan beroperasi dengan kapasitas 50 persen.

Meski begitu, ada beberapa kota yang tetap menyelenggarakan perayaan malam tahun baru. Di Amerika Serikat, beberapa kota seperti New York dan Las Vegas akan tetap merayakan Tahun Baru 2022, dengan sejumlah pembatasan dan persyaratan yang ketat. Di Las Vegas, misalnya, mereka akan meluncurkan kembang api dari sejumlah hotel selama sekitar delapan menit.

Sementara di Asia, seperti di Bangkok juga akan membuat perayaan. Ibu kota Thailand ini akan menyelenggarakan perayaan malam tahun baru di tempat terbuka dan semua peserta harus sudah divaksinasi lengkap.

Dubai yang termasuk destinasi favorit wisatawan berbagai negara juga akan tetap menyelenggarakan perayaan malam tahun baru di Burj Khalifa. Kota terbesar di Taiwan, Taipei juga akan mengadakan pertunjukan hitung mundur tahunan dan kembang api di gedung pencakar langit Taipei 101.

3 dari 4 halaman

Arab Saudi dan Hong Kong

Di Hong Kong akan ada penampilan spesial Hong Kong Philharmonic Orchestra, grup orkestra terbaik Hong Kong. Mereka akan bermain di bawah cahaya terang gedung pencakar langit pada malam Tahun Baru. Mereka siap menampilkan musik yang energik dalam konser outdoor di West Kowloon Cultural District.

Mereka yang ingin menyaksikan langsung harus membeli tiket lebih dulu atau mereka yang mendapatkan hadiah tiket gratis. Gerbang masuk akan dibuka pada 31 Januari 2021 pukul 20.00 waktu setempat, acara dimulai sekitar pukul 22.00 sampai 1 Januari 2022 pukul 00.30 waktu setempat.

Yang menarik lagi, Arab Saudi termasuk yang akan membuat perayaan tahun baru meski hal itu bukan tradisi yang populer di sana. Ada dua kota di Arab Saudi yang menggelar pesta perayaan Tahun Baru 2022, yaitu Jeddah dan Riyadh. Selain pesta kembang api, pemerintah setempat juga bakal menggelar panggung hiburan dan kegiatan menarik lainnya.

Dilansir dari laman myholidays.com, pesta perayaan Tahun Baru di Jeddah dan Riyadh sudah digelar sejak 2019. Dua kota tersebut dipilih karena banyak terdapat warga negara asing (WNA) dan wisatawan dari mancanegara, terutama dari Eropa dan Amerika Serikat.

4 dari 4 halaman

Jangan Ada Kerumunan Saat Perayaan Tahun Baru 2021

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.