Sukses

Tata Cara Berdoa untuk Orangtua yang Telah Meninggal Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Doa merupakan permohonan seseorang kepada Allah Yang Maha Kuasa berkaitan dengan suatu hajat atau keinginnan. Doa juga merupakan manifestasi permohonan seorang hamba kepada Tuhan, termasuk doa untuk orangtua yang telah meninggal dunia.

Seseorang berdoa juga senantiasa dipanjatkan karena karunia, kemurahan, dan pertolongannya, seperti dilansir dalam buku Kumpulan Doa-Doa Pilihan karya Muhammad Anwar. Dalam Alquran dan hadis terdapat banyak nash yang memerintahkan seseorang untuk berdoa.

Salah satunya tertera dalam Surat Al-Mu'minun ayat 60. Artinya; "Berdoalah kepadaKum, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka jahanam dalam keadaan hina dina."

Berikut beberapa tata cara atau adab dalam berdoa untuk orangtua yang telah meninggal dunia. Beberapa di antaranya:

1. Dimulai dengan membaca tahmid, didahului dengan membaca taawudz, dan basmalah. Selanjutnya, diiringi dengan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad, beserta kepada keluarga dan para sahabatnya.

2. Menyebut nama orang yang akan didoakan

3. Ditutup dengan terlebih dahulu memohon ampunan kepada Allah kepada orangtua yang telah meninggal dunia. Kemudian memohon keselamatan di dunia dan di akhirat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Tata Cara Berdoa

4. Berdoa hendaklah dengan rendah hati dan suara lembut.

5. Berdoa dengan khusyuk dan penuh harap.

6. Berdoa dengan sabar dan salat. Allah berfirman dalam Surat Al Baqarah ayat 45. Artinya: "Minta tolonglah kamu dengan sabar dan salat. Dan sesungguhnya yang demikian itu sangat berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu."

3 dari 4 halaman

Doa untuk Orangtua yang Sudah Meninggal

Rabbighfir lī, wa li wālidayya, warham humā kamā rabbayānī shaghīrā.

Artinya:

"Tuhanku, ampunilah dosaku dan (dosa) kedua orang tuaku. Sayangilah keduanya sebagaimana keduanya menyayangiku di waktu aku kecil."

4 dari 4 halaman

Infografis 7 Doa di Sidang Tahunan MPR 2018