Sukses

Kostum Nasional Indonesia Masuk Daftar 10 Besar Miss Grand International 2021

Liputan6.com, Jakarta - Kostum nasional Indonesia yang diboyong Miss Grand Indonesia 2021 Sophia Rogan ke ajang Miss Grand International 2021 masuk daftar 10 besar. Rangkaian acara kontes kecantikan itu tengah berlangsung di Phuket, Thailand, hingga nanti puncaknya pada Sabtu malam, 4 Desember 2021.

Di akun Instagram resmi, Jumat (3/12/2021), pihaknya merilis deretan kostum nasional yang masuk daftar 10 besar berdasarkan perhitungan sementara. "Hasil pemungutan suara terhitung pukul 19.00 (waktu Thailand) pada 02/12/2021," tulis pihaknya sebagai keterangan unggahan.

"Kami akan terus membuka pemungutan suara untuk menemukan kostum nasional terbaik yang akan digabungkan dengan kostum nasional lain pilihan juri, dan akan mengumumkan penghargaan 'Kostum Nasionak Terbaik' di atas panggung di babak final," imbuh mereka.

Anda dapat memberikan suara hingga 4 Desember 2021 pukul 18.00, waktu Thailand. Pihaknya menjelaskan bahwa perhitungan suara dilakukan melalui dua kanal: via Facebook, yakni 1 Like = 1 Point dan 1 Share = 2 Points. Kemudian, melalui Instagram, dengan hitungan 1 Like = 10 Points.

"Pertama-tama, Anda perlu mengikuti akun Instagram MGI. Foto yang disukai pengikut MGI akan mendapatkan dua poin," sambung pihaknya.

Bersama Indonesia, kostum nasional finalis Miss Grand International 2021 lainnya yang masuk dalam daftar ini adalah perwakilan dari Vietnam, Kamboja, Guatemala, Paraguay, Malaysia, Meksiko, Filipina, Spanyol, dan Nigeria. Kontes kostum nasional telah terselenggara pada Selasa malam, 30 November 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kostum Nasional dari Indonesia

Kostum nasional yang dikenakan Sophia Rogan di kontes Miss Grand International 2021 merupakan rancangan desainer Inggi Indrayana Kendran. Busana itu dinamai "BALI SUNDARAM - The Beauty within Holly Blessing."

Melalui akun Instagram @yayasanduniamegabintang, yang memegang lisensi Miss Grand Indonesia, potret Sophia mengenakan busana bernuansa budaya Bali dibagikan Senin, 29 Desember 2021.

"Kostum nasional Miss Grand Indonesia 2021 @thesophiarogan merupakan simbol rasa syukur yang biasa disandang oleh wanita Bali pada Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Kostum ini memvisualisasikan ajaran perdamaian Tri Hita Karana yang melibatkan hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan sesama manusia, dan manusia dengan alam," tulisnya sebagai keterangan gambar.

Kostum nasional yang dikenakan Sophia ini terdiri atas kemben dan kain khas Bali. Ia juga mengenakan hiasan kepala yang dilengkapi aksesori bernuansa keemasan, juga khas Bali.

3 dari 4 halaman

Tradisi Kemenangan Indonesia

Sebelumnya, Indonesia pernah mendapat penghargaan Kostum Nasional Terbaik pada 2016 saat dibawakan Ariska Putri Pertiwi. Tradisi kemenangan ini sempat berlanjut pada 2017 saat kostum nasional Indonesia diperagakan Dea Rizkita.

Tahun lalu, ada tiga pemenang di kategori Kostum Nasional Terbaik, yaitu dari Jepang, Thailand, dan Guatemala. Sedangkan pemenang Miss Grand International 2020 adalah Samantah Bernardo dari Filipina.

Pada malam puncak nanti, selain mahkota kemenangan, ada pula gelar lain yang akan diperebutkan. Masuk dalam daftarnya adalah Best National Costume, Best in Swimsuit, Best in Evening Gown, Best Social Media, dan Miss Popular Vote Award, menurut situs kontes kecantikan itu.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion