Sukses

Busana Berbahan Daur Ulang Plastik Melenggang di Runway Indonesia Fashion Forward JFW 2022

Indonesia Fashion Forward mempersembahkan koleksi tiga desainer yang menyoroti sorak-sorai harapan di panggung Jakarta Fashion Week (JFW) 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Presentasi Indonesia Fashion Forward menutup gelaran hari kedua Jakarta Fashion Week (JFW) 2022, Jumat, 27 November 2021. Bersama tiga fashion show sebelumnya, pergelarannya berlangsung di microsite JFW. TV dan kanal YouTube Jakarta Fashion Week.

Penyelenggaraannya menggandeng tiga desainer yang memboyong rancangan terbaru mereka. Show dibuka oleh NURZAHRA melalui koleksi "CURRENTS" yang bermaksud merefleksikan perubahan dunia selama hampir dua tahun belakangan.

"Secara perlahan hidup berubah setelah arus serba cepat terpaksa terhenti sesaat. Dengan demikian, koleksi ini berarti tindakan penerimaan perubahan konstan dalam hidup, tidak peduli seberapa kecil itu," tulis lini mode itu dalam keterangannya.

Rangkaian busananya juga mewakili langkah, fluiditas, dan kemauan untuk beralih ke hal-hal lebih baik, untuk bertemu versi diri yang lebih baik. Di sisi lain, mereka tetap setiap pada tujuan menciptakan mode berkelanjutkan.

Koleksi ini dibuat dari kain arsip mereka, serta material baru yang terbuat dari botol plastik daur ulang, yang disebut REPREVE, oleh Unifi, perusahaan solusi tekstil global, serta bamboo jersey. "Warna, pola, dan tekstur perairan yang indah, mulai dari laut, sungai, tetesan embun di pagi hari, hingga kepingan salju yang halus, diambil sebagai inspirasi untuk koleksi," imbuhnya.

Rangkaiannya terdiri dari banyak warna. Ini termasuk hijau segar, pirus cerah, hijau hutan lebat, biru berkabut, ungu, hingga palet-palet dasar seperti hitam, abu-abu, dan putih, yang bertemu corak batik Cirebon.

Ankle-tied pants, lengan A-line yang dapat dilepas, rok penuh, serta kardigan adalah potongan mode yang dihadirkan untuk membaurkan kenyamanan dengan gaya. Potongan-potongan mode itu dimaksudkan dipakai di dalam ruangan untuk bersantai atau saat harus beraktivitas di luar rumah.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ringkasan Perjalanan Penuh Harapan

Panggung pun seketika berubah nuansa, diambil alih peragaan busana Danjyo Hiyoji bertajuk "HALFWAY." Visualnya merupakan interpretasi pihaknya akan ungkapan, "Every Cloud Has a Silver Lining."

"Kami bermaksud menggambarkan sebuah ringkasan perjalanan penuh harapan," sebutnya dalam rilis. Tidak kurang dari 17 penampilan yang berkisar pada keserbagunaan dan kemampuan beradaptasi melenggang di atas runway.

Pihaknya menunjukkan kombinasi siluet campuran, merepresentasi baik penyesuaian struktur maupun athletic flow. Blazer tebal hingga atribut origami setengah terlipat, semuanya berperan sebagai detail utama musim ini.

Kombinasi bahan, dari semi-wol ke sifon, sampai rajutan ke katun, memiliki peran penting dalam menyoroti beragam siluet dan volume masing-masing bagian. "Memberikan mereka kehidupan dan karakter individu," imbuh mereka.

Sebagai tambahan, pihaknya berkolaborasi dengan seniman lokal, Bunga Yuridespita, yang karya-karyanya mengambil inspirasi dari pengalaman sehari-hari dan ruang pribadi. Karya Bunga mengolah apa yang terpeleset dari jari-jari publik dan tanggapannya terhadap jarak.

Konsep ini kemudian ditafsirkan dalam kolase yang memadukan pengetahuan arsitektur dan kepekaan artistiknya. Masing-masing tampilan ditata sedemikian rupa sehingga saling melengkapi, tidak meninggalkan detail tunggal, baik dari sepatu, kaus kaki, topi, visor, syal, maupun tas.

3 dari 4 halaman

Koleksi Penutup

I.K.Y.K menutup video presentasi fesyen video berdurasi 15 menit dan 41 detik tersebut. Koleksi "Blossomed," yang berkolaborasi dengan HGL, terinspirasi dari badai hebat yang terjadi dan semangat yang bangkit setelahnya.

"Embun turun saat bunga mekar muncul. Ini adalah pemandangan taman bunga yang menerapkan ketajaman bagaimana umat manusia dan semangat mekar berkembang," tulis pihaknya sebagai keterangan foto di akun Instagram mereka.

Motif-motif bunga berpadan kontras memang mendominasi potongan modenya, pun dengan ornamen plisket. Mereka juga bermain-main dengan potongan menyenangkan, seperti knit vest, sebagai pelengkap penampilan.

Menepati ungkapan "semangat mekar berkembang," pihaknya tidak ragu mengombinasikan warna-warna cerah, seperti oranye dan ungu, juga hijau dan biru. Namun, tidak juga meninggalkan palet-palet warna netral dengan detail yang playful.

JFW 2022 masih akan berlangsung secara virtual hingga Minggu, 28 November 2021. Jadwal fashion show setiap harinya bisa dilihat di situs resmi mereka.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.