Sukses

Cerita Haru Kakak Beradik Tukaran Sepatu untuk Sekolah

Momen haru kakak beradik yang saling bertukar sepatu setiap kali sekolah itu terekam kamera dan diunggah ke media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak cerita film yang bisa saja terjadi dalam kehidupan nyata. Misalnya saja film Children of Heaven yang mengangkat tema tentang sepatu.

Film produksi Iran yang dirilis pada 1997 itu dibuat dari kisah nyata sepasang kakak beradik yang terpaksa bertukar sepatu setiap kali pergi ke sekolah. Kisah yang hampir sama ternyata juga terjadi di tempat lain, salah satunya di Indonesia. Lokasi kejadiannya di Baubau, Sulawesi Tenggara.

Momen haru kakak beradik yang saling bertukar sepatu setiap kali sekolah itu terekam kamera dan diunggah ke media sosial. Salah satunya di akun TikTok @darno.ufatma.

Ia membagikan video tersebut dari akun Facebook Facebook Pid Humas Polres Bau-Bau. Dalam video tersebut terlihat seorang kakak (perempuan) dengan adiknya (pria) saling tukar sepatu untuk sekolah.

Tak jelas siapa yang lebih dulu menggunakannya untuk sekolah, tapi yang pasti si adik selalu membantu kakaknya memasang sekaligus mencopot sepatu tali berwarna hitam tersebut. Kegiatan tersebut sudah mereka lakukan sejak Nadia duduk di bangku kelas 4 dan Riski di kelas 3 di SDN 3 Wameo, Kota Baubau.

"Menginspirasi, Kisah kakak beradik ini harus bergantian sepatu untuk bersekolah," tulis keterangan dalam video yang diunggah pada Selasa, 23 November itu. Meski harus bergantian sepatu untuk sekolah, tapi semangat mereka tak redup.

Viralnya kisah kakak beradik yang bergantian sepatu untuk sekolah ini langsung direspons oleh Kapolres Baubau. Melalui laman Facebook milik Polres Baubau, Sulawesi Tenggara, Kapolres AKBP Rio Tangkari memberikan bantuan berupa perlengkapan sekolah untuk Riski dan Nadia, termasuk sepatu bagi kakak beradik tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bingkisan Kapoles Baubau

"VIRAL.....di media sosial kakak beradik yang bergantian sepatu karena faktor ekonomi sehingga bapak Kapolres Baubau bersimpati dan membelikan beberapa perlengkapan sekolah untuk Nadia dan Riski," tulis keterangan video di akun Facebook Pid Humas Polres Bau-Bau.

AKBP Rio Tangkari datang langsung ke rumah Riski dan Nadia untuk memberikan sumbangan dari Polres Baubau tersebut. Ia mengaku terenyuh saat menyaksikan video mereka yang bertukar sepatu untuk sekolah.

Momen kunjungan itu semakin terasa haru saat Nadia menangis ketika melihat isi bungkusan yang dibawa dari Kapolres Baubau. Selain sepatu, di dalamnya juga terdapat sepatu untuk Nadia dan Riski.

Kakak beradik ini pun mencoba sepatu baru mereka sambil dibantu oleh AKBP Rio Tangkari. Terakhir AKBP Rio Tangkari berpesan untuk selalu membantu siapapun mereka yang sedang kesulitan. Dia juga berharap agar Nadia dan Riski kelak bisa sukses.

3 dari 4 halaman

Saling Mendukung

Dia juga berharap agar Nadia dan Riski kelak bisa sukses. "Harapannya mereka jadi orang yang hebat nanti, kita itu tidak hidup sendirian. Kita harus selalu membuka mata dan hati kita, kalau ada saudara kita yang membutuhkan. Kita harus menyiapkan waktu, tenaga, dan pikiran kita," tutupnya.

Pemilik video juga mengungkapkan jika Riski dan Nadia memiliki cita-cita yang ingin mereka gapai suatu saat nanti. Riski ingin menjadi seorang TNI dan Nadia ingin menjadi dokter.

Warganet juga banyak yang terharu dengan sikap saling menyayangi yang ditunjukkan oleh Riski dan Nadia. Meski di tengah segala kekurangannya, mereka tetap mendukung satu sama lain.

"Terima kasih untuk kedua orangtua yang selalu mendidik anak-anak dengan cinta dan kasih sayang, sehingga anak-anak bisa saling menyayangi satu sama lain," komentar seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Eksistensi Sepatu Lokal di Tanah Air

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.